PEMANFATAAN CIPLUKAN (PHYSALIS ANGULATA) SEBAGAI TANAMAN OBAT HIPERTENSI DI DESA MOHILIKECAMATAN AMANDRAYA KABUPATEN NIAS SELATAN
Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nias
Abstract
This study aims to determine the use of ciplukan as a hypertension drug in Mohili village, Amandraya District, South Nias Regency. The source of data in this study is primary and secondary. Data collection techniques in this study were interview and documentation. Data analysis techniques in this study were data reduction, using data presentation and drawing conclusions. The conclusion is that people with hypertension in Mohili village, Amandraya sub-district, sout Nias district use ciplukan as the mst consumed hypertension drug, namely ciplukan boiled water around 80% then about 20% consume ciplukan fruit in a fresh state. And the suggestion is that this research is expected to be a source in regards to knowing the benefitts of the ciplukanplant as a hypertension medicinal plant, especially in Mohili village.
References
Augustine, dan Ufoma. 2012. Klasifikasi Ciplukan (Physalis angulata). Jurnal ilmiah farmasi UNSRAT. Vol 5 nomor 2.
Agrawal. 2006. Pengetahuan dan pemanfaatan tumbuhan obat. Jawa Timur. Jurnal Biocalebes Vol 8. Nomor 2. Juli 2006
Budi, Santoso, Hieronymus. 2020. Tanaman Hias Berkhasiat Obat Ciplukan. Yogyakarta: Pohon cahaya semesta.
Damayanti, Deni. 2013. Ramuan Herbal Untuk Penyakit Asam Urat, Hipertensi. Yogyakarta: Araska.
Fau, Amaano., D. (2022). Teori Belajar & Pembelajaran.
Fau., A. (2022). Tanaman Herbal. CV Insan Cendekia Mandiri.
Fau, A. (2020). STUDI KEANEKARAGAMAN HAYATI SEBAGAI SARANA EDUKASI EKOWISATA DI KAWASAN AIR TERJUN BAHO MAJӧ DESA BAWӧDOBARA. Jurnal Education and Development, 8(1).
Ihda, Fadila. 2015. Risk Factors Of Hypertension.Jurnal majority. Vol 4 nomor 5. Februari 2015.
La’ia H. T., Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7 (2) 463-474
Iyam Maryati, Yenny Suzana, Darmawan Harefa, I. T. M. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Materi Aljabar Linier. PRISMA, 11(1), 210–220.
Laia, B., Dkk. (2021). Pendekatan Konseling Behavioral Terhadap Perkembangan Moral Siswa. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4 (1) 159-168
Laia, B., Dkk (2021). Sosialiasi Pelaksanaan Pengenalan Lapangan Persekolahan I Tahun Ajaran 2020/202. KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2 (1) (15-20)
Mahalakshmi dan Nidavani. 2014.Ciplukan Untuk Kesehatan(kajian kualitas, efikasi dan keamanan).CV. Budi Utama
Sarumaha, M., D. (2022a). Bokashi Sus Scrofa Fertilizer On Sweet Corn Plant Growth. Haga Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 32–50.
Sarumaha, M., D. (2022b). Catatan berbagai Metode & Pengalaman Mengajar Dosen di Perguruan Tinggi. CV. Lutfi Gilang.
Sarumaha, M., Harefa, D., Piter, Y., Ziraluo, B., Fau, A., Telaumbanua, K., Permata, I., Lase, S., & Laia, B. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Artikulasi Terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 08(20), 2045–2052.
Surur, M., D. (2020). Effect Of Education Operational Cost On The Education Quality With The School Productivity As Moderating Variable. Psychology and Education Journal, 57(9), 1196–1205.
Sopandi. 2018. Tanaman Obat Tradisional. PT. Sarana Pancakarya Nusa.
Trumbus, Redaksi. 2019. Khasiat Ciplukan. Jakarta. PT. Trubus Swadaya.
Trisnawan, Adi. 2019. Mengenal hipertensi. Semarang: Mutiara Aksara
Widharto. 2018.Bahaya Hipertensi. PT. SundaKelapa Pustaka
Telaumbanua, M., Harefa, D. (2020). Teori Etika Bisnis dan Profesi Kajian bagi Mahasiswa & Guru. Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM) Banten.
Wade, Carlson. 2016. Mengatasi Hipertensi. Bandung. Nuansa Cendekia
Wiputra Cendana., D. (2021). Model-Model Pembelajaran Terbaik. Nuta Media.