ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA UD. FAHUWU HILISATARO KECAMATAN TOMA KABUPATEN NIAS SELATAN
Abstract
Ruang lingkup penelitian ini bertujuan, Untuk mengetahui mengetahui strategi pemasaran untuk meningkatkan volume penjualan pada UD. Fahuwu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengggunakan analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan analisis SWOT dimana pada penilaian Matriks IFAS adalah 2,45 yang berarti kekuatan (S=1,77) UD. Fahuwu Hilisataro Kecamatan Toma Kabupaten Nias selatan lebih besar dibandingkan dengan kelemahan (W=0,68). Dengan demikian, semua hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa S > W. Berdasarkan hasil penilaian Matriks EFAS adalah 2,57 yang berarti peluang UD. Fahuwu Hilisataro Kecamatan Toma Kabupaten Nias selatan (O=1,95) lebih besar dibandingkan dengan ancaman (T=0,62). Dengan demikian, sesuai hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa O > T. Berdasarkan analisis SWOT, yang dapat diterapkan oleh UD. Fahuwu Hilisataro adalah dengan strategi pemasaran untuk mengembangkan kekuatan yang ada dan mempertahankan peluang yang ada. Peran dalam pelaksanaan strategi pemasaran dengan meningkatkan volume penjualannya yaitu untuk memperbaiki kelemahan dan mengatasi ancaman yang ada. Hal ini dapat membantu menaikkan tingkat volume penjualan produk oleh UD. Fahuwu Hilisataro.