PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS VIII SMP SWASTA FAJARMAS BAWONA’URU TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022

  • Nurhayati Laia
  • Sesuaikan Sarumaha
Keywords: Strategi SPPKB; hasil belajar; norma

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) pada mata pelajaran PPKn kelas VIII-A SMP Swasta Fajarmas Bawona’uru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Swasta Fajarmas Bawona’uru Tahun Pembelajaran 2021/2022. objek penelitian kelas VIII-A dengan jumlah 23 orang. Temuan penelitian dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) menunjukkan bahwa hasil dari persentase ketuntasan pengolahan nilai hasil belajar pada siklus I diperoleh sebesar 52,17% sedangkan pengolahan nilai hasil belajar pada siklus II sebesar 86,95%. Maka dapat disimpulkan bahwa Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) merupakan strategi pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Karena  Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) membuat siswa lebih aktif dalam proses belajar mengajar. Saran yang ditawarkan peneliti, hendaknya Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran karena mampu meningkatkan hasil belajar siswa lebih aktif dan efektif.

References

Arikunto, Suharsimi. 2012. PenelitianTindakanKelas. Jakarta: BumiAksara.

Dimyati&Mudjiono. 2013. BelajardanPembelajaran. Jakarta: PT. RinekaCipta.

Kunandar, 2011. LangkahMudahPenelitianTindakanKelas: SebagaiPengembanganProfesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Purwanto. 2014.Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2006. StrategiPembelajaranBerorientasiStandar Proses Pendidikan.Jakarta: Kencana.

Sardiman. 2011. InteraksidanMotivasiBelajarMengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto. 2013. Belajar&Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: RinekaCipta.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model PembelajaranInovatifdalamKurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sumiati. 2012. MetodePembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.

Laia, B. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70-70.

Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602-602.

Published
2020-09-25