ANALISIS PRESUPOSISI PADA KEGIATAN DISKUSI KELOMPOK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 ULUSUSUA TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Ulususua, Nias Selatan
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya keunikan yaitu melalui presuposisi, mitra tutur dapat mengetahui maksud penutur bahkan melakukan tindakan yang sesuai dengan maksud penutur pada saat bercakap-cakap.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan presuposisi dan faktor-faktor presuposisi yang muncul pada kegiatan diskusi kelompok siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ulususua tahun pelajaran 2022/2023.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.Sumber data dalam penelitian ini adalah tuturan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ulususua tahun pelajaran 2022/2023.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik rekam catat dan teknik wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat beberapa presuposisi yang muncul dalam tuturan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ulususua tahun pelajaran 2022/2023 pada saat melakukan kegiatan diskusi kelompok yaitu presuposisi eksistensial terdapat 3 kutipan, faktif terdapat 4 kutipan, nonfaktif terdapat 2 kutipan, presuposisi leksikal terdapat 1 kutipan. Presuposisi yang dominan dalam tuturan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ulususua tahun pelajaran 2022/2023 ialah presuposisi faktif. Simpulan, data-data temuan penelitian dalam tuturan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ulususua tahun pelajaran 2022/2023 dapat diterapkan dalam pemebelajaran di sekolah khususnya bagi peserta didik. Saran, kepada guru dan calon guru Bahasa dan Sastra Indonesia hendaknya temuan-temuan dalam penelitian ini dijadikan sebagai bahan pembelajaran yang terkait dengan penelitian ini khususnya bagi peserta didik.
References
Moleong,Lexy, J. 1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Purba, Elidawaty, Purba, Bonaraja, Syafii,Ahmad, Khairad, Fastabiqul, Damanik, Darwin, Siagian, Valentine, Ginting, A. Mulianta, Silitonga, H. Pandapotan, Fitrianna, Nurma, SN, Arfandi, & Ernanda Revi. 2021. Metode Penelitian Ekonomi. Yayasan Kita Menulis.
Purba, Antilan. 2002. Pragmatik Bahasa Indonesia. Medan: Hak Cipta
Setiawati, Eti dan Arista, H. Dwi. 2018. Pemahaman Komunikasi dalam Wacana Interaksional.Malang: Ube press.
Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. CV. Alfabeta.
Laia, B. (2019). Social Injustice In Stella Knightley’s Novel Girl Behind The Mask. Jurnal Education and Development, 7(4), 315-315.
Laia, B. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70-70.
Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602-602.
Laiya, R. E. (2019). T-Shirt as the Media of Learning the Nias Culture (Study of Gamagama Nias T-Shirt). Journal of Physics: Conference Series, 1179(1), 012067.
M., S., S. (2019). Technology of Traditional Houses in the New Era in the Education Paradigm. Journal of Physics: Conference Series.
M., S., S. (2020). Afore, The Measuring Instrument in South Nias Culture. Journal of Physics: Conference Series, 1477(2020), 042001.
M., S., S. (2021). The Role of the Teacher to Construct Teaching and Learning Activities Creating a Freedom to Learn (Action Research Study). Journal of Physics: Conference Series, 1764(2021), 012098.
R.E., L. (2020). Application of Critical Thinking on the Social Media (Case Study Comments and Statuses on Facebook about Miss Tourism Competition on West Nias). Journal of Physics: Conference Series, 1477(4), 042002.
Ziraluo, M., Fau, H. S., Simanullang, N. R., Laia, B., & Gaurifa, D. (2022). FILOSOFI DAN MAKNA OMO SEBUA (RUMAH ADAT BESAR) DI DESA BAWOMATALUO KECAMATAN FANAYAMA KABUPATEN NIAS SELATAN. Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 72-87