PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DAN MOTIVASI BISNIS TERHADAP KEBERHASILAN USAHA PADA MAHASISWA MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

  • Nestriang Ndruru UNIVERSITAS NIAS RAYA
Keywords: Pengetahuan kewirausahaan; motivasi bisnis; keberhasilan usaha

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pengetahuan kewirausahaan, motivasi bisnis dan keberhasilan usaha. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan motivasi bisnis terhadap keberhasilan usaha pada Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis kuantitatif. Sumber data adalah dari mahasiswa, dengan populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 60 responden. Teknik pengumpulan data adalah instrument penelitian atau angket. Metode analisis data yang digunakan adalah analisi regresi linear berganda. Hasil pengujian hipotesis dengan nilai Fhitung (6,433)>Ftabel(3,159), artinya ada pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan motivasi bisnis terhadap keberhasilan usaha pada Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Saran penelitian ini adalah (1) Mahasiswa harus memiliki percaya diri dalam berwirausaha sehingga usaha tersebut dapat mencapai sesuai dengan keinginan. (2) Kemampuan berpikir perlu dimiliki oleh mahasiswa untuk meningkatkan keberhasilan usaha.

Published
2023-01-27
How to Cite
Ndruru, N. (2023). PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DAN MOTIVASI BISNIS TERHADAP KEBERHASILAN USAHA PADA MAHASISWA MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan, 6(1), 54-65. Retrieved from https://www.jurnal.uniraya.ac.id/index.php/jim/article/view/634