PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 TOMA TAHUN PEMBELALAJARAN 2020/2021
Abstract
Pembelajaran daring merupakan sistem pembelajaran yang dilakukan dalam jaringan yang terhubung melalui jejaring komputer, internet yang dilakukan dengan tidak bertatap muka langsung tetapi secara visual, yang dapat membantu proses belajar mengajar yang dilakukan meskipun jarak jauh. Pembelajaran daring berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.Prestasi belajar yang difokuskan dalam penelitian ini adalah prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 1 Toma Tahun Pembelajaran 2020/2021.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode statistik deskriptif.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Toma Tahun Pembelajaran 2020/2021, karena mengingat begitu banyaknya populasi maka peneliti menarik sampel penelitian sebanyak 62 orang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling.Instrumen dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket, wawancara dan dokumentasi berupa daftar nilai (rapor) semester ganjil.Teknik analisis data menggunakan deskripsi data, koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hasil pengujian pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran daring terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, dimana = 1,983> = 1,67065. Hal ini berarti ditolak dan diterima, artinya ada pengaruh antara pembelajaran daring terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dari hasil penelitian ini, peneliti menyarankan kepada peserta didikharus mampu belajar mandiri, sehingga pembelajaran daring akan mempermudah peserta didik dalam meraih prestasi belajar dengan baik.
References
Alwi, dkk. 2010. Tata Bahasa Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Presedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Azwar, Saifuddin. 2017. Pengantar Psikologi Intelegensi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Dimyati., & Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, S. Bahri. 2012. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Sagala, Syaiful. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Siregar, Eveline., & Nara, Hartini. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sumantri, dkk. 2020. Booklet Pembelajaran Daring. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI.
Sumarni, Sri. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Insan Madani.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi, 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Syah, Muhibbin. 2015. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rahmawati, Fitri. 2015. Panduan Wajib EYD (Ejaan yang Disempurnakan). Jakarta: E-prim.
Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta
Riyana, Cepi. 2020. Konsep Pembelajaran Online. Jakarta Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI.
Pustaka dari Internet berupa Artikel dari Jurnal
Ferazona., Sepita., & Suryanti. 2020. Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa pada Mata Kuliah Limnologi. Journal of Research and Education Chemistry (JERC), (Online), Vol 2, Nomor 2,. (http://journal.uir.ac.id/index.php/jrecdiakses 10 Maret 2021).
Handarini, Oktavia, Ika. 2020. Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), (Online), Volume 8, Nomor 3, (http://journal.unesa.ac.id/index.php/ipapdiakses 16 Maret 2021).
Jusmawati., Satriawati., & Sabillah. 2020. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Daring Terhadap Minat Belajar Mahasiswa PGSD UNIMERZ pada Mata Kuliah Pendidikan Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, (Online), Vol. 5, No. 1, (https://journal.unismuh.ac.id, diakses 10 Maret 2021)
Laia, B. (2019). Social Injustice In Stella Knightley’s Novel Girl Behind The Mask. Jurnal Education and Development, 7(4), 315-315.
Laia, B. (2019). Improving the Students’ Ability in Speaking by Using Debate Technique at the Tenth Grade of SMK Negeri 1 Aramo. Scope: Journal of English Language Teaching, 4(1), 1-9.
Laia, B. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70-70.
Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602-602.
Nugraha., Sudiatma., & Suswandari. 2020. Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian, (Online), Vol 1, No.3 (http://stp-mataram.e-journal.id diakses 10 Maret 2021)