PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASIALA DAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS VIII SMP NEGERI3 MANIAMOLOTAHUNPELAJARAN 2020/2021

  • Herman Zagoto
  • Sitasi Zagoto
  • Eka Periaman Zai
Keywords: Model Penerapan Flipped Classroom; Hasil BelajarSiswa; PKn

Abstract

Pendidikan pada dasarnya merupakan proses untuk membantu manusia dalam mengembangkan potensi dirinya sehingga mampu menghadapi perubahan yang terjadi. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana penerapan model pembelajaran Flipped Classroom dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas VIII SMP Negeri 3 Maniamolo TahunPelajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri 4 tahap yakni Perencanaan, Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Tujuan peneliti untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Instrumen yang digunakanya itu tes hasil belajar, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran Flipped Classroom. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil belajar siswa pada siklus kedua dikategorikan meningkat. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Flipped Classroom meningkatkan hasil belajar siswa melalui kemampuan daya kritis siswa memahami materi yang telah disampaikan. Peneliti menyarankan hendaknya guru mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan mampu mendorong keinginan siswa dalam membuat hubungan antara materi yang diterimanya dengan dunia nyata.

References

Arikunto, Suharsimi. Suhardjono & Supardi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. BumiAksara.

Asrori, Mohammad. 2012. PenelitianTindakanKelas. Bandung: CV Wacana Prima.

Hayati, Sri. 2016. Belajar&PembelajaranBerbasis Cooperative Learning. Magelang: Graha Cendekia.

Helmiati. 2012. Model Pembelajaran.Yogyakarta: AswajaPressindo.

Hudojo, Herman. 2005. PengembanganKurikulumdanPembelajaranMatematika. Malang: Universitas Negeri Malang (UM-PRESS).

Neolaka, Amos danNeolaka, Grace A.A. 2017.LandasanPendidikanDasarPengenalanDiriSendiriMenujuPerubahanHidup. Depok: PT Kharisma Putra Utama.

Sudarmanto, Eko, dkk. 2021. Model Pembelajaran Era Society 5.0. Cirebon: Insania.

Sanjaya, Wina. 2013. StrategiPembelajaranBerorientasiStandar Proses Pendidikan. Jakarta: KencanaPrenadamedia.

Sanjaya, Wina. 2016. KurikulumdanPembelajaran. Jakarta: KencanaPrenada Media.

Sudijono, Anas. 2008. StatistikPendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo. Persada

Sudjana, Nana. 2009. PenilaianHasil Proses BelajarMengajar. Bandung: PT. RemajaRosdakarya.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model PembelajaranInovatifdalamKurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. StrategiPembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Laia, B. (2019). Social Injustice In Stella Knightley’s Novel Girl Behind The Mask. Jurnal Education and Development, 7(4), 315-315.

Laia, B. (2019). Improving the Students’ Ability in Speaking by Using Debate Technique at the Tenth Grade of SMK Negeri 1 Aramo. Scope: Journal of English Language Teaching, 4(1), 1-9.

Laia, B. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70-70.

Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602-602

Published
2022-12-10