PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA UD. SYUKUR KECAMATAN LOLOWA’U KABUPATEN NIAS SELATAN
Abstract
Ruang lingkup penelitian ini adalah studi tentang pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada UD. Syukur Kecamatan Lolowa’u Kabupaten Nias Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada UD. Syukur Kecamatan Lolowa’u Kabupaten Nias Selatan. Metode yang digunakan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear sederhana, menggunakan data angket yang disebarkan kepada 50 pelanggan di UD. Syukur Kecamatan Lolowa’u Kabupaten Nias Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan mempengaruhi secara positif dan signifikan kepuasan pelanggan pada UD. Syukur Kecamatan Lolowa’u Kabupaten Nias Selatan dengan nilai thitung (7,633) > ttabel (1,677) dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak, artinya variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada UD. Syukur Kecamatan Lolowa’u Kabupaten Nias Selatan. Disimpulkan bahwa ketika terjadinya peningkatan pada kualitas pelayanan, maka kepuasan pelanggan mengalami peningkatan