PERAN GURU PPKn TERHADAP PEMBENTUKAN PERILAKU PESERTA DIDIK SESUAI NILAI-NILAI PANCASILA DI SMA NEGERI 1 AMANDRAYA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya perilaku peserta didik yang tidak sesuai nilai-nilai Pancasila di SMA Negeri 1 Amandraya. Untuk menyikapi hal tersebut, peneliti melakukan penelitian mengenai peran guru PPKn terhadap pembentukan perilaku peserta didik sesuai nilai-nilai Pancasila di SMA Negeri 1 Amandraya. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran guru PPKn terhadap pembentukan perilaku peserta didik sesuai nilai-nilai Pancasila di SMA Negeri 1 Amandraya; (2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan pembentukan perilaku peserta didik sesuai nilai-nilai Pancasila di SMA Negeri 1 Amandraya. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian adalah metode deskriptif dan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara: (1) Observasi; (2) Wawancara; dan (3) Studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan: (1) Reduksi data; (2) Penyajian data; dan (3) Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengenai peran guru PPKn terhadap pembentukan perilaku peserta didik sesuai nilai-nilai Pancasila di SMA Negeri 1 Amandraya, yaitu peran guru sebagai pengajar, pembimbing, teladan, dan motivator sudah terlaksana dengan baik dan pembentukan perilaku peserta didik sesuai nilai-nilai Pancasila, yaitu dengan melakukan kebiasaan baik dan memberi contoh kepada peserta didik. Peneliti menyarankan hendaknya guru dalam menjalankan peran terhadap pembentukan perilaku peserta didik sesuai nilai-nilai Pancasila terus ditingkatkan dan diajarkan, agar peserta didik menjadi generasi bangsa yang cerdas dan bermoral.
References
Adisusilo, Sutarjo, J.R. 2014. Pembelajaran Nilai Karakter (Konstruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif). Jakarta: Rajawali Pers.
Affandi, Hernadi. 2020. Pancasila Eksistensi dan Aktualisasi. Yogyakarta: ANDI OFFSET.
Albi, A. & Johan, S. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.
Basrowi, & Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Danim, Sudarwan. 2011. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.
Daryono, M. dkk. 2011. Pengantar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful, Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoretis Psikologis. Jakarta: Rineka cipta.
Fahmi, Irham. 2013. Perilaku Organisasi Teori, Aplikasi, dan Kasus. Bandung: Alfabeta.
Fathoni, Abdurrahmat. 2011. Metodologi Penelitian Teknik &Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta.
Herimanto, & Winarno. 2012. Ilmu Sosial & Budaya Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Imron, Ali. 2012. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Iqrom, Pahrizal. 2013. Reformasi Birokrasi di Nusantara. Malang: Elektronik Pertama dan Terbesar di Indonesia.
Moleong, Lexy J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Ndraha, Taliziduhu. 2010. Budaya Organisasi. Jakarta: Rineka Cipta.
Ratnawilis. 2019. Administrasi Kelas Bagi Guru Taman Kanak-Kanak (TK). Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Safitri, Dewi. 2019. Menjadi Guru Profesional. Riau: PT. Indragiri Dot Com.
Siti, M. & Muhammad, A. 2020. Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran: Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19. Banten: 3M Media Karya Serang
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. ALFABETA, cv.
__________ 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. ALFABETA, cv.
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Supardi. 2013. Sekolah Efektif Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: Rajawali Pers.
Suparlan. 2006. Guru Sebagai Profesi. Yokyakarta: Hikayat Publishing.
Susilawati, Dewi. 2020. Konseling Inisiasi Menyusu Dini Untuk Ibu Hamil. Bandung: CV. MEDIA SAINS INDONESIA.
Syarbaini, Syahrial. 2012. Pendidikan Pancasila (Implementasi Nilai-Nilai Karakter Bangsa) di Perguruan Tinggi. Bogor: Ghalia Indonesia.
Tangkilisan, Hessel Nogi, S. 2007. Manajemen Publik. Jakarta: PT Grasindo.
Walgito, Bimo. 2003. Psikologi Sosial (Suatu Pengantar). Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Zai, Eka Periaman. 2020. Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara. Jawa Tengah: Aksara.
Sumber dari Dokumen
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Sumber dari Skripsi
Basir, Hendrik. 2018. Peran Guru PPKn Dalam Membentuk Perilaku Siswa di SMK Negeri 3 Gorontalo. Gorontalo: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo.
Mutmainah, Dewi. 2018. Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Membentuk Sikap dan Kepribadian Siswa di Madrasah Aliyah (MA) Al Raisyah Sekarbela. Mataram: FKIP UMMat.
Nureni. 2020. Peran Guru PPKn Terhadap Pembentukan Perilaku Berlandaskan Nilai-Nilai Pancasila Pada Peserta Didik di SMP PGRI Sungguminasi. Makassar: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah.
Sumber dari Jurnal
Laia, B. (2019). Social Injustice In Stella Knightley’s Novel Girl Behind The Mask. Jurnal Education and Development, 7(4), 315-315.
Laia, B. (2019). Improving the Students’ Ability in Speaking by Using Debate Technique at the Tenth Grade of SMK Negeri 1 Aramo. Scope: Journal of English Language Teaching, 4(1), 1-9.
Laia, B. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70-70.
Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602-602
Satria, Irwan. 2017. Model Pembelajaran Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Pada Pelajaran Kewarganegaraan Melalui Pendekatan Contectual Teaching and Learning. NUANSA (Online), Vol. X, No. 2 (https://www.researchgate.net/publication/335993577)