ANALISIS PERWATAKAN TOKOH DALAM NOVEL PERTEMUAN DUA HATI KARYA NH. DINI

  • Maria Intan Purnama Giawa
  • Agustinus Duha
  • Sridelli Dakhi
Keywords: Sastra; novel; unsur intrinsik; penokohan; perwatakan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keunikan cerita novel yang  membuat peneliti tertarik untuk mengetahui watak tokoh yang terdapat dalam novel Pertemuan Dua Hati karya Nh. Dini.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasikarakter atau watak tokoh protagonis, antagonis, dan tritagonis serta mendeskripsikan penggambaran karakter atau watak tokoh protagonis, antagonis, dan tritagonis secara analitik dan dramatikal yang terdapat dalam novel Pertemuan Dua Hati Karya Nh. Dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa perwatakan tokoh Bu Suci dalam novel Pertemuan Dua Hati adalah protagonis, Sedangkan watak atau karakter tokoh Waskito adalah antagonis. Dan watak tritagonis diperankan oleh Nenek Waskito. Perwatakan tokoh tersebut digambarkan pengarang secara analitik dan dramatikal. Dapat disimpulkan bahwa Bu Suci memiliki karakter atau watak protagonis, yaitu sering mengalah, mudah terharu atau penyayang, baik hati, penolong, dan peduli, sedangkan Waskito memiliki karakter atau watak yang antagonis, yaitu usil, jail, suka mengganggu, jahat, kasar, suka memukul, bengis, kejam, pemarah, pemberontak, jail, selalu membantah dan menyanggah nasihat, tidak pernah mau disuruh, kurangajar, dan berbohong. Novel Pertemuan Dua Hati sangat baik dijadikan bahan bacaan dan referensi bahan ajar, karena novel tersebut mengandung banyak nilai-nilai kehidupan yang positif dan baik jika dijadikan sebagai pengalaman dan teladan. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan bacaan dan referensi bahan ajar.

References

Adhitya, Dea & Wati, Rikmah (Ed). 2010. Memahami Novel: Bogor: Quadra.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis: Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Aziez, Furqonul, Hasim, Abdul & Mukorobah, S. Isnatun (Ed). 2010. Menganalisis Fiksi Sebuah Pengantar: Bogor: Ghalia Indonesia.
Basrowi & Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif: Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Damariswara, Rian. 2018. Konsep Dasar Kesusastraan:Banyuwangi: LPPM Institut Agama Islam Ibrahimy Genteng Banyuwangi.
Dini, NH. 2003. Pertemuan Dua Hati: Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data: Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Kosasih, F. 2011. Ketatabahasaan dan Kesusastraan: Bandung: CV. Yrama Widya.
Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi: Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Padi, Editorial. 2013. Kumpulan Super Lengkap Sastra Indonesia: Jakarta: CV. Ilmu Padi Infra Pustaka Makmur.
Priyatni, Endah Tri & Sugiarti (Ed). 2010. Membaca Sastra dengan Ancaman Literasi Kritis: Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Ramadansyah & Yattini (Ed). 2010. Paham dan Terampil Berbahasa dan Bersastra: Bandung: Dian Aksara Press.
Rokhmansyah, Alfian. 2014. Studi dan Pengkajian Sastra; Perkenalan Awal terhadap Ilmu Sastra: Yogyakarta: Graha Ilmu.
Samosir, Tiorida. 2013. Apresiasi Puisi: Bandung: Yrama Widya.
Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif: Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D: Bandung: CV. Alfabeta.
Warsiman & Trianingsih, Rima (Ed). 2018. Pengantar Pembelajaran Sastra: Sajian dan Kajian Hasil Riset: Malang: UB Press.
Wicaksono, Andri & Fuhrurrozi (Ed). 2017. Pengkajian Prosa Fiksi: Yogyakarta: Garudhawaca.
Wiyanto, Asul. 2012. Kitab Bahasa Indonesia untuk SD, SMP, SMA, Mahasiswa, dan umum: Yogyakarta: Jogja Bangkit Publisher (Anggota Ikapi).
Yustinah dan Iskak, Ahmad. 2008. Bahasa Indonesia Tataran Unggul untuk SMA dan MAK Kelas XII: Jakarta: Penerbit Erlangga.

Pustaka dari Internet berupa Artikel dalam Jurnal
Laia, B. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70-70.
Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602-602.
Nisak, Khoirun. 2019. Analisis Perwatakan Tokoh Utama pada Novel Anak-Anak TukangKarya Baby Ahnan dalam Molar Molekular: Tinjauan Psikologi Sastra,e-jurnal Senasaba, (online), Vol 3 No. 2. (http://research-report.umm.ac.id); diakses 24 Juni 2020).
Singal, Umy V.E. 2015. Kajian Psikologis Perwatakan Tokoh Novel pada Sebuah Kapal Karya NH. Dini dan Implikasinya dalam Pengajaran Sastra di SMP, e-jurnal Bahasantodea, (online), Vol 3 No. 1 (http://core.ac.uk); diakses 24 Juni 2020).
Published
2022-03-25
How to Cite
Giawa, M. I. P., Duha, A., & Dakhi, S. (2022). ANALISIS PERWATAKAN TOKOH DALAM NOVEL PERTEMUAN DUA HATI KARYA NH. DINI. KOHESI : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 22-33. https://doi.org/10.57094/kohesi.v2i2.424