PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI UD. MITRA KECAMATAN AMANDRAYA KABUPATEN NIAS SELATAN
Abstract
Ruang lingkup penelitian ini adalah studi tentang Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen di UD. Mitra Kecamatan Amandraya Kabupaten Nias Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen di UD. Mitra Kecamatan Amandraya Kabupaten Nias Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang bersifat asosiatif. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Hasil yang di dapat menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara variabel strategi pemasaran terhadap minat beli konsumen. Hal ini didasarkan hasil nilai thitung (7,335)> ttabel (1,688) dengan tingkat signifikan 0,000<0,05. Dari hasil pengolahan data diperoleh koefisien determinasi (R2) sebesar ,599 sehingga dapat ditunjukan bahwa keragaman variabel terikat (minat beli konsumen) dapat di jelaskan oleh variabel bebas (strategi pemasaran) 59,9% sedangkan sisanya 40,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini. Uji hipotesis secara parsial strategi pemasaran sebagai variabel independen dengan nilai thitung 7,335 dengan tingkat signifikan 0,000. Sedangkan nilai ttabel 1,688 pada alfa 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran (X) berpengaruh secara parsial terhadap variabel minat beli konsumen (Y) di UD. Mitra Kecamatan Amandraya. Saran yang diajukan peneliti adalah 1) diharapkan kepada pimpinan UD. Mitra Kecamatan Amandraya agar melakukan strategi yang lebih baik, seperti lebih banyak memiliki stock persediaan barang/produk yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen, menawarkan jenis-jenis barang yang berkualitas, 2) diharapkan kepada pemilik usaha memiliki strategi pemasaran yang baik dan tepat supaya dapat mengetahui peluang-peluang untuk meningkatkan usahanya dengan menjual produk pada volume yang lebih besar dan dapat lebih berkembang kedepannya.