ANALISIS MOTIVASI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN MEMANFAATKAN PERPUSTAKAAN STKIP NIAS SELATAN
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh motivasi mahasiswa Program Studi PPKn memanfaatkan perpustakaan Universitas Nias Raya. Berkembangnya atau mundurnya suatu perpustakaan kampus sangat di tentukan oleh motivasi mahasiswa dalam memanfaatkan perpustakaan dan juga pelayanan yang diberikan. Kurangnya motivasimahasiswaProgram Studi PPKn Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikandalammemanfaatkan koleksi perpustakaan yang ada, padahal di perpustakaan telah tersedia refensi sesuai dengan jurusan masing-masing, bahkan bukan refensi mengenai jurusan tersebut saja yang ada, bahkan refensi koleksi umum dan yang lainnya juga tersedia didalam perpustakaan dan mahasiswa yang berkunjung diperpustakaan tersebut kurang dan ketika ada mahasiswa yang berkunjung sebagian besar dari mahasiswa semester akhir dan rata-rata dari mereka hanya memanfaatkan koleksikhusus(skripsi) saja. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di perpustakaan Universitas Nias Raya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan motivasi mahasiswa prodi PPKn memanfaatkan perpustakaan Universitas Nias Raya. Maka dapat disimpulkan bahwa mahasiswa prodi PPKn memanfaatkan perpustakaan kampus Universitas Nias Raya sebagai sumber belajar. Saran yang ditawarkan peneliti, hendaknya penambahan koleksi buku-buku yang dapat menunjang prestasi dan keterampilan belajar mahasiswa semakin ditingkatkan lagi.
References
Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta. Insan Madani.
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Harapan, Edi. 2014. Komunikasi Antar Pribadi. Jakarta: Rajawali Pers.
Sagala, Syaiful. 2006. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung. Alfabeta.
Sardiman. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sumiati. 2012. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Sutarno. 2016. Manajemen Perpustakaan Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Sumber dari Artikel:
Laia, B. (2019). Social Injustice In Stella Knightley’s Novel Girl Behind The Mask. Jurnal Education and Development, 7(4), 315-315.
Laia, B. (2019). Improving the Students’ Ability in Speaking by Using Debate Technique at the Tenth Grade of SMK Negeri 1 Aramo. Scope: Journal of English Language Teaching, 4(1), 1-9.
Laia, B. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70-70.
Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602-602.
Wiyarsih, 2014.Motivasi Mahasiswa Memanfaatkan FasilitasPerpustakaan Fakultas (Studi Komparatif Antara Mahasiswa di Fakultas Eksata dan Non Eksata).Jurnal Ilmu Pengetahuan.(Online), Jilid 2, No. 4 (http://www.jurnal.ilmu.pendidikan.ac.id, diakses 20 September 2021).
Fahdin, 2017. Peranan Pustakawan Dalam Memotivasi Mahasiswa Untuk Mendayagunakan Perpustakaan STKIP Bima.Jurnal Ilmu Pendidikan. (Online), Jilid 2, No. 4 (http://www.jurnal.ilmu.pendidikan.ac.id, diakses 23 Oktober 2021).