PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMA SWASTA KAMPUS TELUKDALAM KELAS XI MIA-B

  • Arliman Gari Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMA Swasta Kampus Telukdalam, Indonesia
Keywords: Discussion methods; learning outcomes; international relations

Abstract

This study is motivated by low student learning outcomes. This study aims to determine the improvement of student learning outcomes through the application of learning methods discussion on subjects PPKn Class XI MIA-B Private High School campus Telukdalam. The research method used is a qualitative research method with the type of research is Class Action Research (PTK). The subjects of this study were students of Class XI MIA-B Private High School Kampus Teluk dalam Tahun Pelajaran 2021/2022. Research object class XI MIA-B with the number of 23 people. The findings of the study using the learning method of discussion showed that the results of processing the value of learning outcomes in the first cycle obtained by 56.52% while the processing of the value of learning outcomes in the second cycle of 86.95%. It can be concluded that the discussion learning method is an effective learning method to improve student learning outcomes. Because the discussion learning method makes students more active in the teaching and learning process. Suggestions offered by researchers, discussion learning methods should be used as an alternative in learning because it can improve student learning outcomes more actively and effectively.

References

Aqib, Zainal., Chotibuddin. 2018. Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Deepublish CV Budi Utama

Arikunto., Suhardjono., Supardi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara

Dimyati, Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta

Fathoni, Abdurrahmat. 2011. Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta : PT Rineka Cipta

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : CV Pustaka Setia

Hayati, Sri. 2016. Belajar & Pembelajaran Berbasis Coopertive Learning. Magelang : GRAHA CENDEKIA

Harefa, D., Hulu, F. (2020). Demokrasi Pancasila di era kemajemukan. CV. Embrio Publisher,.

Harefa, D., Telambanua, K. (2020). Teori manajemen bimbingan dan konseling. CV. Embrio Publisher.

Harefa, D., Telaumbanua, T. (2020). Belajar Berpikir dan Bertindak Secara Praktis Dalam Dunia Pendidikan kajian untuk Akademis. CV. Insan Cendekia Mandiri.

Harefa, D., D. (2020). Teori Model Pembelajaran Bahasa Inggris dalam Sains. CV. Insan Cendekia Mandiri.

Harefa, D. (2020a). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Pembelajaran Kooperatif Make A Match Pada Aplikasi Jarak Dan Perpindahan. GEOGRAPHY : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/geography.v8i1.2253

Harefa, D. (2020b). Teori Ilmu Kealaman Dasar Kajian Untuk Mahasiswa Pendidikan Guru dan Akademis. Penerbit Deepublish. Cv Budi Utama.

Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Kencana.

Khairun, zNisya. 2019. PTK Jadikan Guru Profesional. Guepedia.

Komara, Endang. 2014. Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung : PT Refika Aditama.

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pembangun Profesi. Jakarta : RAJA GRAFINDO

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2012. Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanto. 2017. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : PUSTAKA BELAJAR

Rahmat, Saeful, Pupu. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Surabaya : Scopindo Media Pustaka

Sadirman. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sagala, Syaiful. 2014. Konsep dan Makna Pembelajaran: Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta : KENCANA.

Silberman. 2014. Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Jakarta: Nuansa Cendekia.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta : PT Rineka Cipta

Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Sujarweni,V. Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian, Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.

Sumiati. Asra. 2011. Metode Pembelajaran. Bandung : CV Wacana Prima.

Suprihatiningsi. 2016. Perspektif Manajemen Pembelajaran Program Ketrampilan. Yogyakarta : Deepublish CV Budi Utama

Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta : PT Rineka Cipta

Telaumbanua, M., Harefa, D. (2020). Teori Etika Bisnis dan Profesi Kajian bagi Mahasiswa & Guru. Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM) Banten.

Published
2023-03-09