KESALAHAN PENGGUNAAN TANDA BACA PADA KARANGAN EKSPOSISI SISWA KELAS X IIS-B SMA SWASTA KAMPUS TELUKDALAM TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kesalahan penggunaan tanda baca pada karangan eksposisi siswa kelas X IIS-B SMA Swasta Kampus Telukdalam Tahun Pembelajaran 2020/2021 yang masih belum sepenuhnya sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan tanda baca pada karangan eksposisi siswa.Pendekatan penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil karangan eksposisi siswa.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan penggunaan tanda baca pada karangan eksposisi siswa sebanyak 61 kesalahan, dan penggunaan tanda baca yang benar sebanyak 43 tanda baca. Jumlah keseluruhan tanda baca yang digunakan yaitu sebanyak 105 tanda baca. Kesalahan tanda baca yang paling banyak digunakan adalah tanda titik yaitu sebanyak 23 kesalahan. Kemudian, kesalahan penggunaan tanda koma pada karangan eksposisi siswa yang ditemukan peneliti sebanyak 15 kesalahan. Selanjutnya, kesalahan penggunaan tanda hubung yang ditemukan peneliti pada karangan eksposisi siswa yaitu sebanyak 11 kesalahan. Seterusnya, kesalahan penggunaan tanda seru yang ditemukan peneliti yaitu sebanyak 7 kesalahan. Selanjutnya, kesalahan penggunaan tanda petik yang ditemukan peneliti yaitu sebanyak 5 kesalahan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam penulisan karangan eksposisi siswa terdapat kesalahan karena kurangnya pengguasaan penggunaan tanda baca, terbatasnya kosa kata yang dimiliki dan ketidaktelitian siswa dalam menulis karangan eksposisi.Saran peneliti yaitu (1) bagi guru, hendaknya berupaya membelajarkan siswa tentang penggunaan tanda baca pada karangan eksposisi serta memperluas kosa kata siswa. (2) bagi siswa, hendaknya memperluas kosa kata yang dimiliki, agar dapat menghasilkan tulisan yang baik dan benar.
References
Chaer, Abdul.,& Agustina, Leonie. 2004. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal, Edisi Revisi.Jakarta: PT Rineka Cipta.
Chaer, Abdul. 2015. Filsafat Bahasa. Jakarta: Rineka Cipta.
Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Finoza, Lamuddin. 2008. Komposisi Bahasa Indonesia: Untuk Mahasiswa Non Jurusan Bahasa. Jakarta: Diksi Insan Mulia.
Hidayat, Asep Ahmad. 2006. Filsafat Bahasa: Mengungkapkan Hakikat Bahasa, Makna dan Tanda Baca. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hs, Widjono. 2012. Bahasa Indonesia: Matakuliah Pengembangan kepribadian di perguruan tinggi. Jakarta: PT. Grasindo.
Moleong, Lexy J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Pranowo. 2014. Teori Belajar Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
R, Martasiah & Yusri. 2020. Analisis Kesalahan Berbahasa: Sebuah Matakuliah dalam Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: Deepublis.
Sarwoko, Tri. Adi.2007. Inilah Bahasa Indonesia Jurnalistik. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Semi, M. Atar. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis: Edisi Revisi. Bandung: Percetakan Angkasa.
Sunendar, dadang.2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia.Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Sugiono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. ALFABETA.
Suparno & Yunus, Mohamad. 2012. Keterampilan Dasar Menulis: Menulis. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Tarigan, H. Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wijayanti, S. Hapsari.,dkk. 2013. Bahasa Indonesia:Penulisan dan Penyajian Karya Ilmiah. Jakarta:PT. RajaGrafindo Persada.
Yunus, M. Dkk. 2017.Keterampilan Menulis. Tangerang Selatan: Univeritas Terbuka.
Sumber Dari Skripsi
Kuspitasari, E. Septiana. 2013. Analisis Kesalahan Penggunaan Tanda Baca pada Karangan Narasi Siswa Kelas VII SMP Diponegoro 8 Rawalo.Skripsi.Puworkerto:Universitas Muhammadiyah Puworkerto.
Ula, Baiāatul A. 2017. Analisis Kesalahan Ejaan Pada Pada Karangan Berdasarkan Pengalaman Siswa Kelas V SD AL Huda Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017.Skripsi.Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.