ANALISIS PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SMP NEGERI 1 TELUKDALAM T.P 2022/2023 DI ERA DIGITAL
Guru BK di SMP Negeri 1 Telukdalam; Dosen FKIP Universitas Nias Raya; Dosen FKIP Universitas Nias Raya
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan beranekaragamnya karakter siswa SMP Negeri 1 Telukdalam dan bervariasinya metode guru BK dalam mendidik siswa di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan pendidikan karakter siswa SMP Negeri 1 Telukdalam Tahun Pelajaran 2022/2023 di era digital. (2) mendeskripsikan peran guru BK SMP Negeri 1Telukdalam Tahun Pelajaran 2022/2023 dalam mengembangkan pendidikan karakter siswa di era digital. Jenis penelitian yang digunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik analisis data yaitu reduksi data, data display, dan kesimpulan. Informan penelitian adalah kepala sekolah, PKS kesiswaan, guru BK, guru mata pelajaran, dan siswa. Hasil penelitian 1) Pendidikan karakter siswa SMP Negeri 1 Telukdalam Tahun Pelajaran 2022/2023 di era digital sudah baik, dimana pendidikan karakter yang baik itu dapat terlihat melalui beberapa nilai-nilai karakter siswa seperti punya rasa tanggungjawab, religius, jujur, sopan santun, dan mandiri.2) peran guru bimbingan dan konseling dalam mengembangkan pendidikan karakter siswa SMP Negeri 1 Telukdalam di era digital sudah baik, terlihat melalui pelaksanaan fungsi BK di sekolah seperti fungsi pemahaman, fungsi pemeliharaaan, fungsi pengembangan, fungsi pencegahan, fungsi pengentasan dan fungsi pembelaan. Saran 1) Bagi kepala sekolah hendaknya memfasilitas pelaksanaan pelayanan BK di sekolah agar masuk kelas setiap minggunya dua jam pembelajaran. 2) Bagi siswa hendaknya lebih baik lagi dalam membudayakan nilai-nilai karakter di sekolah dan di luar sekolah. 3) Bagi guru BK hendaknya meningkatkan terus kualitas layanan BK dengan mekreasikan terus metode dan strategi layanan bimbingan dan konseling di sekolah.
References
Hendarman. 2019. Pendidikan Karakter Era Milenial. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hikmawati, Fenti. 2012. Bimbingan Konseling. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Hamzah, Amir. 2019. Metode Penelitian Kualitatif; Rekontruksi Pemikiran Dasar Serta Contoh Penerapan Pada Ilmu Pendidikan, Sosial dan Humaniora. Malang: CV Literasi nusantara Abadi.
Hidayat, Dede Rahmat dan Herdi 2013. Bimbingan Konseling Kesehatan Mental di Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Laia, B., Telaumbanua, E. P., Tafonao, Y., Gulo, T., & Hulus, F. A. (2022). Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19. CV Jejak (Jejak Publisher).
Laia, B., Lase, Y. S., Moho, S. M., Hulu, Y., & Laia, Y. (2022). Motivasi Anak Desa: The True Story of Life. CV Jejak (Jejak Publisher).
Kesuma, Triatna, dan Permana. 2018. Pendidikan Karakter; Kajian Teori dan Praktek di Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nurishan, Achmad Juntika. 2017. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT. Refika Aditama.
Prayitno, 2015. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Muslich, M. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Akasara
Suyadi. 2012. Menerapkan pendidikan karakter di sekolah. Yogyakarta Mentari Pustaka.
Suprayitno, Adi dan Wahyudi, Wahid. 2020. Pendidikan Karakter Di Era Milenial. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yusuf, Syamsu. 2020. Bimbingan dan Konseling di Perguruan Tinggi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Yusuf, A. Muri. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenanda Media Group.
Kusmato. 2015. Konstribusi Konselor dalam Membentuk Karakter Peserta Didik SMA. Jurnal Konseling GUSJIGANG. Vol. 1 No. 1 Tahun 2015 ISSN 2460-1187. Hal 1-8.
Ismuwardani, Hestuti. 2021. Penerapan Pendidikan Karakter di Era Digital Melalui Kegiatan Bazar Bulanan (monthy bazaar). Jurnal Publikasi Pendidikan. Vol. 11 Nomor 1,2021 p-ISSN 2088-2092 e-ISSN 2548-6721.
Mahdi. 2013. Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Kesuksesan Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Depok sleman Yogyakarta. Jurnal Konseling, p-ISSN: 2460-4917 e-ISSN 2460-5794.
Bu'ulolo, S., Zagoto, S. F. L., & Laia, B. (2022). PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENCEGAH BULLYING DI SMA NEGERI 1 AMANDRAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(1), 53-62.
Gaho, J., Telaumbanua, K., & Laia, B. (2022). EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LAHUSA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 1(1), 38-46.
Harita, A., Laia, B., & Zagoto, S. F. L. (2022). Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa SMP Negeri 3 Onolalu Tahun Pelajaran 2021/2022. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(1), 40-52.
Laia, B. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70-70.
Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602-602.
Laia, B. (2022). SOSIALISASI DAMPAK KEGIATAN KULIAH KERJA NYATA DI DESA (STUDI: DESA SIROFI). Haga: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 74-84.
Laia, B., & Daeli, B. (2022). Hubungan Kematangan Emosional dengan Penyesuaian Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Faomasi Kecamatan Lahomi Kabupaten Nias Barat. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(2), 12-24.
Laia, B., Sarumaha, M., Zalukhu, M. C., Ndruru, M., Telaumbanua, T., Ndraha, L. D. M., & Harefa, D. (2021). PENDEKATAN KONSELING BEHAVIORAL TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL SISWA. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 159-168.
Laia, Y., Sarumaha, M. S., & Laia, B. (2022). BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 3 SUSUA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(1), 1-12.
Laia, B., Zagoto, S. F. L., Fau, Y. T. V., Duha, A., Telaumbanua, K., Ziraluo, M., ... & Harefa, D. (2022). PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMA NEGERI DI KABUPATEN NIAS SELATAN. Jurnal Ilmiah Aquinas, 162-168.
Ndruru, H., Zagoto, S. F. L., & Laia, B. (2022). PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA DI SMA NEGERI 1 ARAMO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(1), 31-39.
Zai, E. P., Duha, M. M., Gee, E., & Laia, B. (2022). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 ULUGAWO. Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 13-23.