KESALAHAN PENGGUNAAN TANDA BACA PADA KARANGAN NARASI SISWA KELAS X IIS-A SMA SWASTA KAMPUS TELUKDALAM TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021

  • Siriakus Amajihono
Keywords: Menulis; tanda baca; karangan narasi

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kesalahan penggunaan tanda baca pada karangan narasi siswa kelas X IIS-A SMA Swasta Kampus Telukdalam Tahun Pembelajaran 2020/2021 yang masih belum sepenuhnya sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan tanda baca pada karangan narasi siswa. Pendekatan penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil karangan narasi siswa kelas X IIS-A SMA Swasta Kampus Telukdalam Tahun Pembelajaran 2020/2021. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan penggunaan tanda baca pada karangan narasi siswa sebanyak 143 kesalahan, dan penggunaan tanda baca yang benar sebanyak 99 tanda baca. Jumlah keseluruhan tanda baca yang digunakan yaitu sebanyak 242 tanda baca. Kesalahan tanda baca yang paling banyak digunakan adalah tanda koma yaitu sebanyak 69 kesalahan. Kemudian, kesalahan penggunaan tanda titik pada karangan narasi siswa yang ditemukan peneliti sebanyak 34 kesalahan. Selanjutnya, kesalahan penggunaan tanda hubung yang ditemukan peneliti pada karangan narasi siswa yaitu sebanyak 15 kesalahan. Seterusnya, kesalahan penggunaan tanda seru yang ditemukan peneliti yaitu sebanyak 14 kesalahan. Selanjutnya, kesalahan penggunaan tanda petik yang ditemukan peneliti yaitu sebanyak 8  kesalahan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam penulisan karangan narasi siswa terdapat kesalahan karena kurangnya pengguasaan penggunaan tanda baca, terbatasnya kosa kata yang dimiliki dan ketidaktelitian siswa dalam menulis karangan narasi. Saran peneliti yaitu (1) bagi guru, hendaknya berupaya membelajarkan siswa tentang penggunaan tanda baca pada karangan narasi serta memperluas kosa kata siswa. (2) bagi siswa, hendaknya memperluas kosa kata yang dimiliki, agar dapat menghasilkan tulisan yang baik dan benar.

References

Chaer, Abdul., & Agustina, Leonie. 2010. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal, Edisi Revisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Chaer, Abdul. 2015. Filsafat Bahasa. Jakarta: Rineka Cipta.
Djojosuroto, Kinayati. 2007. Filsafat Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Book
Publisher.
Finoza, Lamuddin. 2008. Komposisi Bahasa Indonesia: Untuk Mahasiswa Non Jurusan Bahasa Revisi(3) Jakarta: Diksi Insan Mulia.
Hidayat, Asep Ahmad. 2006. Filsafat Bahasa: Mengungkapkan Hakikat Bahasa, Makna dan Tanda Baca. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hs, Widjono. 2012. Bahasa Indonesia: Matakuliah Pengembangan kepribadian di Perguruan Tinggi. Jakarta: PT. Grasindo.
Moleong, Lexy J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif,Edisi Revisi Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sarwoko, Tri. Adi. 2007. Inilah Bahasa Indonesia Jurnalistik. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Sunendar, dadang. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Sugiono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif: Bandung: CV. ALFABETA.
Suparno & Yunus, Mohamad. 2012. Keterampilan Dasar Menulis. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Tarigan, H. Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wijayanti, S. Hapsari., dkk. 2013. Bahasa Indonesia: Penulisan dan Penyajian Karya Ilmiah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Yunus, M. dkk. 2017. Keterampilan Menulis. Tangerang Selatan: Univeritas Terbuka.

Sumber Dari Skripsi
Yasinta Nofiandari. 2015. Analisis Kesalahan Ejaan pada Skripsi Mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Universitas Negeri Yogyakarta.
Awing, Maretha, Lukas. 2016. Kesalahan Ejaan dalam Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi, Angkatan 2010, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
Published
2022-12-20
How to Cite
Amajihono, S. (2022). KESALAHAN PENGGUNAAN TANDA BACA PADA KARANGAN NARASI SISWA KELAS X IIS-A SMA SWASTA KAMPUS TELUKDALAM TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. KOHESI : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 41-51. https://doi.org/10.57094/kohesi.v2i2.429