PENERAPAN KURIKULUM 2013 TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 LAHUSA

  • Fendriawati Ndruru Universitas Nias Raya
Keywords: Penerapan kurikulum 2023; minat belajar; siswa

Abstract

Penelitian pada dasarnya adalah cara transformasi ilmu dari seorang pendidik kepada peserta didik melalui suatu tindakan yang sering disebut dengan realisasi yang terjadi di sekolah baik dalam suasana formal maupun nonformal. Program pendidikan adalah sekumpulan rencana dan tindakan sehubungan dengan target, isi dan materi pembelajaran untuk mencapai tujuan instruktif tertentu. Ide rencana pendidikan tercipta sesuai dengan kemajuan hipotesis dan praktik instruktif, dan selanjutnya berfluktuasi sesuai dengan jadwal instruktif sehari-hari yang diambil. Kurikulum merupakan alat untuk mencapai tujuan pendidikan dan pedoman untuk melaksanakan pembelajaran pada semua jenjang pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak kurikulum 2013 terhadap semangat belajar siswa di SMP Negeri 1 Lahusa. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan mempelajari data-data yang diperoleh. Pengumpulan informasi dalam eksplorasi ini dilakukan dengan cara berbincang langsung dengan pendidik dan siswa. Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan merupakan komponen analisis data yang digunakan. Berdasarkan hasil penelaahan atas yang telah dilakukan oleh para analis, terlihat bahwa pelaksanaan rencana pendidikan tahun 2013 dalam kegiatan pembelajaran telah benar-benar selesai, namun ada beberapa siswa yang masih belum kreatif dalam berkonsentrasi pada materi yang diberikan tanpa orang lain dan tidak imajinatif dalam mencari sumber atau referensi. orang lain yang mendukung materi yang sedang direnungkan. Namun sebagian besar siswa memiliki semangat dan minat yang besar dalam belajar serta dapat berpikir dasar sendiri dan belajar bersama teman sekolahnya.

References

Alex Sobur. (2003). Psikologi Umum. Abdurrahman Mulyono, 2019. Anak Berkesulitan Belajar.Jakarta:Rineka Cipta.

Basrowi dan Suwandi. 2008 Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Rineka cipta.

Darmawan Harefa, Murnihati Sarumaha, Kaminudin Telaumbanua, Tatema Telaumbanua, Baziduhu Laia, F. H. (2023). Relationship Student Learning Interest To The Learning Outcomes Of Natural Sciences. International Journal of Educational Research and Social Sciences (IJERSC), 4(2), 240–246. https://doi.org/https://doi.org/10.51601/ijersc.v4i2.614

Fadhallah. 2021. Wawancara. Jakarta. Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPi)

Fau, A. D. (2022a). BUDIDAYA BIBIT TANAMAN ROSELA (HIBISCUS SABDARIFFA) DENGAN MENGGUNAKAN PUPUK ORGANIK GEBAGRO 77. TUNAS: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2), 10–18. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Tunas/article/view/545

Fau, A. D. (2022b). Kumpulan Berbagai Karya Ilmiah & Metode Penelitian Terbaik Dosen Di Perguruan Tinggi. CV. Mitra Cendekia Media.

Fau, Amaano., D. (2022). Teori Belajar dan Pembelajaran. CV. Mitra Cendekia Media.

Gaurifa, M., Harefa, D., (2023). Development Of A Cartesian Coordinate Module To The Influence Of Implementing The Round Club Learning Model On Mathematics Student Learning Outcomes. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 45–55

Halawa, S., & Darmawan Harefa. (2024). THE INFLUENCE OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BASED DISCOVERY LEARNING MODELS ON ABILITIES STUDENTS’ MATHEMATICAL PROBLEM SOLVING. Afore : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 11-25. https://doi.org/10.57094/afore.v3i1.1711

Hamzah dan Heldy. 2018. Perencanaan Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013. Yogyakarta. CV. Budi Utama.

Harefa, A., D. (2022). KUMPULAN STARTEGI & METODE PENULISAN ILMIAH TERBAIK DOSEN ILMU HUKUM DI PERGURUAN TINGGI.

Harefa, D. (2022). EDUKASI PEMBUATAN BOOKCAPTHER PENGALAMAN OBSERVASI DI SMP NEGERI 2 TOMA. Haga Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Harefa, D. (2023). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TALKING CHIPS UNTUK. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1).

Harefa, D. (2023). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TALKING CHIPS UNTUK. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1).

Harefa, D. (2023). The Relationship Between Students' Interest In Learning And Mathematics Learning Outcomes. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 1–11.

Harefa, D., D. (2020). Teori Model Pembelajaran Bahasa Inggris dalam Sains. CV. Insan Cendekia Mandiri.

Harefa, D., D. (2022). Kewirausahaan. CV. Mitra Cendekia Media.

Harefa, Darmawan., D. (2023b). Teori Fisika. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/teori-fisika-A1UFL.html

Harefa, Darmawan., D. (2023c). Teori perencanaan pembelajaran. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/teori-perencanaan-pembelajaran-GO5ZY.html

Iyam Maryati, Yenny Suzana, Darmawan Harefa, I. T. M. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Materi Aljabar Linier. PRISMA, 11(1), 210–220.

Laia, M. F (2023). Development Of A Cartesian Coordinate Module To Improve The Ability To Understand Mathematical Concepts. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 27–44

Mardawani. 2020. Praktis Penelitian kualitatif. Jakarta : CV BUDI UTAMA.

Martiman Suaizisiwa Sarumaha, D. (2023). Pendidikan karakter di era digital. CV. Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/pendidikan-karakter-di-era-digital-X4HB2.html

Mendikbud RI. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 104 Tahun 2014 tentang Standar Penilaian (2014).

Mendikbud RI. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian (2013).

Mendikbud RI. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah (2013).

Munandar, Arif. 2018. Pengantar Kurikulum. Yogyakarta.CV BUDI UTAMA.

Regina. 2021. Telaah Kurikulum. Yogyakarta. Guepedia.

Rohmah, Noer. 2017. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : Kalimedia

Sanjaya, Wina. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Kesatuan (KTSP). Jakarta: Prenada Media Group.

Sarumaha, M. D. (2022). Catatan Berbagai Metode & Pengalaman Mengajar Dosen di Perguruan Tinggi. Lutfi Gilang. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=8WkwxCwAAAAJ&authuser=1&citation_for_view=8WkwxCwAAAAJ:-f6ydRqryjwC

Sarumaha, M., & Harefa, D. (2022). Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ipa Terpadu Siswa. NDRUMI: Jurnal Pendidikan Dan Humaniora, 5(1), 27–36. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/NDRUMI

Sarumaha, M., Harefa, D., Piter, Y., Ziraluo, B., Fau, A., Telaumbanua, K., Permata, I., Lase, S., & Laia, B. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Artikulasi Terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 08(20), 2045–2052.

Sarumaha, Martiman S., D. (2023). Model-model pembelajaran. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/modelmodel-pembelajaran-0BM3W.html

Sarumaha, W, F. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Perpangkatan Dan Bentuk Akar Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas Ix Di Smps Kristen Bnkp Telukdalam Ta. 2022/2023. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 12–26.

Telaumbanua, M., Harefa, D. (2020). Teori Etika Bisnis dan Profesi Kajian bagi Mahasiswa & Guru. Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM) Banten.

Tonius Gulo, D. H. (2023). Identifikasi Serangga ( Insekta ) yang merugikan Pada Tanaman Cabai Rawit di Desa Sisarahili Ekholo Kecamatan Lolowau Kabupaten Nias Sealatan. Jurnal Sapta Agrica, 2(1), 50–61.

Umi Narsih, D. (2023). Bunga rampai “Kimia Analisis farmasi.” Nuha Medika. https://www.numed.id/produk/bunga-rampai-kimia-analisis-farmasi-penulis-umi-narsih-faidliyah-nilna-minah-dwi-ana-anggorowati-rini-kartika-dewi-darmawan-harefa-jelita-wetri-febrina-a-tenriugi-daeng/

Undang-Undang Republic Indonesia Nomor 14. Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Ziliwu, S. H. dkk. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA PADA MATERI TRANSFORMASI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 LAHUSA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 15–25.

Published
2024-07-31
How to Cite
Ndruru, F. (2024). PENERAPAN KURIKULUM 2013 TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 LAHUSA . FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 3(2), 357-372. https://doi.org/10.57094/faguru.v3i2.1426