ANALISIS KESALAHAN PILIHAN KATA PADA SURAT RESMI YANG DITULIS SISWA KELAS X SMK SWASTA BNKP DARO-DARO
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan pilihan kata dalam surat resmi yang kurang tepat pada siswa kelas X. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan pilihan kata pada surat resmi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Sumber data berupa lembar kerja siswa. Teknik penggumpulan data, wawancara dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa didalam surat resmi yang ditulis siswa kelas X terdapat kesalahan pilihan kata dalam hal ketepatan kata yang lebih dominannya adalah kesalahan penggunaan kata-kata yang bersinonim, kesalahan penggunaan kata-kata yang ejaan mirip, kesalahan penggunaan kata umum atau khusus, kesalahan perubahan makna. Hal ini disebabkan oleh perbendaharaan kosakata yang dimiliki tidak memadai sehingga mempengaruhi kemampuan siswa dalam menuangkan gagasannya melalui surat resmi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas X kurang memahami penggunaan pilihan kata dengan tepat. Peneliti menyarankan (1) siswa lebih teliti memilih kata yang digunakan dalam surat resmi, terutama dalam penggunaan bahasa yang benar. (2) peneliti selanjutnya agar melanjutkan penelitian ini dan mengembangkannya agar kemampuan siswa dalam menulis surat resmi menjadi lebih baik.
References
Darmawati, 2018. Surat-Surat Dinas. Jln. Ki Hajar Dewantara: PT Intan Pariwara.
Ginting & Lubis. 2019. Keterampilan Menulis SuratYogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group Yoyakarta.
Hamzah, M. 2017. Penuntun Praktis Menulis Surat Dinas. Makassar: CV. Social Politic Genius (SIGn).
Keraf, G. 2007.Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Munirah, 2019. Pengembangan Menulis Paragraf. Yogyakarta: CVBUDI UTAMA.
Markhamah & Sabardila, 2014. Analisis Kesalahan Dan Karakteristik Bentuk Pasif. Pabelan Surakarta: Muhammadiyah University Press Universitas Muhammadiyah Surakarta.
R. & Yusri, 2020. Analisis Kesalahan Berbahasa (Sebuah Pendekatan Dalam Pengajaran Bahasa). Yogyakarta: CV BUDI UTAMA
Supriatna, 2010. Pengembangan Keterampilan Menulis. Jakarta.
Setiawan & Anggito. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: Tim CV Jejak.
Sugiyono, 2013 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: ALFABETA, CV.
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: ALFABETA, CV.
Tarigan, 1984. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: ANGKASA.
Triningsih, 2018. Diksi (Pilihan Kata). Jalan Ki Hajar Dewantara: PT Macanan Jaya Cemerlang.
Yusuf, dkk. 2017. Keterampilan Menulis. Darussalam, Banda Aceh: SYIAH KUALA UNIVERSITAS PRESS.
Sumber dari skripsi:
Buulolo, D. (2019). Analisis Kesalahan Penggunaan Ejaan dan Diksi Dalam Teks Laporan Perjalanan Yang Ditulis Oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Lolowau Tahun Pembelajaran 2017/2018. Skripsi tidak diterbitkan. Teluk dalam: STKIP Nias Selatan.
Gowasa, L. (2019). Analisis Kesalahan Penggunaan Diksi dalam Karangan Persuatif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Telukdalam Tahun Pembelajaram 2018/2019. Skripsi tidak diterbitkan. Teluk dalam: STKIP Nias Selatan