PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCURSUS MULTY REPRECENTACY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADAMATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS XI SMK BNKP DARO-DARO BALAEKHA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021

  • Ozianus Laia
  • Sesuaikan Sarumaha
  • Hemat Zagoto
Keywords: Discursus Multy Reprecentacy; hasil belajar; materi pembelajaran

Abstract

Model pembelajaran dapat mempermudah guru untuk berinovasi dalam menyampaikanmateri pelajaran, karena siswa mudah menerima dan menyerap pembelajaran yang disampaikan oleh guru.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan melalui penerapan model pembelajaran Discursus Multy Reprecentacydi kelas XI SMK BNKP Daro-Daro Balaekha Tahun Pembelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas.Subjek penelitian adalah siswa kelas XI yang berjumlah 33 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I sebesar 66,66% dan siklus II meningkat menjadi 100%. Peningkatan rata-rata persentase ketuntasan hasil belajar telah mencapai kriteria keberhasilan tindakan ≥75%.Kesimpulan penelitian adalah dengan penerapanmodel pembelajaran Discursus Multy Reprecentacydapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas XI TKJ SMK BNKP Daro-Daro Balaekha.Peneliti memberikan beberapa saran, yaitu 1) Hendaknya dalam pembelajaran guru menerapkan model pembelajaran Discursus Multy Reprecentacy dalam proses pembelajaran di kelas khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 2) Hendaknya dalam pembelajaran guru harus memperhatikan keaktifan siswa dalam belajar sehingga mampu mengikuti pembelajaran dengan baik.

References

Amri, Sofyan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Arikunto Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: CV. Yrama Widya.

Iskandar. 2009. PsikologiPendidikan Sebuah Orientasi Baru. Medan: Gaung Persada.

Isjoni. 2014. Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Istarani dan Pulungan. 2017. Ensiklopedi Pendidikan. Medan: CV. Iscom.

Jihad dan Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Kunandar.2012. Langkah Mudah Penelitian Tidakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreatifitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Nurgiyantoro, B. 2013.Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: PT. BPFE.

Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Suhana, Cucu. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Sukidin, Basrowi, dan Suranto. 2010. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Insan Cendekia.

Suprijono. 2010. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto.2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Sumber dari Jurnal

Laia, B. (2019). Social Injustice In Stella Knightley’s Novel Girl Behind The Mask. Jurnal Education and Development, 7(4), 315-315.

Laia, B. (2019). Improving the Students’ Ability in Speaking by Using Debate Technique at the Tenth Grade of SMK Negeri 1 Aramo. Scope: Journal of English Language Teaching, 4(1), 1-9.

Laia, B. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70-70.

Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602-602

Tristiyanti Tiagita dan Afriansyah Ekasatya Aldila. 2016. KemampuanPemecahanMasalahBelajarSiswaMelaluiModelPembelajaran KooperatifTipeDiskursusMulti RepresentasidanReciprocalLearning(StudiPenelitiandiMTs.MathlaulUlumGarut). Jurnal Silogisme:Kajian IlmudanPembelajarannya. (Online) Vol. 1, No.2.http://journal.umpo.ac.id/index.php/silogisme/article/view/269/255. (diakses bulan Januari 2021).

Rukiyah Siti,Widiyastuti Rany, danThahir Andi. 2020. PembelajaranDiskursusMultiRepresentasi(DMR) denganSparkolVideoscribe untukMeningkatkanKemampuan RepresentasiMatematis Jurnal PendidikanSains&Matematika,Vol.8No.2 (Online) https://e journal.iain palangkaraya.ac.id. (diakses bulan Januari 2021).

Published
2022-12-14