ANALISIS MAKNA ORNAMEN PADA RUMAH ADAT DI DESA BAWOMATALUO KECAMATAN FANAYAMA KABUPATEN NIAS SELATAN
(KAJIAN SEMIOTIK)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi adanya ornamen-ornamen rumah adat Nias yang terdapat di dalam rumah adat (omo sebua). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna ornamen pada rumah adat di desa Bawomataluo Kecamatan Fanayama Kabupaten Nias Selatan dalam kajian semiotik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah rumah adat Bawomataluo. Hasil penelitain dapat menunjukkan bahwa di dalam rumah adat Bawomataluo terdapat ornamen yang memiliki makna dari ornamen tersebut yang terdiri dari: Ukiran mahkota raja, Tanduk Rusa, Meja batu dan kursi batu, Lompat batu, Ukiran buaya. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah 1) Disarankan kepada mahasiswa supaya melakukan penelitian lanjut baik tentang bidang yang telah dikaji maupun dibidang lain untuk mengembangkan ilmu tentang makna ornamen yang ada pada rumah adat 2) Adanya perhatian terhadap pelestarian ornamen pada rumah adat, agar ornamen yang ada pada rumah adat Bawomataluo tetap di lestarikan.
References
Ainia, Prihantini. 2015. Master Bahasa Indonesia.Yogyakarta: CV Bentang Pustaka.
Ambarini,AS, dkk. 2012. Semiotika teori dan aplikasi pada karya sastra. Semarang IKIP PGRI.
Amelia, fitri. dan Anggreani, Widyaruli, Astry. 2017. Semantik Konsep dan Contoh Analisis. Malang. Madani.
Br Sitepu, Nur Anisa. 2021. Analisis Semiotik Simbol Bangunan Rumah Adat Suku Pakpak Kabupaten Dairi. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Corry. 2021. Fenomena dan makna pembagunan tugu dalam kehidupan suku batak toba. Yayasan Kita Menulis
Darmawan Harefa, Murnihati Sarumaha, Kaminudin Telaumbanua, Tatema Telaumbanua, Baziduhu Laia, F. H. (2023). Relationship Student Learning Interest To The Learning Outcomes Of Natural Sciences. International Journal of Educational Research and Social Sciences (IJERSC), 4(2), 240–246. https://doi.org/https://doi.org/10.51601/ijersc.v4i2.614
Fau, A. D. (2022b). Kumpulan Berbagai Karya Ilmiah & Metode Penelitian Terbaik Dosen Di Perguruan Tinggi. CV. Mitra Cendekia Media.
Fau, Amaano., D. (2022). Teori Belajar dan Pembelajaran. CV. Mitra Cendekia Media.
Harefa, A., D. (2022). KUMPULAN STARTEGI & METODE PENULISAN ILMIAH TERBAIK DOSEN ILMU HUKUM DI PERGURUAN TINGGI.
Harefa, D. (2020b). Differences In Improving Student Physical Learning Outcomes Using Think Talk Write Learning Model With Time Token Learning Model. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Sains, 1(2), 35–40.
Harefa, D., Hulu, F. (2020). Demokrasi Pancasila di era kemajemukan. CV. Embrio Publisher,.
Harefa, D., Telambanua, K. (2020). Teori manajemen bimbingan dan konseling. CV. Embrio Publisher.
Harefa, D., Telaumbanua, T. (2020). Belajar Berpikir dan Bertindak Secara Praktis Dalam Dunia Pendidikan kajian untuk Akademis. CV. Insan Cendekia Mandiri.
Harefa, Darmawan., D. (2023c). Teori perencanaan pembelajaran. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/teori-perencanaan-pembelajaran-GO5ZY.html
Kosasih, E, H. 2010. Ketatabahasaan dan Kesustraan. Bandung; CV Yrama Widya.
Liliweri. 2021. Memehami Makna Kebudayaan dan Peradaban: Seri Pengantar studi Kebudayaan. Perpustakaan Nasional RI (KDT)
Martiman Suaizisiwa Sarumaha, D. (2023). Pendidikan karakter di era digital. CV. Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/pendidikan-karakter-di-era-digital-X4HB2.html
Martiman Suaizisiwa Sarumaha, D. (2023). Pendidikan karakter di era digital. CV. Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/pendidikan-karakter-di-era-digital-X4HB2.html
Ottu,D.I,Margarita. 2021. Leksikografi UAB METO Dialek Amatun Selatan. Penerbit ABE.
Radiawan,Made, dkk, 2022. Seni dan Ornamen Tradisi Bali.. anggota IKAPI No.181/JTE/2019
Ruastiti Made Ni dkk, 2021. Wayang Wong Milenial. Yogyakarta: Jejak Pusata.
Sarumaha, 2019. Teknologi Rumah Tradisional di Era baru dalam Paradigma Pendidikan. Nias Selatan: STKIP
Sarumaha, M. D. (2022). Catatan Berbagai Metode & Pengalaman Mengajar Dosen di Perguruan Tinggi. Lutfi Gilang. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=8WkwxCwAAAAJ&authuser=1&citation_for_view=8WkwxCwAAAAJ:-f6ydRqryjwC
Sarumaha, M. D. (2022). Catatan Berbagai Metode & Pengalaman Mengajar Dosen di Perguruan Tinggi. Lutfi Gilang. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=8WkwxCwAAAAJ&authuser=1&citation_for_view=8WkwxCwAAAAJ:-f6ydRqryjwC
Sarumaha, Martiman S., D. (2023). Model-model pembelajaran. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/modelmodel-pembelajaran-0BM3W.html
Sarumaha, Martiman S., D. (2023). Model-model pembelajaran. CV Jejak. https://tokobukujejak.com/detail/modelmodel-pembelajaran-0BM3W.html
Slamet, Achmad. 2016. Metode Studi Islam. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Sriyana. 2020. Perubahan Sosial Budaya. Literasi Nusantara.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.
Surhadi, 2015. Dasar-dasar Ilmu Semantik . AR Ruzz Media.
Waruwu, Dermawan. 2018. Bawomataluo Destinasi Wisata Nias Pulau Impian. Yogyakarta. Deepublish.
Yasir, 2020. Pengantar Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: CV Budi Utama.