KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 FANAYAMA
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perbedaan kemampuan siswa dalam menulis puisi bebas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan menulis puisi bebas siswa kelas VIII SMP Negri 1 Fanayama tahun pembelajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Melakukan penelitian numerik untuk mengukur kemampuan menulis puisi bebas total 27 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Fanayama tahun pembelajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Fanayama. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis yaitu tes esai. Data penelitian ini dianalisis secara kuantitatif dan hasil penelitian dinyatakan dalam angka. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata nilai siswa kelas VIII SMP Negeri Fanayama adalah 43,1 yang tergolong dalam kategori berprestasi rendah. Berdasarkan kategori tersebut, sebaiknya guru bahasa Indonesia dapat membantu siswa dengan memberikan metode dan media pembelajaran yang tepat, memberikan banyak latihan dan tugas menulis puisi kepada siswa, serta membantu siswa memahami apa saja yang perlu diperhatikan dalam penilaian saat menulis puisi, dan terus mengasah kemampuan tersebut.
References
Aenaldi. 2020. Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pakue Utara Kabupaten Kolaka Utara. Palopo: Universitas Cokroaminoto Palopo. Skripsi (Online), (http://repository.uncp.ac.id/1168/1/AENALDI%20%281601402041%29.pdf, diakses 06 Oktober 2022).
Ardika, I Wayan. 2018. Asiknya Menulis Puisi. Banjar: CV. Grapena Karya.
Bunda, Muliati. 2017. Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pangsid Kabupaten Sidenreng Rappang. Makassar: Universitas Negeri Makassar. Skripsi (Online), (http://eprints.unm.ac.id/4152/1/SKRIPSI%20MENTARI%20MULIATI%20BUNDA.pdf, diakses 06 Oktober 2022).
Dalman, H. 2016. Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Pers.
Djumingin, Sulastriningsih. 2018. Rubrik Penilaian Berbasis Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Disekolah Menengah Pertama atau Madrasah Tsanawiyah. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Fau, Amaano., D. (2022). Teori Belajar dan Pembelajaran. CV. Mitra Cendekia Media.
Fau, A. D. (2022a). BUDIDAYA BIBIT TANAMAN ROSELA (HIBISCUS SABDARIFFA) DENGAN MENGGUNAKAN PUPUK ORGANIK GEBAGRO 77. TUNAS: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2), 10–18. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Tunas/article/view/545
Fau, A. D. (2022b). Kumpulan Berbagai Karya Ilmiah & Metode Penelitian Terbaik Dosen Di Perguruan Tinggi. CV. Mitra Cendekia Media.
Harun. 2018. Pembelajaran Puisi Untuk Mahasiswa. Darussalam, Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.
Hikmat, Ade. 2017. Kajian Puisi. Jakarta: Universitas Muhammadiyyah Prof. Dr. Hamka.
Kasupardi, Endang dan Supriatna. 2010. Pengembangan Keterampilan Menulis. Jakarta: Multi Kreasi Satu Delapan.
Kosasih, E. 2007. Bahasa Indonesia 5B. Jakarta: Erlangga.
Laia, H. L. (2023). ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN PROSEDUR POLYA DALAM MATERI PECAHAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 LUAHAGUNDRE MANIAMOLO TAHUN PELAJARAN 2022/2023. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(1).
Laia, I. S. (2022). PEMANFATAAN CIPLUKAN (PHYSALIS ANGULATA) SEBAGAI TANAMAN OBAT HIPERTENSI DI DESA MOHILIKECAMATAN AMANDRAYA KABUPATEN NIAS SELATAN. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 119–127.
Lase, A. L. (2023). PENGEMBANGAN MODUL DATA KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(1).
Loi, K. (2022). PENGEMBANGAN MODUL PERPANGKATAN DAN BENTUK AKAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 204–215.
Nababan, Diana. 2008. Intisari Bahasa Indonesia Untuk SMA. Jakarta: Kawan Pustaka.
Ndruru, D. (2022). PENGEMBANGAN MODUL PELUANG UNTUK MENINGKATKAN. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 108–118.
Ndruru, Y. S. N. (2022). PENGEMBANGAN MODUL MATERI STATISTIKA MELALUI PENDEKATANiKONTEKSTUALiUNTUKiMENINGKATKAN PEMAHAMANiKONSEPiSISWAiKELASiXIIiSMA. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 180–192.
Nurjannah, Anita Yuniarti. 2020. Ayo Menulis Puisi. Semarang, Jawa Tengah: CV. Pilar Nusantara
Rahman, Taufiqur. 2018. Periode Sastra dan Antologi Puisi Indonesia. Semarang, Jawa Tengah: CV. Pilar Nusantara.
Raya, U. N. (2023). ANALYSIS OF MATHEMATICAL CONNECTION ABILITY IN LINEAR EQUALIES AND INEQUALITY ONE VARIABLE OF CLASS VII STUDENTS OF SMP DOMICILI VILLAGE NANOWA LEARNING YEAR. AFORE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–10.
Sadikin, Asep Ganda; Sofyan, Akhmad; Rukiah, Titin; dan Mulyati. 2005. Kompeten Berbahasa Indonesia Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia untuk Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah. Bandung: Grafindo Media Pratama.
Sudarma, Putu. 2019. Mengupas Puisi. Banjar Rangdu: CV. Media Educations.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukini. 2019. Panduan Pembelajaran Apresiasi Puisi Berbasis Inkuiri. Jakarta: K-Media.
Supriyanto. 2018. Pembelajaran Puisi, Apresiasi dari dalam Kelas. Darussalam, Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.
Tadzkirah. 2019. Pembellajaran Bahasa Indonesia. Semarang, Jawa Tengah: CV. Pilar Nusantara.
Tarigan. Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: ANGKASA Bandung.
Waya, H. S. (2022). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 82–94.
Wehalo, F. (2023). ANALISIS MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KELAS VIII SM P SWAST A K RI STEN BNK P TELUKDALAM TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(1).
Wijayanti, Atrianing Yessi. 2022. Terampil Membaca dan Menulis. Ungaran: Guepedia.
Ndruru, D. (2023). ANALISIS BUDAYA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN SISWA DI KELAS XI SMK NEGERI 1 LOLOWA’U. CIVIC SOCIETY RESEARCH and EDUCATION: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1), 52–63.
Zagoto, H., & Harefa, D. (2023). Analisis Peran Guru Pada Proses Pembelajaran. CIVIC SOCIETY RESEARCH and EDUCATION: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1), 85–98.
Zebua, E. N. K. (2022). STUDI ETOLOGI SEMUT RANGRANG (OECOPHYLLA SMARAGDINA) PADA KONDISI HABITAT YANG BERBEDA. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2), 95–107.
Zebua, N. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KEANEKARAGAMAN HAYATI BERBASIS SCIENTIFIC TERINTEGRASI DALAM BLOGSPOT UNTUK SISWA SMA NEGERI 1 TELUKDALAM. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 1(2).