PERAN KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SMA NEGERI 2 TOMA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

  • Efaluas Finowa’a
  • Fowa’a Duha
Keywords: Kepala sekolah; profesionalisme; guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah dalammeningkatkanprofesionalismegurudiSMA Negeri 2 Toma Kecamatan Toma Kabupaten Nias Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakanteknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasidengan menitik beratkan sumber data informan : Kepala sekolah, Wakil KepalaSekolah, Staf Tata Usaha dan Guru untuk mengokohkan keabsahan data yang diperoleh. Dari hasil penelitian ini mengungkapkan dua temuan yaitu: (1) untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam meningkatkan profesioanalisme gurudi SMA Negeri 2 Toma Kecamatan Toma Kabupaten Nias Selatan, (2) untuk mengetahui langkah-langkah kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMA Negeri 2 Toma Kecamatan Toma Kabupaten Nias Selatan. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan upaya kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru, (1) kepala sekolah mengadakan pelatihan (Diklat), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan (2) mengikut sertakan para guru dalam upaya mendorong dan menghimbau Bapak dan Ibu guru untuk mengikuti berbagai pelatihan dan seminar dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMA Negeri 2 Toma Kecamatan Toma Kabupaten Nias Selatan.

References

Aqib, Zainal. 2010. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia.

Basrowi & Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Dakhi, Agustin sukses. 2020. Kiat Sukses Meningkatkan Disiplin Siswa, Yogyakarta: Deepublish.

Emzir, 2012. Analisis Data: Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Fathoni, Abdurrahmat. 2011. Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta.

Hadiyanto, 2004. Mencari Sosok Desentralisasi Manajemen Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Kunandar, 2011. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Moleong, Lexy J. 2016. Metedologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, 2007. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Saudagar, Fachruddin dan Ali Idrus. 2009. Pengembangan Profesionalitas Guru. Jakarta: Gaung Persada (GP Pres).

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta,cv.

Sujarweni, Wiratna. 2014. Metedologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Barupress.

Sukardi, 2008. Metedologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Supardi, 2013. Sekolah Efektif: Konsep Dasar & Praktiknya. Jakarta: Rajawali Pers.

Wahjosumidjo, 2010. Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Sumber dari Dokumen

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005. tentang Guru dan Dosen 2005. Jakarta.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2007. Tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah 2007. Jakarta.

Sumber dari Artikel

Inayati Latifatul Nurul, 2014. Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di SMP Muhammadiyah 3 Kaliwungu dan SMP Muhammadiyah 6 Kendal.(diakses 14 Januari 2021).

Fahmi Zohanda Muhammad, 2017. Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme guru Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Stabat.(diakses 14 Januari 2021).

Laia, B. (2019). Social Injustice In Stella Knightley’s Novel Girl Behind The Mask. Jurnal Education and Development, 7(4), 315-315.

Laia, B. (2019). Improving the Students’ Ability in Speaking by Using Debate Technique at the Tenth Grade of SMK Negeri 1 Aramo. Scope: Journal of English Language Teaching, 4(1), 1-9.

Laia, B. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70-70.

Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602-602

Published
2021-09-25