PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA KELAS VII MTSN 15 JAKARTA

  • Arimbi Juhairoh Khayati Universitas Indraprasta PGRI
  • Annisa Aulia
  • Cindy Marisa
Keywords: Konsep Diri, Kepercayaan Diri, Siswa MTsN

Abstract

Konsep diri dan kepercayaan diri merupakan dua aspek penting yang saling berhubungan dan berpengaruh terhadap prestasi akademik serta perkembangan sosial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep diri terhadap kepercayaan diri pada siswa kelas VII di MTsN 15 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei asosiatif. Instrumen yang digunakan berupa angket skala Likert, dan analisis data dilakukan melalui regresi linier sederhana. Hasil uji menunjukkan bahwa konsep diri berpengaruh secara signifikan terhadap kepercayaan diri siswa dengan kontribusi sebesar 26,4%. Temuan ini menegaskan pentingnya penguatan konsep diri terhadap kepercayaan diri siswa di MTsN.

References

Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh penggunaan aplikasi tiktok terhadap kepercayaan diri remaja di kabupaten sampang. Jurnal komunikasi, 14(2), 135-148.

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Mahpudin, M., & Priatin, S. (2020). Konsep diri dengan kepercayaan diri siswa sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(2), 370-383.

Anthoneta, J. (2016). Kepercayaan diri remaja. Sanctum Domine: Jurnal Teologi, 4(1), 54-76.

Aris Putra Laia. 2022. Makna Famesao Ono Nihalö Pada Acara Pernikahan Di Desa Simandraölö Kecamatan O’o’u FAGURU : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan Universitas Nias Raya (UNIRAYA), 1 (1), 28-41

Azhar¹, J. K., Hikmah, S. A. D., Abimayu, R., & Santoso⁴, M. B. (2021). Pembentukan identitas diri remaja pecandu hisap lem.

Fellasari, F. (2015). Hubungan antara pola asuh orangtua dengan kematangan emosi remaja (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Hidayati, S. A. R. A. N., & Savira, S. I. (2021). Hubungan antara konsep diri dan kepercayaan diri dengan intensitas penggunaan media sosial sebagai moderator pada mahasiswa psikologi Universitas Negeri Surabaya. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 8(3), 1-11.

Lestari, P., & Liyanovitasari, L. (2020). Konsep Diri Remaja Yang Mengalami Bullying. Jurnal Keperawatan Terpadu (Integrated Nursing Journal), 2(1), 40-46.

Lestari, U., Masluchah, L., & Mufidah, W. (2022). Konsep diri dalam menghadapi quarter life crisis. IDEA: Jurnal Psikologi, 6(1), 14-28.

Lestarina, E., Karimah, H., Febrianti, N., Ranny, R., & Herlina, D. (2017). Perilaku konsumtif di kalangan remaja. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2).

Marsela, R. D., & Supriatna, M. (2019). Konsep diri: Definisi dan faktor. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice, and Research, 3(02), 65-69.

Nuroniah, L. K. S. (2023). Pengaruh Konsep Diri Dan Kematangan Emosi Terhadap Perilaku Asertif Pada Remaja di SMPN 7 Kediri (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).

Rais, M. R. (2022). Kepercayaan diri (self confidence) dan perkembangannya pada remaja. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 12(1), 40-47.

Salim, E. F., Mulyani, R. R., & Wae, R. (2025). Pengaruh Self-Concept Terhadap Kepercayaan Diri Peserta Didik Fase F. Jurnal Bimbingan dan Konseling Pandohop, 5(1), 44-50.

Servasia Setia Hati Wehalo. 2022. Pengaruh Ekstrak Daun Dan Akar Alang-Alang Terhadap Pertumbuhan Pakis Sayur (Diplazium Esculentum). FAGURU : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan Universitas Nias Raya (UNIRAYA), 1 (1), 42-54

Sri Indah Wahyuni Laia. 2022. Idiomatic Expression In Dangerous Album By Michael Joseph Jackson. FAGURU : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan Universitas Nias Raya (UNIRAYA), 1 (2), 307-316

Wau, Christiana Surya W. 2022. students’ Difficulties In Writing Definition Paragraph At The Third Semester Students Of English Language Education Study Program Of STKIP Nias Selatan. FAGURU : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan Universitas Nias Raya (UNIRAYA), 1 (1), 1-9

Widar W. Maduwu. 2022. Pelayanan Klinik Gloria Dalam Memberikan Layanan Informasi Kesehatan Pasien (Implikasi Layanan Informasi Bimbingan Dan Konseling). FAGURU : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan Universitas Nias Raya (UNIRAYA), 1 (1), 55-66

Widiarti, P. W. (2017). Konsep diri (self concept) dan komunikasi interpersonal dalam pendampingan pada siswa SMP se kota Yogyakarta. Informasi, 47(1), 135-148.

Yusni Lase, & Anita Zagoto. (2024). ANALISIS KESALAHAN PELAFALAN KATA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA OLEH SISWA KELAS VIII-A DI SMP NEGERI 1 IDANOTAE . FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 3(2), 346-356. https://doi.org/10.57094/faguru.v3i2.1408

Published
2025-07-31
How to Cite
Khayati, A. J., Aulia, A., & Marisa, C. (2025). PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA KELAS VII MTSN 15 JAKARTA. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 4(2), 456-465. https://doi.org/10.57094/faguru.v4i2.3054