PERILAKU REMAJA DALAM MENGKONSUMSI MINUMAN KERAS DI DESA HILINDRASORAYA KECAMATAN TOMA KABUPATEN NIAS SELATAN TAHUN 2021
Abstract
Perilaku mengkonsumsi minuman keras dikalangan remaja di Desa Hilindrasoraya, berawal dari kebiasaan para remaja berkumpul mengkonsumsiminuman keras untuk menghangatkan badan. Kebiasaan remaja sering berkumpul bersama sambil mengkonsumsi minuman keras, menyebabkan remaja menjadi terpengaruhdanikut-ikutanmengkonsumsiminumankeras.Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui perilaku remaja dalam mengkonsumsi minuman keras di desa Hilindrasoraya Kecamatan Toma. 2) untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya perilaku remaja dalam mengkonsumsi minuman keras di desa Hilindrasoraya Kecamatan Toma.Metodeyangdigunakandalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, Informan dalam penelitian ini adalah remaja desa setempat yang mengkonsumsi minuman keras, aparat desa setempat dan dari kalangan orangtua. Dari hasil penelitian, perilaku remaja dalam mengkonsumsi minuman keras di desa Hilindrasoraya semakin meresahkan orang tua dan bahkan masyarakat. Perilaku remaja ini tentu bisa berbahaya bagi pemakainya karena dapat mempengaruhi pikiran, suasana hati dan perilaku, serta menyebabkan kerusakan fungsi-fungsi organ tubuh. Efek yang ditimbulkan adalah memberikan rangsangan, menenangkan, menghilangkan rasa sakit, membius, serta membuat gembira. Faktor-faktor penyebab terjadinya perilaku remaja dalam mengkonsumsi minuman keras di desa Hilindrasoraya, disebabkan oleh adanya hubungan pertemanan, pengaruh lingkungan pekerjaan, dan adanya peredaran minuman keras di masyarakat. Saran peneliti adalah 1) bagi para remaja yang ada di Desa Hilindrasoraya, agar tidak berperilaku yang bersifat negatif dan dapat merusak masa depan yang cemerlang. 2) bagi masyarakat, lebih mengarahkan para remaja untuk berperilaku yang santun dan melakukan hal-hal yang positif untuk kemajuan dan ketentraman Desa Hilindrasoraya. 3) bagi orangtua, meningkatkan perhatian dan pengawasan terhadap anak-anak remajanya dan melarang anak-anaknya untuk tidak mengkonsumsi minuman keras.
References
Danim, Sudarwan. 2011. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.
Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Istarani & Intan Pulungan. 2015. Ensiklopedi Pendidikan Jilid I. Medan: Media Persada.
Riduwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta.
Syah, Darwyan. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Diadit Media.
Sumiati. 2015. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Sumber dari Artikel
Wiyarsih, 2017. Penyalahgunaan Minuman Keras oleh Remaja di Kabupaten Pinrang Tahun 2015 s/d 2017.Jurnal Ilmu Pengetahuan. (Online), Jilid 2, No. 4 (http://www.jurnal.ilmu.pendidikan.ac.id, diakses 20 September 2021).
Fahdin, 2017. Perilaku Remaja Pengguna Minuman Keras di Desa Buakkang Kecamatan Bungaya Kabupaten Gowa.Jurnal Ilmu Pendidikan. (Online), Jilid 2, No. 4 (http://www.jurnal.ilmu.pendidikan.ac.id, diakses 23 Oktober 2021).
Gaho, J., Telaumbanua, K., & Laia, B. (2022). EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LAHUSA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 1(1), 38-46.
Laia, B. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70-70.
Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602-602.