PENGARUH HARGA PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA UD. OVI KECAMATAN LUAHAGUNDRE MANIAMOLO KABUPATEN NIAS SELATAN
Abstract
This study aims to determine the effect of Product Prices on consumer purchasing decisions on UD. Ovi subdistrict luahagundre maniamolo district south nias. This type of research is a quantitative research that is associative with the object under study is all consumers contained in UD. Ovi subdistrict luahagundre maniamolo district south nias has as many as 30 people. The result of this indicatesdicate that communication affects consumer purchasing decisions, which is indicated by the thing hitung (7,062) > ttabel (1,701) and the significant level 0,000 < 0,05. Retrieved value R2 of 0,640 (50,125%) ie decision-making purchasing decision on UD. Ovi subdistrict luahagundre maniamolo district south nias can be explained by independent variabel of communication. While the rest of 49,875% it is explained by other variables outside the model. From the result of the discussion, it can be seen that Product Prices are one of the important elements of marketing and also influence consumer decision to buy.
References
Amstrong dan Kotler. 2015. Marketing an Introducing Prentice Hall Twelfth edition, England: Pearson Education, Inc.
Fajar, Laksana. 2008. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi Ke 13 Jakarta: Erlangga.
Sunarto, Kamanto. 2004. Pengantar Sosiologi. Edisi Ketiga. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia.
Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
________. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suliyanto. 2011. Ekonometrika Terapan: Teori dan Aplikasi Dengan SPSS. Edisi 1. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.
Sumber Jurnal
Agustina, Rice. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Citra merek Terhadap Keputusan Pembelian one push vape di kecamatan Kertosono. Jurnal Pemasaran. (Online) Vol. 3, No. 1, (http://www.blibli.com, diakses 20 April 2021).
Andi, And Novita, Dara, Sari. 2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Penggunaan E-Filing Pada Kpp Pertama Serang. Jurnal Manajemen. (Online) Vol. 2, No. 6, (http://jurnal.untirta.ac.id, diakses 27 Mei 2021).
Anwar dan Mujito. 2021. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Motor Merek Yamaha Di Kota Bogor. Jurnal Ilmiah Manajemen. (Online) Vol. 9, No1, (http://jurnal.ibik.ac.id, diakses 30 Juni 2021).
Cahya, Harti. 2015. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphon Sony Xperia Z Series Di Counter Insinght Plaza Marina Surabaya. Jurnal Pemasaran. (Online) Vol. 3, No. 2, (http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id, diakses 30 Mei 2021).
Dinawan, 2010. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia. (Online) Vol. 9, No. 3, (http://ejournal.indip.ac.id, diakses 27 Mei 2021).
Igir, Tampi, Taroreh. 2018. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Grand Max Pick up. Jurnal Administrasi Bisnis. (Online) Vol. 6, No. 2, ( http://www.neliti.com, diakses 10 Juni 2021).
Riyono, Budiharja. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Brand Image Terhadap keputusan pembelian Produk Aqua DikotaPati. Jurnal STIE Semarang. (Online) Vol. 8, No. 2, (http://www.neliti.com, diakses 15 Juni 2021).
Rizqia, Hermanda, Dini, Fadhilatul. 2016. Pengaruh Harga, kualitas Produk dan Kualitas layanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen. (Online) Vol. 5, No. 4, (http://repository-stiesia.ac.id, diakses 20 April 2021).
Rosita, Satyawisudarini. 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Manajemen dan Bisnis. (Online) Vol. 1, No 3, (http://media.neliti.com, diakses 30 Juni 2021).
Saragih. 2015. Analisis Strategi Penetapan Harga Dan pengaruhnya Terhadap Volume Penjualan Pada PT.Nutricia Indonesia Sejahtera Medan. Jurnal Ilmiah Methonomi. (Online) Vol. 1, No. 2, (http://methonomi.net.com, diakses 27 Juni 2021).
Setyowati. 2018. Pengaruh Promosi, Kualitas Produk, dan Citra Merek Tehadap keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi. (Online) Vol.9, No. 2, (http://eprints,ums.ac.id, diakses 23 Mei 2021).
Widhiarso, Wahyud. 2012. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ud. battle shoes. Jurnal Manajemen. (Online) Vol. 7,No. 1, (http://media.neliti.com, diakses 17 April 2021).