PEMANFAATAN GOOGLE SLIDE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PPKN

  • Rakhyan Risnu Sasongko
Keywords: Model pembelajaran PBL; pemanfaatan google slid; pembelajaran PPKn

Abstract

Permasalahan pembelajaran PPKn pada peserta didik kelas IX SMP IT Baitussalam Prambanan Tahun Ajaran 2022/2023 yakni 1) pemanfaatan media pembelajaran yang belum optimal, 2) pembelajaran monoton dengan ceramah dan penggunaan LKPD, 3) peserta didik yang belum memiliki keaktifan yang merata, 4) dan pemanfaatan ICT yang baru sebatas penggunaan media power point sebagai alat presentasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PPKn dengan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan pemanfaatan google slide, baik dari sisi aktivitas belajar peserta didik, secara afektif dan psikomotor, serta meningkatkan hasil belajar peserta didik.Desain penelitian ini yaiti penelitian tindakan kelas (PTK). Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kualitas pembelajaran dan keberhasilan guru dalam menerapakan model pembelajaran PBL dengan pemanfaatan google slide.Hasil penelitian dari dua siklus yang dilakukan menunjukkan peningkatan dan keberhasilan guru dalam melakukan pembelajaran dengan pemanfaatan google slide terlihat skor keberhasilan siklus I mencapai 93% dan 100 % pada siklus II. Aktivitas belajar peserta didik meningkat dari 77% pada siklus I dan 86%pada siklus II. Karena pembelajaran PPKn dengan model pembelajaran PBL dan pemanfaatan google slide dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang aktif dan hasil belajar yang baik, maka diharapkan guru dapat menggunakan model pembelajaran PBL dengan pemanfaatan google slide pada mata pelajaran PPKn. Sehingga kualitas pembelajaran PPKn menjadi lebih bermakna dan guru dapat lebih sering dalam berinovasi dengan berbagai metode yang dapat membuat pembelajaran PPKn menjadi menyenangkan.

References

Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika, 3(1), 123-133.

Azhariadi, dkk., 2019. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Daerah Terpencil. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 03 Mei 2019.

Benaziria, B. (2018). Pengembangkan Literasi Digital pada Warga Negara Muda dalam Pembelajaran PPKn melalui Model VCT. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 11-20.

Chaidar Husain. 2014. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan Volume 2, Nomor 2, Juli 2014; 184-192.

Dewi, C. K. (2018). Pengembangan alat evaluasi menggunakan Aplikasi Kahoot pada pembelajaran Matematika Kelas X (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

F. Fakhriyah. 2014. Penerapan Problem Based Learning dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia3 (1) (2014) 95-101.

Fakhriah, L., Pramadi, R. A., & Listiawati, M. (2022). Pengembangan media interaktif berbasis Google Slide berbantu aplikasi Pear Deck pada materi sistem pertahanan tubuh. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 15-21.

Glan, Sally. 2017. Problem-based Learning in Nursing: A New Model for a New Context. London: Bloomsbury Publishing.

Huda, I. A. (2020). Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) terhadap kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 2(1), 121-125.

Ibnu Aji Setyawan. 2020. Model Pembelajaran PBL : Pengertian Ciri-ciri Kelebihan Kekurangan dan Langkah Lengkapnya. Sumber: https://gurudigital.id/model-pembelajaran-pbl-pengertian-ciri-ciri-kelebihan-kekurangan-langkah/#Model_Pembelajaran_PBL_Problem_Based_Learning_adalah. DIakses 11 April 2022 pukul 22.33

Lidinillah, D. A. M. 2013. Pembelajaran berbasis masalah (problem based learning). Sumber: Jurnal Pendidikan Inovatif, 5 (1), 17.

Muchlisin Riadi. 2017. Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Sumber: https://www.kajianpustaka.com/2017/08/model-pembelajaran-problem-based-learning.html. diakses tanggal 11 April 2022.

Nursamsu, N., & Kusnafizal, T. (2017). Pemanfaatan media pembelajaran ICT sebagai kegiatan pembelajaran siswa di SMP Negeri Aceh Tamiang. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 1(2), 165-170.

Ruangguru. 2017. Metode Pembelajaran Problem Based Learning dapat Tingkatkan Keaktifan Siswa. Sumber: https://www.ruangguru.com/blog/tingkatkan-keaktifan-siswa-dengan-metode-pembelajaran-problem-based-learning. Diakses 12 April 2022 pukul 08.04

Sari, A. O., Kusuma, G. C., & Anggraini, D. (2019). Google Slide Dan Quizizz Dalam Pengembangan Buku Ajar Elektronik Interaktif (Baei) Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 9(2)

Sawitri, E., Astiti, M. S., & Fitriani, Y. (2019, July). Hambatan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Suriansyah, A. (2017). Pengembangan Pembelajaran Berbasis TIK (Proses Dan Permasalahannya). Paradigma, 10(2).

Trisiana, A. (2020). Penguatan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan melalui digitalisasi media pembelajaran. Jurnal pendidikan kewarganegaraan, 10(2), 31-41.

Published
2022-12-14