PERWATAKAN TOKOH UTAMA DALAM KUMPULAN CERITA “SETENGAH PECAH SETENGAH UTUH”KARYA PARLINDUNGAN MARPAUNG
Abstract
Keunikan sistem penokohan dalam kumpulan cerita Setengah Pecah Setengah Utuh Karya Parlindungan marpaung melatarbelakangi penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mendeskripsikan perwatakan tokoh utama secara analitik dan secara dramatik dalam kumpulan cerpen Setengah Pecah Setengah Utuh karya Parlindungan Marpaung.Perwatakan adalah penggambaran suatu watak atau sifat tokoh yang menceritakan peristiwa-peristiwa atau kejadian-kejadian terhadap gambaran cerita.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskripsi. Sumber data dalam penelitian ini adalah data dari dokumen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data model Miles dan Huberman dengan melakukan langkah-langkah yaitu Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data) dan verification (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan terdapat empat perwatakan tokoh utama secara analitik yaitu setia, hebatdalam memimpin, berani, serta tegas dan adil. Terdapat tujuh Perwatakan tokoh utama secara dramatik yaitu berkomitmen, peduli/Pengertian, setia dan penurut, cerdas, berani, tegas, danrela berkorban. Kepada mahasiswa program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia untuk terus meningkatkan kemampuan dalam mengapresiasi cerpen sebagai salah satu bagian dari pengembangan karya sastra. Kepada guru/pendidik, untuk terus memberikan sumbangsih pemahaman dan pemikiran bagi pengembangan ilmu sastra, Kepada pembaca, untuk terus belajar menambahpengetahuandanwawasantentang sastra serta membagikan ilmu penegtahuan kepada masyarakat luas, Kepada peneliti lain untuk melakukan penelitian lanjutan.
References
Dalman. 2014. KeterampilanMenulis. Jakarta: Raja GrafindoPersada
Gunawan, Imam. 2013. MetodePenelitianKualitatif: TeoridanPraktik. Malang: BumiAksara.
Indrawati. 2009. BahasadanSastra Indonesia; untuk SMA/MA Program BahasaKelas XI. Jakarta: Depdiknas.
Marpaung, Parlindungan. 2012. ½ Pecah ½ Utuh. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono 2010.MetodePenelitianBisnis. Bandung: Alfabeta
Suhariyadi.2014. PengantarIlmuSastra; OrientasiPenelitianSastra.Lamongan: PustakaIlalang Group.
Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis. Bandung: Angkasa
SalimdanSyahrum. 2014.MetodologiPenelitianKualitatif: Medan: CiptaPustaka media.
PustakadariJurnal
Aisyah, Indri. 2019. TokohdanPenokohandalamTeksCeritaKaryaSiswaKelas IX SMP Negeri 21 Padang. JurnalPendidikanBahasadanSastra Indonesia.(Online)Vol.8,No.3.(http:/ejournal.unp.ac.id/index.php/pbs/article/107473selasa). .
Kocimaheni, Amira Agustin. 2018. PerwatakanTokohUtamaPriapada Kumpulan Cerita Alumni Unesa “Ndroro, SayaInginBicara” dalamPerspektifPengarangWanita.JurnalIlmiahBahasaSastradanPembelajarannya (Online)Vol.5,No.2.(http://journal.unesa.ac.id/index.php/ paramasastra/article/view/4083 selasa).
Laia, B. (2019). Social Injustice In Stella Knightley’s Novel Girl Behind The Mask. Jurnal Education and Development, 7(4), 315-315.
Laia, B. (2019). Improving the Students’ Ability in Speaking by Using Debate Technique at the Tenth Grade of SMK Negeri 1 Aramo. Scope: Journal of English Language Teaching, 4(1), 1-9.
Laia, B. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70-70.
Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602-602.
Milawasri, F. A. 2017. AnalisisKarakterTokohUtamadalamCeritaMendiangKarya S.N. Ratmana.JurnalBindoSastra. (Online)Vol.1,No.2. (https://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/bisastra/article/view/740.kamis).
Mundziroh, Siri, AndayanidanSaddhono. 2013. PeningkatanKemampuanMenulisCeritaPendekdenganMenggunakanMetodePicture and PicturepadaSiswaSekolahDasar.JurnalPenelitianBahasa, Sastra Indonesia danPengajarannya.(Online)Vol.2,No.1.(https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bhs_indonesia/article/view/2148.kamis).
Tim, STKIP. 2018. PanduanPenulisanSkripsi, RevisisebagaisuatuKetrampilanBerbahasaTelukdalam: Nias Selatan.
PustakadariSkripsi
Purwadi, Agus. 2016. PerwatakanTokohUtamadalam NovelKirtiNjunjungDrajatKarya R. Tg. Jasawidagda (SebuahTinjauanPsikologiSastra).Skripsitidakditerbitkan.Purworejo.