PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KOMUNIKASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI DI KANTOR CAMAT LUAHAGUNDRE MANIAMOLO KABUPATEN NIAS SELATAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan dan komunikasi terhadap produktivitas kerja pegawai di Kantor Camat Luahagundre Maniamolo Kabupaten Nias Selatan. Jenis penelitian adalah jenis kuantitatif bersifat kausal. Sumber data adalah dari pegawai, dengan populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 31 responden. Teknik pengumpulan data adalah instrument penelitian atau angket. Metode analisis data yang digunakan adalah analisi regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai Fhitung 14.842>Ftabel sebesar 3.343, peneliti menyimpulkan bahwa secara simultan ada pengaruh kepemimpinan dan komunikasi terhadap produktivitas kerja pegawai di Kantor Camat Luahagundre Maniamolo Kabupaten Nias Selatan. Saran penelitian ini adalah (1) Untuk melaksanakan pekerjaan dengan baik di Kantor Camat Luahagundre Maniamolo Kabupaten Nias Selatan, sebaiknya dalam pembagian kerja terhadap pegawai sangat diperlukan untuk disesuaikan pada profesi dan golongan. (2) Dalam meningkatkan produktivitas kerja pegawai maka sebagai pimpinan organisasi perlu menciptakan lingkungan kerja untuk menjaga keharmonisan komunikasi antara rekan kerja.
References
Adamy Mardawi. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Teori, Praktik Dan Penelitian. Jakarta: Universitas Malikussaleh.
Afandi, Pandi. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia; Teori, Konsep dan Indikator. Cetakan 1. Pekanbaru Riau: Zanafa Publishing.
Ajabar. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Anoraga Pandji. (2004). Manajemen Pengantar Bisnis Modern, Kajian Dasar Manajemen Perusahaan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Busro Muhammad. (2018). Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan II. Jakarta: Prenadamedia Group
Fau, A. D. (2022). Budidaya Bibit Tanaman Rosela (Hibiscus Sabdariffa) Dengan Menggunakan Pupuk Organik Gebagro 77. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2), 10–18. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Tunas/article/view/545
Fau, A. D. (2022). Kumpulan Berbagai Karya Ilmiah & Metode Penelitian Terbaik Dosen Di Perguruan Tinggi. CV. Mitra Cendekia Media.
Fau, Amaano., D. (2022). Teori Belajar dan Pembelajaran. CV. Mitra Cendekia Media.
Gede (2018) Pengaruh Kepemimpinan Dan Komunikasi Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Pada Pada BPR Se-Kecamatan Sukawati Gianyar. Jurnal Ekonomi Bisnis, Vol 1. No.4. 2014.
Harefa, A., D. (2022). Kumpulan Startegi & Metode Penulisan Ilmiah Terbaik Dosen Ilmu Hukum Di Perguruan Tinggi.
Harefa, D. (2017). pengaruh Presepsi Siswa Mengenai Kompetensi Pedagogik Guru Dan Minatbelajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (Survey Pada SMK Swasta Di Wilayah Jakarta Utara)Horison Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Lingusitik 7 (1), 49-73.
Harefa, D. (2018). Efektifitas Metode Fisika Gasing Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Atensi Siswa (Eksperimen pada siswa kelas VII SMP Gita Kirtti 2 Jakarta). 5 (1.). 35-48. http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v5i1.2321
Harefa, D. (2019). The Effect Of Guide Note Taking Instructional Model Towards Physics Learning Outcomes On Harmonious Vibrations. JOSAR (Journal of Students Academic Research) 4 (1), 131-145. https://doi.org/10.35457/josar.v4i1.1109
Harefa, D. (2020) “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Ipa Fisika Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Luahagundre Maniamolo Tahun Pembelajaran (Pada Materi Energi Dan Daya Listrik)”, Jurnal Education And Development, vol. 8, no. 1, p. 231
Harefa, D. (2020). Differences In Improving Student Physical Learning Outcomes Using Think Talk Write Learning Model With Time Token Learning Model. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Sains, 1(2), 35-40. Retrieved from https://ejournal.unwmataram.ac.id/index.php/JIPS/article/view/365
Harefa, D. (2020). Pengaruh Antara Motivasi Kerja Guru IPA dan Displin Dengan Prestasi Kerja. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. 6 (3), 225-240. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.6.3.225-240.2020
Harefa, D. (2020). Pengaruh Persepsi Guru Ipa Fisika Atas Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Di Kabupaten Nias Selatan, Jurnal Education And Development, vol. 8, no. 3, p. 112, Aug.
Harefa, D. (2020). Peningkatan Prestasi Belajar IPA Siswa Pada Model Pembelajaran Learning Cycle Dengan Materi Energi dan Perubahannya. 2 (1). 25-36. http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v2i01.882
Harefa, D. (2020). Peningkatan prestasi rasa percaya diri dan motivasi terhadap kinerja guru IPA. Media Bina Ilmiah 13 (10), 1773-1786. https://doi.org/10.33758/mbi.v13i10.592
Harefa, D. (2020). Peningkatan Strategi Hasil Belajar Ipa Fisika Pada Proses Pembelajaran Team Gateway. Jurnal Ilmiah Aquinas, 3(2), 161–186. https://doi.org/10.54367/aquinas.v3i2.709
Harefa, D. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Problem Posing Dan Problem Solving Pada Siswa Kelas X-MIA Sma Swasta Kampus Telukdalam. Prosiding Seminar Nasional Sains. 1 (1). 103-116. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/3958/621
Harefa, D. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(1), 116-131. https://doi.org/10.51212/jdp.v14i1.2586
Harefa, D. (2022). Edukasi Pembuatan Bookcapther Pengalaman Observasi Di Smp Negeri 2 Toma. Haga Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).
Harefa, D., D. (2020). Teori Model Pembelajaran Bahasa Inggris dalam Sains. CV. Insan Cendekia Mandiri.
Harefa, D., D. (2022). Kewirausahaan. CV. Mitra Cendekia Media.
Iyam Maryati, Yenny Suzana, Darmawan Harefa, I. T. M. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Materi Aljabar Linier. PRISMA, 11(1), 210–220.
Lindayani, Cincin. (2021) Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pertanian, Pangan Dan Perikanan Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Kajian Ekonomi dan Kebijakan Publik, Vol. 6 (2), Juli 2021
Sarumaha, M. D. (2022). Catatan Berbagai Metode & Pengalaman Mengajar Dosen di Perguruan Tinggi. Lutfi Gilang. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=8WkwxCwAAAAJ&authuser=1&citation_for_view=8WkwxCwAAAAJ:-f6ydRqryjwC
Sarumaha, M., & Harefa, D. (2022). Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ipa Terpadu Siswa. NDR UMI: Jurnal Pendidikan Dan Humaniora, 5(1), 27–36. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/NDRUMI
Sarumaha, M., Harefa, D., Piter, Y., Ziraluo, B., Fau, A., Telaumbanua, K., Permata, I., Lase, S., & Laia, B. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Artikulasi Terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 08(20), 2045–2052.
Sarumaha, Martiman S., D. (2023). Model-model pembelajaran. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/modelmodel-pembelajaran-0BM3W.html
Telaumbanua, M., Harefa, D. (2020). Teori Etika Bisnis dan Profesi Kajian bagi Mahasiswa & Guru. Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM) Banten.
Widodo, Aris Slamet. (2015). Buku Ajar Kewirausahaan Entrepreneur Agribusiness Start Your Own Business. Yogyakarta, Jaring Inspiratif
Ziliwu, S. H. dkk. (2022). Analisis Kemampuan Koneksi Matematika Pada Materi Transformasi Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Lahusa Tahun Pembelajaran 2020/2021. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 15–25 .