SUFIKS DALAM BAHASA NIAS SELATAN DI KECAMATAN ONOLALU
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah kaidah mengenai bahasa Nias khususnya sufiks yang belum sepenuhnya terdokumentasi melatarbelakangi penelitian ini. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti pada tanggal 20 Agustus 2022 bahwa di desa Hilionaha kecamatan Onolalu khususnya di kalangan remaja jarang menggunakan bahasa Nias. Sehingga, secara tidak langsung menghilangkan jati diri masyarakat itu sendiri. Hal ini membuat kurangnya referensi bagi masyarakat Nias dalam mengembangkan ilmu bahasa daerah. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan bentuk sufiks dalam bahasa Nias Selatan di Kecamatan Onolalu dan 2) untuk mendeksripsikan fungsi sufiks dalam bahasa Nias Selatan di Kecamatan Onolalu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah sufiks dalam bahasa Nias Selatan di Kecamatan Onolalu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sufiks dalam bahasa Nias Selatan di Kecamatan Onolalu terdapat 10 (sepuluh) bentuk. Maka dapat disimpulkan bahwa sufiks dalam bahasa Nias Selatan di Kecamatan Onolalu khususnya di desa Hilionaha merupakan penelitian perdana, satu bentuk sufiks yang hanya dapat disisipkan dalam satu kata, 10 (sepuluh) bentuk sufiks, memiliki 2 (dua) fungsi dan 6 (enam) makna. Saran yang diajukan peneliti adalah 1) kepada praktisi pendidikan untuk terus melestarikan dan mengembangkan bahasa Nias menjadi bidang ilmu pengetahuan, 2) kepada guru bahasa Nias untuk terus mengajarkan bahasa Nias kepada para siswa, 3) kepada peneliti lain untuk melakukan penelitian lanjutan 4) kepada pembaca untuk membagikan pengetahuan kepada masyarakat lain.
References
Adirasa Hadi Prastyo, D. (2021). Bookchapter Catatan Pembelajaran Dosen di Masa Pandemi Covid-19. 786236.
Abidin, Yunus. 2019. Konsep Dasar Bahasa Indonesia. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.
Amruddin. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Kualitatif. Bandung: CV Media Sains Indonesia.
Amajihono, S. (2022). KESALAHAN PENGGUNAAN TANDA BACA PADA KARANGAN NARASI SISWA KELAS X IIS-A SMA SWASTA KAMPUS TELUKDALAM TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2).
Anggito & Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.
Arifin & Junaiyah. 2009. Morfologi Bentuk, Makna, dan Fungsi. Jakarta: PT Grasindo.
Aslinda & Syafyahya Leni. 2007. Pengantar Sosiolinguistik. Bandung: PT Refika Aditama.
Alwasilah, Chaedar A. 2011. Linguistik Suatu Pengantar. Bandung: Angkasa.
Ba’dulu, Muis Abdul & Herman. 2004. Morfosintaksis. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Chaer, Abdul. 2007. Linguistik Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta
Chaer & Agustina. 2010. Sosiolinguistik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. 2016. Jakarta.
Finoza, Lamuddin. 1993. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi.
Fau, Amaano., D. (2022). Teori Belajar dan Pembelajaran. CV. Mitra Cendekia Media.
Fau, A. D. (2022a). BUDIDAYA BIBIT TANAMAN ROSELA (HIBISCUS SABDARIFFA) DENGAN MENGGUNAKAN PUPUK ORGANIK GEBAGRO 77. TUNAS: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2), 10–18. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Tunas/article/view/545
Fau, A. D. (2022b). Kumpulan Berbagai Karya Ilmiah & Metode Penelitian Terbaik Dosen Di Perguruan Tinggi. CV. Mitra Cendekia Media.
Giawa, M. I. P. (2022). ANALISIS PERWATAKAN TOKOH DALAM NOVEL PERTEMUAN DUA HATIKARYA NH. DINI. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2).
Gulo, F. (2022). KESALAHAN PENGGUNAAN TANDA BACA PADA KARANGAN EKSPOSISI SISWA KELAS X IIS-B SMA SWASTA KAMPUS TELUKDALAM TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2).
Harefa, D. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Talking Chips Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1).
Harefa, D. (2017). Pengaruh Presepsi Siswa Mengenai Kompetensi Pedagogik Guru Dan Minat belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (Survey pada SMK Swasta di Wilayah Jakarta Utara). Horison Jurnal Ilmu Pendidikan dan Lingusitik 7 (2), 49 - 73
Harefa, D. (2018). Efektifitas Metode Fisika Gasing Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Atensi Siswa (Eksperimen pada siswa kelas VII SMP Gita Kirtti 2 Jakarta). Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan 5 (1), 35-48)
Harefa, D. (2019). The Effect Of Guide Note Taking Instructional Model Towards Physics Learning Outcomes On Harmonious Vibrations. JOSAR (Journal of Students Academic Research). 4 (1), 131 -145
Harefa, D. (2019). Peningkatan Prestasi Rasa Percaya Diri Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru IPA. Media Bina Ilmiah, 13(10), 1773–1786.
Harefa, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Pembelajaran Kooperatif Make A Match Pada Aplikasi Jarak Dan Perpindahan. Geography: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 8 (1), 01-18
Harefa, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Luahagundre Maniamolo Tahun Pembelajaran (Pada Materi Energi Dan Daya Listrik). Jurnal Education And Development 8 (1), 231-231
Harefa, D. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Problem Posing Dan Problem Solving Pada Siswa Kelas X-MIA SMA Swasta Kampus Telukdalam. Prosiding Seminar Nasional Sains 2020, 103–116
Harefa, D. (2020). Peningkatan Prestasi Rasa Percaya Diri Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru IPA. Media Bina Ilmiah, 13(10), 1773–1786
Harefa, D. (2020). Peningkatan Strategi Belajar IPA Fisika Pada Proses Pembelajaran Team Gateway. Jurnal Ilmiah Aquinas, 3 (2), 161-186
Harefa, D. (2020). Pemanfaatan Sole Sebagai Media Penghantar Panas Dalam Pembuatan Babae Makan Khas Nias Selatan. Kommas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (2) 87-91
Harefa, D. (2020). Pengaruh Antara Motivasi Kerja Guru IPA dan Displin Terhadap Prestasi Kerja. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6 (3), 225-240
Harefa, D. (2020). Peningkatan Prestasi Belajar IPA Siswa Pada Model Pembelajaran Learning Cycle Dengan Materi Energi dan Perubahannya. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2 (1), 25-36
Harefa, D. (2020). Pengaruh Persepsi Guru IPA Fisika Atas Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA di Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 8 (3), 112-117
Harefa, D. (2020). Differences In Improving Student Physical Learning Outcomes Using Think Talk Write Learning Model With Time Token Learning Model. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Sains, 1(2), 35–40
Harefa, D. (2020). Pemanfaatan Hasil Tanaman Sebagai Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Madani: Indonesia Journal of Civil Society, 2 (2), 28-36
Harefa, D. (2020) Perbedaan Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write Dengan Model Pembelajaran Time Token. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Sains, 1 (2), (35-40)
Harefa, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Pada Model Pembelajaran Prediction Guide. Indonesian Journal of Education and Learning, 4 (1), 399-407
Harefa, D. (2020). Ringkasan, Rumus & Latihan Soal Fisika Dasar. CV. Mitra Cendekia Media.
Harefa, D. (2020). Belajar Fisika Dasar untuk Guru, Mahasiswa dan Pelajar. CV. Mitra Cendekia Media.
Harefa, D. (2020). Perkembangan Belajar Sains dalam Model Pembelajaran. CV. Kekata Group
Halawa, T., Harefa, A., dan Sitilonga, M. 1983. Struktur Bahasa Nias. Jakarta Timur : Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Halawa, M. (2021). GAYA BAHASA PERBANDINGAN PADA NOVEL “JALAN PASTI BERUJUNG” KARYA BENYARIS ADONIA PARDOSI. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 1–11.
Khanati Gulo., D. (2021). FAKTA DAN OPINI PADA TAJUK RENCANA “HARIAN ANALISA” TAHUN 2020. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1).
Harefa, D., Hulu, F. (2020). Demokrasi Pancasila di era kemajemukan. CV. Embrio Publisher,.
Harefa, D., Telambanua, K. (2020). Teori manajemen bimbingan dan konseling. CV. Embrio Publisher.
Harefa, D., D. (2020). Teori Model Pembelajaran Bahasa Inggris dalam Sains. CV. Insan Cendekia Mandiri.
Harefa, Darmawan., D. (2023). Teori Fisika. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/teori-fisika-A1UFL.html
Harefa, D. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAKE A MATCH PADA APLIKASI JARAK DAN PERPINDAHAN. GEOGRAPHY Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 1–18.
Harefa, D. (2023). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TALKING CHIPS UNTUK. Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1).
Hidayat, Asep A. 2006. Filsafat Bahasa Mengungkap Hakikat Bahasa Makna dan Tanda. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Kosasih, H.E. 2003. Ketatabahasaan dan Kesusastraan Cermat Berbahasa Indonesia. Bandung: Yrama Widya.
La’ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.463-474.2021
Laia, F. (2022). KESALAHAN TATA BAHASA PADA SURAT IZIN DISEKOLAH YANG DITULIS OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 AMANDRAYA TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2).
Laia, L. S. B. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 TOMA TAHUN PEMBELALAJARAN 2020/2021. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1).
Mahsun. 2017. Metode Penelitian Bahasa Tahapan, Strategi, Metode dan Tekniknya. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Mantasiah, Yusri. 2020. Linguistik Mikro (Kajian Internal, Bahasa dan Penerapannya).Yogyakarta: CV Budi Utama.
Manao, M. M. (2021). PERWATAKAN TOKOH UTAMA DALAM KUMPULAN CERITA “SETENGAH PECAH. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1).
Nehe, T. (2021). KONJUNGSI DALAM BAHASA NIAS RAGAM SELATANDIALEK HILIZIHóNóDI KECAMATAN FANAYAMA. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1).
Pianus Zai., D. (2022). ANALISIS GAYA BAHASA SINDIRAN DALAM ALBUMS’NADA TRIO VOLUME 3KARYA YUNUS GEA. 2(2).
Ramlan, M. 1985. Morfologi Suatu Tinjauan Deskriptif. Yogyakarta : CV Karyono.
Rahardi, Kunjana. 2009. Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Erlangga.
Simanullang, N. R. (2022a). KARANGAN NARASI MELALUI METODE PENEMUAN. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 73–81.
Simanullang, N. R. (2022b). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA MELALUI. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 64–73.
Simpen, Wayan. 2021. Morfologi Kajian Proses Pembentukan Kata. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.
Sumarsono. 2012. Sosiolinguistik. Sabda (Lembaga Studi Agama, Budaya, dan Perdamaian) Kauman GM IV/125. Yogjakarta : Pustaka Pelajar.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sitorus, Jonter Pandapotan. 2019. Mengenal Tata Bahasa Indonesia. Malang: CV. Evernity Fisher Media.
Surur, M., D. (2020). Effect Of Education Operational Cost On The Education Quality With The School Productivity As Moderating Variable. Psychology and Education Journal, 57(9), 1196–1205.
Telaumbanua, M., Harefa, D. (2020). Teori Etika Bisnis dan Profesi Kajian bagi Mahasiswa & Guru. Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM) Banten.
Tukan, Paulus. 2006. Mahir Berbahasa Indonesia. Jakarta: Yudhistira.
Trisnawati Ziliwu., D. (2022). ANALISIS KESALAHAN PILIHAN KATA PADA SURAT RESMI YANG DITULIS SISWA KELAS X SMK SWASTA BNKP DARO-DARO. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2).
Yendra. 2018. Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik). Yogyakarta: CV Bufi Utama.
Zai, B. (2021). ANALISIS MAKNA KONOTATIF PADA KUMPULAN PUISI KETIKA CINTA BICARAKARYA KAHLIL GIBRAN. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1).
Zagoto, Sitasi. 2013. Bahasa Nias Ragam Selatan: Sebuah Pengenalan. Telukdalam.
Zaim, M. 2010. Metode Penelitian Struktural Bahasa. Kampus UNP Air Tawar Padang: Penerbit FBS unp Press Padang.
Laoli, Febriani. 2011. Afiksasi dalam Bahasa Nias. Medan: Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara.
Yosirah, Nasiatun. 2013. Proses Morfologi Bahaya Melayu Palembang. Yogyakarta: Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.
Zagoto, Sitasi.2018, Variasi Bahasa Nias: Sebuah Kajian Dialektologi. Disertasi Tidak Diterbitkan. Medan: Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara.