Agus warni Ziraluo Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Volume Penjualan Deterjen Daia Di UD. Yudita Desa Ndraso Hilisimaetano
Abstract
Ruang lingkup penelitian ini adalah studi tentang pengaruh kepuasan pelanggan terhadap volume penjualan deterjen Daia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat kausal yakni bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh masing-masing variabel. Penelitian ini menggunakan pengambilan sampel dengan teknik non probability dengan metode purposive sampling dengan 55 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa secara parsial kepuasan pelanggan (X) terhadap volume penjualan (Y) yang ditunjukkan dengan nilai thitung 5,459 > ttabel 1,673 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. untuk mengetahui seberapa besar variabel bebas menjelaskan variabel terikat dapat ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi (R ) sebesar 0,54 (54%) sehingga dapat ditunjukkan bahwa 0,54% keragaman variabel terikat (volume penjualan) dapat dijelaskan variabel bebas (kepuasan pelanggan) sedangkan sisanya 46% dipengaruhi oleh variabel lain. Dimana kepuasan pelanggan mengalami kenaikan 1 satuan maka volume penjualan akan mengalami peningkatan sebesar 0,236 satuan.