PERANAN ORANG TUA DALAM MEMBINA SIKAP (ATTITUDE) ANAK DI DESA HILIGITO KECAMATAN FANAYAMA TAHUN 2020
Abstract
Peranan orangtua merupakan kerjasama kedua orangtua (ayah dan ibu) berpengaruh besar didalam mendidik dan mendisplinkan anak. Peranan orangtua berusaha agar setiap anaknya mempunyai sikap yang baik, kecerdasan yang tinggi, serta keterampilan yang bermanfaat bagi semua orang.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan orangtua dalam membina sikap anak yang buruk khususnya di Desa Hiligito Kecamatan Fanayama.Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Desa Hiligito Kecamatan Fanayama Kabupaten Nias Selatan.Jenis penelitian menggunakan dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi.Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu (1) observasi; (2) interview; dan (3) dokumentas.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) sikap (Attitude) anak di Desa Hiligito Kecamatan Fanayama kurang baik karena memiliki berbagai faktor yang dapat mempengaruhinya yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal merupakan sikap anak yang muncul dari dirinya sendiri tanpa pengaruh dari luar atau orang lain. Sedangkan faktor eksternalnya merupakan faktor yang mempengaruhi sikap anak dari luar dirinya; (2) Peranan orangtua dalam membina sikap anak di Desa Hiligito Kecamatan Fanayama terdiri dari dua bentuk yaitu, secara represif dan preventif. Pembinaan dalam bentuk represif yaitu tindakan yang dilakukan orangtua terhadap anaknya dalam mendidik anaknya kearah yang lebih baik. Sedangkan pembinaan dalam bentuk preventif yaitu pencegahan anak agar tidak terjerumus dalam perbuatan-perbuatan yang buruk. Beberapa saran yang diajukan peneliti yaitu (1) hendaknya orangtua melaksanakan fungsi dan peranannya yang sesungguhnya terhadap anaknya, agar anaknya memiliki karakter dan bermoral; (2) hendaknya setiap kalangan diri anak desa itu dibekali, dibimbing dan diarahkan, agar setiap anak desa memiliki pola pikir yang baik serta bertoleransi.
References
Basrowi dan Suwandi.2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
Emzir.2012. MetodologiPenelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: PT Rajawali Pers
Fathoni, Abdurrahmat.2011. Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
Gichara, Jenny. 2006. Mengatasi Perilaku Buruk Anak. Jakarta: PT Kawasan Pustaka.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian, Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: PUSTAKA BARU PRESS.
Tatang. 2015. Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah. Bandung: CV PUSTAKA SETIA.
Tohirin, 2013.Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling: Pendekatan Praktis untuk Peneliti Pemula dan Dilengkapi Dengan Contoh Transkrip Hasil Wawancara Serta Model Penyajian Data. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sumber dari Artikel dalam Jurnal
Adha, I. A. N. dan Virianita Ratri. 2010. Sikap dan Intensi Pemanfaatan Internet Dalam Kegiatan Bisnis. Jurnal Transdisiplin Sosiologi, Komunikasi, dan Ekologi Manusia, (Online), Vol 4, No 3 (https: diakses 9 Maret 2021)
Hendriani,Susi dan Nulhaqim, Soni, A. 2008 Pengaruh. Pelatihan dan Pembinaan Dalam Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Mitra Binaan PT. (Persero) Pelabuhan Indonesia I Cabang Dumai, Pengaruh Pelatihan dan Pembinaan (Susi Hendriani & Soni A. Nulhaqim), (Online), Vol 10, No. 2, ( Juli 2020)
Laia, B. (2019). Social Injustice In Stella Knightley’s Novel Girl Behind The Mask. Jurnal Education and Development, 7(4), 315-315.
Laia, B. (2019). Improving the Students’ Ability in Speaking by Using Debate Technique at the Tenth Grade of SMK Negeri 1 Aramo. Scope: Journal of English Language Teaching, 4(1), 1-9.
Laia, B. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70-70.
Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602-602
Musa, Nurhaidah M. I. 2015. Dampak Pengaruh Globalisasi Bagi Kehidupan Bangsa Indonesia, Jurnal Pesona Dasar, (Online) Vol. 3, No3 ((https: diakses 2020)
Mumtahanah, Nurotun. 2015. Upaya Penanggulangi Kenakalan Remaja Secara Preventif, Represif, Kuratif dan Rehabilitas. Jurnal Studi Keislaman, (Online), Vol 5, No 2 (https:// core.ac.uk. diakses 7 Juli 2021)
Novrinda., Kurniah, N., dan Yulidesni. 2017. Peranan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan. Jurnal Potensia, PG-PAUD FKIP UNIB, (Online), Vol2, No 1 (https: diakses 23 Juni 2020)
Wahib, Abdul. 2015. Konsep Orang Tua Dalam Membangun Kepribadian Anak.Jurnal Pradigma, (Online), Vol2, No 1 (https: diakses 23 Juni 2020)
Sumber dari Skripsi, Tesis dan Disertasi
Maifani, Felia. 2016. Peranan Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak Sejak Dini di Desa Lampoh Tarom Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar. Skripsi.Tidak diterbitkan.
Setiana, Mentari. Angeline. 2017. Faktor Internal dan Eksternal yang Mempengaruhi Motivasi Peserta Mengikuti Pelatihan Memasak di LKP IONS Yogyakarta.Skripsi.Tidak diterbitkan.
Tetik, A. K. 2016. Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter di Kelas II SDN Beringin 02 Semarang.Skripsi.Tidak diterbitkan.