Samanoi Fau PERBEDAAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN PENDEKATAN KONVENSIONAL PADA SISWA DI SMA NEGERI 1 TELUK DALAM
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar akuntansi siswa Kelas XI dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual dan pendekatan pembelajaran konvensional di SMA Negeri 1 Teluk. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Teluk dalam yang berlokasi di Kec Telukdalam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 92 orang yang terdiri dari 2 kelas, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi (sampling total),yaitu kelas XI berjumlah 46 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI berjumlah 46 orangsebagai kelas kontrol. Data penelitian ini diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda. Sebelum tes digunakan sebagai alat pengumpul data,tes terlebih dahulu diuji cobakan pada siswa di kelas XI SMA Swasta Kampus Nias Selatan,guna memperoleh validitas dan reliabilitas test. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menghitung rata-rata dan standar deviasi dari kedua kelompok dan uji “T” pada taraf signifikan alpha 0,05. Hasil penelitian yang dilakukan pada siswa kelas XI IS SMA Negeri 2 Pangururan diperoleh rata-rata hasil belajar kelas ekperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 77,391 dan standar deviasi sebesar 6,971. Sedangkan dari data hasil belajar siswa kelas kontrol diperoleh rata-rata sebesar 70,217 serta standar deviasi sebesar 6,23. Sedangkan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung = 13,54 dan setelah di uji signifikannya diperoleh thitung = 13,54 > ttabel = 2,02(hasil interpolasi) pada taraf kepercayaan 95% atau alpha 0,05. Hal ini menunjukkan hipotesis yang diajukan dapat diterima. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar Akuntansi dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual dan pendekatan pembelajaran konvensional pada siswa di di SMA Negeri 1 Teluk Dalam.