ANALISIS STRUKTUR TEKS LAPORAN OBSERVASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 SUSUA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Guru Bahasa Indonesia di SMK Negeri 2 Susua Kecamatan Susua, Nias Selatan

  • Erlina Laia
Keywords: Struktur; laporan; observasi; teks laporan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan-kesulitan siswa kelas X SMA Negeri 2 Susua dalam menulis struktur teks laporan observasi. Teks laporan observasi adalah teks yang memberikan informasi suatu objek setelah diadakan investigasi atau observasi secara sistematis di lapangan. Dalam menyusun laporan-laporan dari hasil observasi tersebut, harus disusun secara sistematis dengan menjabarkan struktur-struktur teks laporan observasi. struktur teks laporan observasi yaitu; definisi umum, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan struktur teks laporan observasi yang ditulis oleh siswa kelas X SMA Negeri 2 Susua. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Berdasarkan pengolahan data yang telah dilakukan oleh peneliti pada teks laporan observasi yang ditulis oleh 19 siswa diperoleh hasil bahwa itu 11 siswa tidak dapat menulis teks laporan obsevasi secara terstruktur sedangkan 8 siswa lainnya dinyatakan mampu menulis teks laporan observasi secara terstruktur. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa siswa kelas X SMA Negeri 2 susua dinyatakan tidak dapat menulis teks laporan observasi sesuai struktur yang sebenarnya. Hal ini dikarenakan kemampuan siswa yang tidak memadai dalam memahami dan mendeskripsikan struktur teks laporan obsevasi dengan baik. Saran, Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk meningkatkan kualitas mengajar pada mata pelajaran bahasa Indoenesia, khususnya pada pembelajaran menulis teks laporan observasi. Bagi siswa, hendaknya meningkatkan motivasi belajar dan pengetahuan tentang struktur teks laporan observasi. Bagi peneliti lain, hendaknya penelitian ini dijadikan sebagai bahan referensi untuk melakukan penelitian yang relevan.

References

Dalman, H. 2016. Keterampilan Menulis. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.
Fadillah T. A, Gumilar Sefi I. 2021. Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia Untuk SMA/SMK Kelas X. Jakarta Pusat: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Buku Paket Bahasa Indonesia Kelas VII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Muri Yusuf, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri.
Narfa, 2021. Mengonstruksi Laporan Hasil Observasi Untuk SMA/SMK Sederajat. Indonesia: Guepedia
Nasution, S, Nurbaiti, dan Arfanudin. 2021. Teks Laporan Hasil Observasi Untuk tingkat SMP Kelas VII. Bogor: Guepedia.
Rifqi. Kurniawati T. 2020. Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Edisi Pembelajaran Jarak Jauh. Kota Malang: Ahli Media Press.
Setiyaningsih, Ika. 2019. Laporan Hasil Observasi dan Laporan Hasil Percobaan. Sukarta: PT. Askara Sinergi Media.
Suherli Maman S, Aji S, dan Istiqomah. 2017. Buku Paket Bahasa Indonesia Kelas X. Jakarta: Kemendikbud.
Sutarno, 2019. Cermat Berbahasa Indonesia Suplemen Materi Bahasa Indonesia Untuk kelas X. Bojong Genteng: CV. Jejak, Anggota IKAPI.
Sugyono, 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alvabeta.
2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alvabeta.
Tarigan, H. Guntur. 2005. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV. Angkasa.
Taufiqur Rahman. 2018. Teks Dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan. Kota Semarang, Jawa Tengah: CV. Pilar Nusantara.
Wibowo, H. Hendriyani, L. 2018. Materi Umum Bahasa Indonesia SMP. Depok: Putri Cipta Media.

Sumber dari Internet:
Astri L. Putri, Didi Y. Padi U. Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Seluma, (Online), Vol. 5, No. 1, (https//ejournal.unib.ac.id).
Laia, B. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70-70.
Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602-602.
Silvia M. Dewi, Ermawati A. Septemver, 2020. Analisis Struktur dan Ciri Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 18 Padang. FBS Universitas Negeri Padang: email: silviamardiladewi@gmail.com
Zalukhu, M. C., Laia, B., Dakhi, S., & Buulolo, E. M. I. (2022). PERGESERAN BAHASA NIAS DIALEK SELATAN DI DESA HILINDRASO RAYA KECAMATAN TOMA KABUPATEN NIAS SELATAN. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 63-72.
Ziraluo, M., Fau, H. S., Simanullang, N. R., Laia, B., & Gaurifa, D. (2022). FILOSOFI DAN MAKNA OMO SEBUA (RUMAH ADAT BESAR) DI DESA BAWOMATALUO KECAMATAN FANAYAMA KABUPATEN NIAS SELATAN. Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 72-87.
Published
2023-04-07
How to Cite
Laia, E. (2023). ANALISIS STRUKTUR TEKS LAPORAN OBSERVASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 SUSUA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. KOHESI : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 13-23. https://doi.org/10.57094/kohesi.v3i2.848