Harapan Otomosi Ndruru Pengaruh Lokasi Usaha Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada UD. Suang Di Kecamatan Lahusa Kabupaten Nias Selatan

  • Harapan Otomosi Ndruru

Abstract

Ruang lingkup penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh   lokasi usaha dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada  UD. Suang di Kecamatan Lahusa Kabupaten Nias Selatan. Penelitian ini menggunakan seluruh jumlah populasi yang menjadi sampel penelitian (Purposive Sample) dengan jumlah 109 orang. Alat uji yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan asumsi klasik, metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini Pengaruh lokasi usaha dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan terdapat pengaruh secara signifikan dari lokasi usaha dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini didasarkan pada analisis kuantitatif, dimana hasil t hitung (7,794) lebih besar dari t tabel (1,663). Koefisien regresi lokasi usaha dan kualitas pelayanan (b) = 0,523, menunjukkan pengaruh  positif antara lokasi usaha dan kualitas pelayanan terhadap  kepuasan pelanggan pada UD. Suang, hal ini menunjukkan semakin baik lokasi usaha dan kualitas pelayanan yang diberikan oleh UD. Suang akan semakin meningkatkan kepuasan pelanggan sebesar 0,523 dengan asumsi variabel yang lainnya konstan. Saran yang di ajukan diharapkan pihak pengelola UD. Suang lokasi usaha dan kualitas pelayanan yang baik untuk kepuasan pelanggan yang datang dan membeli dengan sikap sopan santun, ramah dan berkomunikasi yang baik agar pelanggan merasa dilayani dengan sepenuh hati.

Published
2021-08-27
How to Cite
Harapan Otomosi Ndruru. (2021). Harapan Otomosi Ndruru Pengaruh Lokasi Usaha Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada UD. Suang Di Kecamatan Lahusa Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan, 4(1). Retrieved from https://www.jurnal.uniraya.ac.id/index.php/jim/article/view/292