PENGARUH IKLIM ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI UPTD PUSKESMAS ONOLALU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklim organisasi terhadap kinerja pegawai di UPTD Puskesmas Onolalu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuntitatif bersifat kausal. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 42 pegawai UPTD Puskesmas Onolalu. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh iklim organisasi terhadap kinerja pegawai di UPTD Puskesmas Onolalu. Dalam penelitian ini diperoleh persamaan regresi linear sederhana yaitu: Y = 8,313 + 0,726X dan diperoleh nilai thitung (7,307) > ttabel (1,683) dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Kemudian diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,572 artinya iklim organisasi mampu menjelaskan variabel kinerja pegawai sebesar 57,2%. Berdasarkan hasil penelitian ini dan pembahasan yang diuraikan, dapat ditarik kesimpulan bahwa iklim organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai di UPTD Puskesmas Onolalu.
References
Badu., Syamsu., & Djafri, Novianty. (2017). Kepemimpinan Dan Perilaku Organisasi. Gorontalo: Athara Samudra.
Busro, Muhammad. (2018). Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenadamedia Group.
Enny, Mahmudah. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Surabaya: Ubhara Manajemen Press.
Fau, A. D. (2022). Budidaya Bibit Tanaman Rosela (Hibiscus Sabdariffa) Dengan Menggunakan Pupuk Organik Gebagro 77. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2), 10–18. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Tunas/article/view/545
Fau, A. D. (2022). Kumpulan Berbagai Karya Ilmiah & Metode Penelitian Terbaik Dosen Di Perguruan Tinggi. CV. Mitra Cendekia Media.
Fau, Amaano., D. (2022). Teori Belajar dan Pembelajaran. CV. Mitra Cendekia Media.
Gama dan Astiti. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenadamedia Group.
Harefa, A., D. (2022). Kumpulan Startegi & Metode Penulisan Ilmiah Terbaik Dosen Ilmu Hukum Di Perguruan Tinggi.
Harefa, D. (2017). pengaruh Presepsi Siswa Mengenai Kompetensi Pedagogik Guru Dan Minatbelajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (Survey Pada SMK Swasta Di Wilayah Jakarta Utara)Horison Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Lingusitik 7 (1), 49-73.
Harefa, D. (2018). Efektifitas Metode Fisika Gasing Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Atensi Siswa (Eksperimen pada siswa kelas VII SMP Gita Kirtti 2 Jakarta). 5 (1.). 35-48. http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v5i1.2321
Harefa, D. (2019). The Effect Of Guide Note Taking Instructional Model Towards Physics Learning Outcomes On Harmonious Vibrations. JOSAR (Journal of Students Academic Research) 4 (1), 131-145. https://doi.org/10.35457/josar.v4i1.1109
Harefa, D. (2020) “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Ipa Fisika Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Luahagundre Maniamolo Tahun Pembelajaran (Pada Materi Energi Dan Daya Listrik)”, Jurnal Education And Development, vol. 8, no. 1, p. 231
Harefa, D. (2020). Differences In Improving Student Physical Learning Outcomes Using Think Talk Write Learning Model With Time Token Learning Model. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Sains, 1(2), 35-40. Retrieved from https://ejournal.unwmataram.ac.id/index.php/JIPS/article/view/365
Harefa, D. (2020). Pengaruh Antara Motivasi Kerja Guru IPA dan Displin Dengan Prestasi Kerja. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. 6 (3), 225-240. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.6.3.225-240.2020
Harefa, D. (2020). Pengaruh Persepsi Guru Ipa Fisika Atas Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Di Kabupaten Nias Selatan, Jurnal Education And Development, vol. 8, no. 3, p. 112, Aug.
Harefa, D. (2020). Peningkatan Prestasi Belajar IPA Siswa Pada Model Pembelajaran Learning Cycle Dengan Materi Energi dan Perubahannya. 2 (1). 25-36. http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v2i01.882
Harefa, D. (2020). Peningkatan prestasi rasa percaya diri dan motivasi terhadap kinerja guru IPA. Media Bina Ilmiah 13 (10), 1773-1786. https://doi.org/10.33758/mbi.v13i10.592
Harefa, D. (2020). Peningkatan Strategi Hasil Belajar Ipa Fisika Pada Proses Pembelajaran Team Gateway. Jurnal Ilmiah Aquinas, 3(2), 161–186. https://doi.org/10.54367/aquinas.v3i2.709
Harefa, D. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Problem Posing Dan Problem Solving Pada Siswa Kelas X-MIA Sma Swasta Kampus Telukdalam. Prosiding Seminar Nasional Sains. 1 (1). 103-116. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/3958/621
Harefa, D. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(1), 116-131. https://doi.org/10.51212/jdp.v14i1.2586
Harefa, D. (2022). Edukasi Pembuatan Bookcapther Pengalaman Observasi Di Smp Negeri 2 Toma. Haga Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).
Harefa, D., D. (2020). Teori Model Pembelajaran Bahasa Inggris dalam Sains. CV. Insan Cendekia Mandiri.
Harefa, D., D. (2022). Kewirausahaan. CV. Mitra Cendekia Media.
Iyam Maryati, Yenny Suzana, Darmawan Harefa, I. T. M. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Materi Aljabar Linier. PRISMA, 11(1), 210–220.
Kamaroellah, Agoes. (2014). Pengantar Budaya Organisasi. Surabaya: Pustaka Radja
Masram dan Mu’ah. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Sidoarjo. Zifatama.
Narpati, Bintang., Sudiantini, Dian., & Meutia, Kardinah. Indriana. (2022) Perilaku Organisasi. Jawa Tengah: Pena Persada.
Priansa. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish.
Sarumaha, M. D. (2022). Catatan Berbagai Metode & Pengalaman Mengajar Dosen di Perguruan Tinggi. Lutfi Gilang. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=8WkwxCwAAAAJ&authuser=1&citation_for_view=8WkwxCwAAAAJ:-f6ydRqryjwC
Sarumaha, M., & Harefa, D. (2022). Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ipa Terpadu Siswa. NDR UMI: Jurnal Pendidikan Dan Humaniora, 5(1), 27–36. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/NDRUMI
Sarumaha, M., Harefa, D., Piter, Y., Ziraluo, B., Fau, A., Telaumbanua, K., Permata, I., Lase, S., & Laia, B. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Artikulasi Terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 08(20), 2045–2052.
Sarumaha, Martiman S., D. (2023). Model-model pembelajaran. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/modelmodel-pembelajaran-0BM3W.html
Silaen, Novia Ruth., Syamsuriansyah., & Hairunnisah, Reni. (2021). Kinerja Karyawan. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Sugiyono. (2012). Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Suliyanto. (2008). Teknik Proyeksi Teori dan Aplikasi Dengan Microsoft Excel. Yogyakarta: Andi.
Sunyoto, Danang. (2013). Metodologi Penelitian Akuntansi. Yogyakarta: Publisher.
Suti, Marsus. (2021). Perilaku Organisasi Hasil Riset, Lengkap, Mudah dan Praktis. Yogyakarta: Deepublish
Telaumbanua, M., Harefa, D. (2020). Teori Etika Bisnis dan Profesi Kajian bagi Mahasiswa & Guru. Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM) Banten.
Tristanti, Sendhi. (2019). Manajemen Sumber Daya. Malang: Wineka.
Ziliwu, S. H. dkk. (2022). Analisis Kemampuan Koneksi Matematika Pada Materi Transformasi Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Lahusa Tahun Pembelajaran 2020/2021. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 15–25 .