Samanoi Halowo Fau PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI
Abstract
Selama ini banyak orang yang berpendapat bahwa untuk meraih prestasi belajar yang tinggi diperlukan Kecerdasan Intelektual (IQ) yang juga tinggi. Namun, menurut hasil penelitian terbaru dibidang psikologi membuktikan bahwa IQ bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi prestasi belajar seseorang, tetapi ada banyak faktor lain yang mempengaruhi salah satunya adalah kecerdasan emosional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan kepercayaan diri sebagai variabel pemoderasi.
Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan data primer berupa penyebaran kuisioner. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa yang berasal dari STIE Nias Selatan, STIE Pembangunan Nasional Gungunsitoli jurusan akuntansi yang telah mengambil mata kuliah Pengantar Akuntansi, Akuntansi Keuangan, Akuntansi Keuangan Lanjutan, Auditing, Akuntansi Manajemen dan Teori Akuntansi. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana dan MRA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional tidak berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan tingkat probabilitas signifikan sebesar 0,705 (>0,05), yang berarti H1 ditolak. Hasil analisis data penelitian secara simultan menunjukkan nilai p 0,640 (>0,05).maka H2 ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu kepercayaan diri tidak memiliki pengaruh sebagai variabel moderating dalam hubungannya antara kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi.