Ampuni Daeli Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada UD. Sukaria Makmur Di Telukdalam

  • Ampuni Daeli

Abstract

ABSTRAK

Ruang lingkup penelitian ini adalah studi tentang pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada UD. Sukaria Makmur di Telukdalam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepua[1]san pelanggan pada UD. Sukaria Makmur di Telukdalam. Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa pengaruh secara parsial Kualitas pelayanan sebesar 8,404 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000. Sementara nilai t tabel pada alfa 0,05 dengan degree of freedom (df)  n–k–1 (45-1-1) = 43 sebesar 1.681. Dengan demikian t hitung (8,404) > t tabel (1.681) dan tingkat signifikan 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya variabel kualitas pelayanan (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian, pembahasan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah diuraikan, sehingga penulis menyarankan kepada pimpinan bahwa: Kualitas pelayanan yang tinggi dapat mendorong kepuasan pelanggan, untuk itu kualitas pelayanan perlu ditingkatkan dengan menerapkan sistem kerja yang terstruktur sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan akan mencapai terget atau tujuan perusahaan yang maksimal.

 

Published
2021-08-27
How to Cite
Ampuni Daeli. (2021). Ampuni Daeli Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada UD. Sukaria Makmur Di Telukdalam. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan, 4(1). Retrieved from https://www.jurnal.uniraya.ac.id/index.php/jim/article/view/275