Aurelia Nidarwati Bali Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Pelanggan Di UD Fandi Telukdalam Kabupatennias Selatan
Abstract
Ruang lingkup penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan (X1) dan bauran pemasaran (X2)terhadap kepuasan pelanggan (Y). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantiatif yang bersifat kausal yakni bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Data yang digunakan adalah data primer dan daftar pertanyaan dikirim kepada responden. Sedangkan alat uji yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolineaitas, uji heterokedastisitas, dan uji autokorelasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berpengaruh, nilai thitunguntuk variabel kualitas pelayanan (X1)sebesar thitung(4.708) >ttabel (1.668) pada =0.05.Maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya variabel kualitas pelayanan (X1) berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan (Y). Untuk variabel bauran pemasaran (X2) sebesarthitung(5.597) >ttabel(1.668)pada = 0.05.Maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya variabel bauran pemasaran (X2) berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Sementara nilai Fhuitung sebesar 25.883 > nilai Ftabel sebesar 3.147. α = 0.05. Artinya semua variabel bebas (kualitas pelayanan X1, dan bauran pemasaran X2) dapat menjelaskan variabel kepuasan pelanggan (Y). Dengan kata lain bahwa variabel kualitas pelayanan (X1) dan bauran pemasaran (X2) secara bersama-sama mempengaruhi variabel kepuasan pelanggan (Y) pada tingkat kepercayaan 95%.