NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER YANG TERDAPAT DALAM BUKU FAMATÖ HARIMAO KARYA P. JOHANNES M. HAMMERLE, OFM. CAP.
Abstract
Nilai-nilai pendidikan karakter yang ditunjukan oleh tokoh masyarakat dalam buku Famatö Harimao karya P. Johannes M. Hammerle, OFM. Cap sengat jauh berbeda dengan nilai-nilai pendidikan karakter masyarakat khususnya di wilayah (öri) Maenamölö. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam buku “Famatö Harimao karya P. Johannes M. Hammerle, OFM. Cap”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu teknik dokumentasi. Peneliti adalah sebagai instrument utama yang mengumpulkan data penelitian. Sumber data penelitian ini, yakni buku Famatό Harimao karya Pastor Johannes M. Hammerle, OFM.Cap dengan identitas buku, yaitu Judul Buku: Famatό Harimao; Pengarang: Pastor Johannes M. Hammerle, OFM.Cap; Penerbit: Abidin Medan; Alamat: Telukdalam; Tahun Terbit: 1986; Jumlah Halaman: 281. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Temuan penelitian terdapat 4 nilai-nilai pendidikan karakter yang meliputi nilai religius terdiri dari enam, nilai kejujuran terdiri dari dua, nilai kedisplinan terdiri dari enam, dan nilai tanggung jawab terdiri dari tiga. Berdasarkan hasil dalam penelitian ini di sarankan kepada masyarakat Nias agar tidak hanya sekadar memahami dan mengetahui tentang nilai-nilai pendidikan karakter dalam buku Famatö Harimaokarya P. Johannes M. Hammerle. OFM. Cap, tetapi agar dapat dipedomani, dilestarikan sebagai atraksi budaya, dan dijadikan materi pembelajaran tentang pengenalan budaya Nias pada materi kesusastraan, salah satunya tentang cerita Famatö Harimao kepada siswa.
References
Halomoan, Asep Ahmad dan Nasution, Luthfi Maulana 2012 Mengembangkan an Mengintergrasikan Nilai-nilai Pendidikan Karakter ke dalam Dokumen 1dan 2 KTSP:Pnduan Bagi Sekolah Mandasah dan Guru Mata Pelajaran Medan: La-Tansa Press.
Hidayat, Asep Ahmad 2006 Filsafat Bahasa: Mengungkapkan Hakikat Bahasa, dan Tanda Bandung PT RemajaRosdakarya.
Hammerle, Johannes 1986 FamatÖ Harimao: Pesta Harimau-FondakÖ-BÖrÖnadu dan Kebudayaan Lainnya diwilayah MaenamÖlÖ-Nias Selatan Medan: Abidin.
Kosasi, E. 2011 Ketata Bahasaan dan Kesastraan Bahasa Indonesia. Bandung: Yrama Widya.
oleong, Lexy J 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E.h 2013. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta PT Bumi Askara Perpustakaan Nasional.
Nugraheni, Aninditya Sri 2012. Pengajaran Bahasa Indonesia Berbasis Karakter. Yogyakarta: Mentari Pustaka.
Priyanih, Endah Tri 2010. Membaca Sastra dengan Rancangan Literasi Kritis. Jakara: Bumi Aksara.
Sagala, Syaiful 2013. Etika dan Moralitas Pendidikan: Jakarta: Kencana Prenanda Media Group.
Samosir, Tiaroda 2013.ApresiasiPuisi Bandung: YramaWidia.
Sugiyono 2016. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Suyadi 2012. Menerapkan Karakter Pendidikan di Sekolah. Yogyakarta: Mentari Pustaka.
Wicaksono, Andi 2017. Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta Perpustakaan Nasional RK Katalog dalam Terbitan (KDT).
Zubaedi 2011. Desain Pendididkan Karakter, Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenanda Media Group.
Pustaka dari Internet Berupa Jurnal
Wijaya, Herman 2016 Nilai-nilai Pendidikan karakter dalam cerita rakyat sesak (pendekatan pragmatik) jurnal education, vol. 9 No 2.
Junaini, Esma 2017. Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Cerita Rakyat seluma. Jurnal Korpus. Volume 1. Nomor 1.
Laia, B. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70-70.
Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602-602.
Ziraluo, M., Fau, H. S., Simanullang, N. R., Laia, B., & Gaurifa, D. (2022). FILOSOFI DAN MAKNA OMO SEBUA (RUMAH ADAT BESAR) DI DESA BAWOMATALUO KECAMATAN FANAYAMA KABUPATEN NIAS SELATAN. Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 72-87.