ANALISIS KESALAHAN PENULISAN PREPOSISI PADA SURAT DINAS DI KANTOR DESA HILIFALAGO RAYA TAHUN 2021-2022
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah kesalahan dalam penulisan preposisi pada surat dinas di Kantor Desa Hilifalago Raya Tahun 2021-2022 yaitu preposisi tunggal. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan preposisi ( di, ke, pada, dari, kepada, tentang, agar, sampai, oleh) pada surat dinas di Kantor Desa Hilifalago Raya Tahun 2021-2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Surat Dinas di Kantor Desa Hilifalago Raya tahun 2021 sebanyak 10 Lembar dan tahun 2022 sebanyak 3 Lembar. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa adanya kesalahan penulisan Preposisi pada surat Dinas di Kantor Desa Hilifalago Raya Tahun 2021 dan 2022 yaitu preposisi tunggal. Pada penelitian ini peneliti menemukan kesalahan dalam surat dinas di kantor desa Hilifalago Raya tahun 2021-2022 sebanyak 37 kesalahan di antaranya kesalahan penulisan preposisi “di” pada surat dinas tahun 2021-2022 sebanyak 18, kesalahan penulisan preposisi “ke” pada surat dinas di kantor desa Hilifalago Raya tahun 2021-2022 sebanyak 2, kesalahan penggunaan preposisi “kepada” pada surat dinas di kantor desa Hilifalago Raya sebanyak 5, kesalahan awalan “di” pada surat dinas tahun 2021-2022 sebanyak 6, kesalahan kalimat yang tidak efektif pada surat dinas tahun 2021-2022 sebanyak 6. Kesalahan penulisan preposisi “daripada, tentang, agar, sampai, dan oleh tidak ditemukan pada surat dinas pada tahun 2021-2022. Saran yang diajukan peneliti adalah: 1) Hendaknya aparat Desa memperhatikan penggunaan preposisi yang baik dan benar dalam penulisan surat dinas di Kantor Desa Hilifalago Raya, dan 2) Penelitian mengenai kesalahan penggunaan preposisi pada surat dinas di Kantor Desa Hilifalago Raya Tahun 2021- 2022 ini dapat menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya.
References
Abdullah, J. 2015. Analisis preposisi yang dibuat salah pada Karangan Narasi Kelas XI IPS Sma Muhammadiyah 8 Ciputat. Skripsi Tidak diterbitkan. Jakarta: Uin Syarif Hidayatullah.
Aminudin. 2016. Semantik. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Chaer. 2012. Linguistik Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dalman. 2018. Keterampilan Menulis. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Darmawan Harefa, Murnihati Sarumaha, Kaminudin Telaumbanua, Tatema Telaumbanua, Baziduhu Laia, F. H. (2023). Relationship Student Learning Interest To The Learning Outcomes Of Natural Sciences. International Journal of Educational Research and Social Sciences (IJERSC), 4(2), 240–246. https://doi.org/https://doi.org/10.51601/ijersc.v4i2.614
Darmawati. 2018. Surat-Surat Dinas.Yogyakarta: PT Intan Pariwara.
Dharul. 2016. Analisis preposisi yang dibuat salah dalam karangan Narasi Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri Se-kota Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi Tidak diterbitkan. Tanjungpinang: Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Fau, A. D. (2022a). BUDIDAYA BIBIT TANAMAN ROSELA (HIBISCUS SABDARIFFA) DENGAN MENGGUNAKAN PUPUK ORGANIK GEBAGRO 77. TUNAS: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2), 10–18. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Tunas/article/view/545
Fau, A. D. (2022b). Kumpulan Berbagai Karya Ilmiah & Metode Penelitian Terbaik Dosen Di Perguruan Tinggi. CV. Mitra Cendekia Media.
Fau, Amaano., D. (2022). Teori Belajar dan Pembelajaran. CV. Mitra Cendekia Media.
Gaurifa, M., Harefa, D., (2023). Development Of A Cartesian Coordinate Module To The Influence Of Implementing The Round Club Learning Model On Mathematics Student Learning Outcomes. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 45–55
Halawa, S., & Darmawan Harefa. (2024). THE INFLUENCE OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BASED DISCOVERY LEARNING MODELS ON ABILITIES STUDENTS’ MATHEMATICAL PROBLEM SOLVING. Afore : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 11-25. https://doi.org/10.57094/afore.v3i1.1711
Harefa, A., D. (2022). KUMPULAN STARTEGI & METODE PENULISAN ILMIAH TERBAIK DOSEN ILMU HUKUM DI PERGURUAN TINGGI.
Harefa, D. (2022). EDUKASI PEMBUATAN BOOKCAPTHER PENGALAMAN OBSERVASI DI SMP NEGERI 2 TOMA. Haga Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).
Harefa, D. (2023). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TALKING CHIPS UNTUK. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1).
Harefa, D. (2023). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TALKING CHIPS UNTUK. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1).
Harefa, D. (2023). The Relationship Between Students' Interest In Learning And Mathematics Learning Outcomes. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 1–11.
Harefa, D., D. (2022). Kewirausahaan. CV. Mitra Cendekia Media.
Harefa, Darmawan., D. (2023b). Teori Fisika. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/teori-fisika-A1UFL.html
Harefa, Darmawan., D. (2023c). Teori perencanaan pembelajaran. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/teori-perencanaan-pembelajaran-GO5ZY.html
Iyam Maryati, Yenny Suzana, Darmawan Harefa, I. T. M. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Materi Aljabar Linier. PRISMA, 11(1), 210–220.
Kapoe, dkk. 2022. Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.
Karyaningsih. 2018. Korespondensi Surat Bisnis dan Dinas. Yogyakarta: Samudra Biru.
Laia, M. F (2023). Development Of A Cartesian Coordinate Module To Improve The Ability To Understand Mathematical Concepts. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 27–44
Mantasiah, dkk. 2020. Analisis Kesalahan Berbahasa. Yokyakarta. CV Budi Utama.
Martiman Suaizisiwa Sarumaha, D. (2023). Pendidikan karakter di era digital. CV. Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/pendidikan-karakter-di-era-digital-X4HB2.html
Ramadhan. 2021. Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara.
Rastuti. 2018. Preposisi dan Konjungsi. Jawa Tengah: PT Intan Pariwara.
Ritonga, dkk. 2008. Bahasa Indonesia Praktis. Medan: Bartong Jaya.
Sarumaha, M. D. (2022). Catatan Berbagai Metode & Pengalaman Mengajar Dosen di Perguruan Tinggi. Lutfi Gilang. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=8WkwxCwAAAAJ&authuser=1&citation_for_view=8WkwxCwAAAAJ:-f6ydRqryjwC
Sarumaha, M., & Harefa, D. (2022). Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ipa Terpadu Siswa. NDRUMI: Jurnal Pendidikan Dan Humaniora, 5(1), 27–36. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/NDRUMI
Sarumaha, M., Harefa, D., Piter, Y., Ziraluo, B., Fau, A., Telaumbanua, K., Permata, I., Lase, S., & Laia, B. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Artikulasi Terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 08(20), 2045–2052.
Sarumaha, Martiman S., D. (2023). Model-model pembelajaran. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/modelmodel-pembelajaran-0BM3W.html
Sarumaha, W, F. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Perpangkatan Dan Bentuk Akar Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas Ix Di Smps Kristen Bnkp Telukdalam Ta. 2022/2023. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 12–26.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Telaumbanua, M., Harefa, D. (2020). Teori Etika Bisnis dan Profesi Kajian bagi Mahasiswa & Guru. Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM) Banten.
Tonius Gulo, D. H. (2023). Identifikasi Serangga ( Insekta ) yang merugikan Pada Tanaman Cabai Rawit di Desa Sisarahili Ekholo Kecamatan Lolowau Kabupaten Nias Sealatan. Jurnal Sapta Agrica, 2(1), 50–61.
Umi Narsih, D. (2023). Bunga rampai “Kimia Analisis farmasi.” Nuha Medika. https://www.numed.id/produk/bunga-rampai-kimia-analisis-farmasi-penulis-umi-narsih-faidliyah-nilna-minah-dwi-ana-anggorowati-rini-kartika-dewi-darmawan-harefa-jelita-wetri-febrina-a-tenriugi-daeng/
Widjono. 2012. Bahasa Indonesia Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Jakarta: PT Grasindo.
Yunus dkk. 2017. Keterampilan Menulis.Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Ziliwu, S. H. dkk. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA PADA MATERI TRANSFORMASI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 LAHUSA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Afore: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 15–25.