FAKTA DAN OPINI PADA TAJUK RENCANA “HARIAN ANALISA” TAHUN 2020
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya keunikan.Salah satu keunikan yang terdapat dalam Koran “Harian Analisa”tahun 2020, antara lain Koran tersebut terdapat kolom tajuk rencana.Yang dimana dalam berita tajuk rencana ini memiliki kesamaan atau keselarasan yang saling mendukung antara fakta dan gagasan redaksi, sehingga dalam keselaraan itu pun membuat para pembaca semakin tertarik dalam membaca berita tersebut karena opini yang disampaikan oleh redaksi sesuai dengan fakta yang benar-benar terjadi.Selain itu, peneliti melihat dan mendapatkan bahwa dalam surat kabar khususnya tajuk rencana banyak berita yang berupa fakta dan opini. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan isi berita fakta pada tajuk rencana “Harian Analisa” tahun 2020, untuk mendeskripsikan opini pada tajuk rencana “Harian Analisa” tahun 2020, dan untuk mendeskripsikan kesesuaian antara fakta dan opini pada tajuk rencana ‘Harian Analisa” tahun 2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Tajuk Rencana “Harian Analisa” Tahun 2020, terdapat fakta 61 kutipan dan 74 kutipan opini.Kesesuaian antara fakta dan opini dalam Tajuk Rencana “Harian Analisa” Tahun 2020, yaitu memiliki kesamaan dan keselarasan yang saling mendukung antara fakta dan gagasan redaktur.Jadi simpulan fakta dan opini pada tajuk rencana “Harian Analisa” tahun 2020 lebih banyak opini dari pada fakta.Data-data temuan penelitian ini dapat diimplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu sebagai bahan acuan atau pedoman dalam memahami isi berita bagi masyarakat pembaca berita.Selain itu, temuan penelitian tersebut dapat dipakai oleh guru sebagai bahan referensi dalam pembelajaran bagi peserta didik di sekolah khususnya bagi siswa SMA.Dengan hal demikian, siswa mampu mengetahui dan membedakan antara berita fakta dan berita yang masih berupa opini.
References
Chaer, Abdul. 2012. Linguistik Umum. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
___________. 2010. Bahasa Jurnalistik. Jakarta: PT. Rineka cipta.
Chaer, Abdul & Agustina, leonie. 2010. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Dalman, H. 2013. Keterampilan Membaca. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.
Hidayat, Asep Ahmad. 2006. Filsafat Bahasa: Mengungkap Hakikat Bahasa Makna dan Tanda. Bandung: PT. Remaja Rosdakaria.
Hidayat, Asep Rahmat. 2016. Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas XII: Membedakan Fakta dan Opini pada Editorial Lengkap. Bandung.
Husnul, Ade. 2010. Berwawancara dengan Narasumber. Bogor: PT. Quadra Inti Solusi.
Husin dan Zahara, Eni Rita. 2018. Seri Pendalaman Materi (SPM): Bahasa Indonesia untuk SMK/MAK. Jakarta: Erlangga.
Kushartanti, Yuwono Untung & Lauder Multamia RMT. 2009. Pesona Bahasa: Langkah Awal Memahami Linguistik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Kuncoro, Mudrajad. 2009. Mahir Menulis: Kiat Jitu Menulis Artikel Opini, Kolom & Resensi Buku. Jakarta: Erlangga.
Moleong, Lexy. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rahmawati, Ami, Sugiyono dan Hadianti,Titin. 2020. Menjadi Penulis itu Asyik, lho: Bahasa Indonesia Paket C Setara SMA/MA Kelas XII. Jakarta: Direktor Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus.
Santhi,Meita Sandra. 2018. Editorial dan Artikel: Fakta dan Opini. Surakarta: PT. Aksarra Sinergi Media.
Sugiyono. 2012. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryaman, maman, Suherli, dan Istiqomah.2018. Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XII. Jakarta.Kemendikbud.
Tarigan, Henry Guntur.2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
Tarigan, H. G. 1987. Pengajaran Wacana. Bandung: angkasa.
Tampubolon. 2008. Kemampuan Membaca: Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa Bandung.
Pustaka Berupa Skripsi
Setyawati, Ammi. 2018. Analisis Fakta dan Opini dalam Artikel Majalah Sindo Serta Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Kelas XII pada Tahun 2018.(Online), (http://eprints.ums.ac.id/69434/12/Naskah%20publikasi.pdf, diakses 20 Maret 2021).
Siburian, Frisnawati. 2014. Pengaruh Pembelajaran Think and Share (Berpikir, Berpasangan, dan Berbagi) Terhadap Kemampuan Membedakan Fakta dan Opini Siswa Kelas XI SMA Negeri Sorkam Barat Tahun Pembelajaran 2013/2014.(Online), (https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/basastra/article/view/1462, diakses 18 Maret 2021).
Sumber dari Internet Berupa Artikel dari Jurnal
Fauziati, Emi.2018. Peningkatan Kemampuan Memproduksi Teks Opini/Editorial Melalui Penggunaan Strategi Think-Talk-Write (TTW) Dengan Model Project-Based-Learning Pada Peserta Didik Kelas XII Mipa 3 Semester 2 SMA Negeri 1 Paguyangan Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017, (Online), Vol.14, No.3, (https://jurnal.Poines.ac.id, diakses 20 juli 2021).