PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MASA COVID-19 UNTUK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 ONOLALU TAHUN PELAJARAN 2021/2022

  • Irfen Duha
Keywords: Peranan guru; Minat belajar siswa; covid-19

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah minat belajar siswa tergolong rendah yang dapat ditunjukkan dengan keaktifan siswa masih kurang dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian adalah 1) untuk mendeskripsikan peranan guru dalam pelaksanaan pembelajaran pada masa Covid-19 dan 2) untuk mendeskripsikan minat belajar siswa dalam pembelajaran pada masa Covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan guru dalam pelaksanaan pembelajaran pada masa Covid-19 adalah berperan sebagai demonstrator, sebagai sumber belajar, sebagai pengelola belajar siswa, sebagai pembimbing, sebagai mediator dan fasilitator, sebagai motivator dan evaluator tetapi belum berjalan dengan baik dimana masih banyak terdapat kelemahan dalam pelaksanaannya dan minat belajar siswa pada masa Covid-19 belum maksimal menunjukkan minat untuk mempelajari materi pelajaran. Siswa masih belum tampak secara menyeluruh merasa senang mengikuti penyajian materi pelajaran melalui whatshap group, siswa mengalami banyak kesulitan-kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal latihan serta belum tampak secara menyeruluh adanya daya tarik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran secara daring. Maka dapat disimpulkan bahwa siswa belum tampak menyeluruh memiliki minat belajar. Saran yang dapat diajukan peneliti adalah 1) hendaknya guru mata pelajaran Pendidkan Pancasila dan Kewarganegaraan melakukan berbagai cara untuk memotivasi siswa agar mengikuti pembelajaran daring tersebut. 2) hendaknya siswa meningkatkan minat belajarnya terhadap materi pelajaran yang disampaikan oleh baik melalui pembelajaran daring maupunsecara luring, dan 3) hendaknya peneliti selanjutnya, dapat melakukan penelitian yang relevan dan pada tingkat yang lebih luas.

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif: Suatu Pendekatan Teoretis Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathoni, Abdurrahmat. 2006. Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta.

Ibrahim, R. dan Nana Syaodih S. 2010. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Khairani, Makmun. 2013. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Maimunawati, Siti dan Muhammad Alif. 2020. Peran Guru, Orangtua, Metode dan Media Pembelajaran: Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19. Banten: 3M Media Karya.

Martati, Badruli. 2010. Metodologi Pembelajaran: Strategi Penanaman Nilai. Bandung: Genesindo.

Munthe, Bermawy. 2009. Desain Pembelajaran. Yogyakarta: Pustakan Insan Madani.

Nugraheni, Aninditya Sri. 2012. Pengajaran Pendidikan Indonesia Berbasis Karakter. Yogyakarta: Mentari Pustaka.

Sagala, Syaiful. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran: Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman A.M. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Syaodih Nana. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sumber dari Jurnal

Hulu, Fatolosa. 2021. Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Education and Development (Online). Vol. 9 No. 2, STKIP Nias Selatan (http://journal.ipts.ac.id, diakses 12 Februari 2021).

Laia, B. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70-70.

Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602-602.

Yanti, Nurul Fitri dan Sumianto. 2021. Analisis Faktor-faktor yang Menghambat Minat Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid-19 pada Siswa SDN 008 Salo. Jurnal Pendidikan Tambusai (Online). Voume 5 Nomor 1, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai (http://e-journal. pgsdtambusai, diakses 9 September 2021).

Yasa, Nuha Amatullah. 2020. Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa dada Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran (Online). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau (http://ideas.repect.org/p/osf/ost/u7web.html, diakses 25 April 2021).

Sumber dari Dokumen Resmi Pemerintah

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Terkait Ruang Lingkup Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Surat Edaran Mendikbud Nomor: 36962 Tentang Pembelajaran Secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID- 19).

Surat Edaran MenPANRB Nomor: 34 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Published
2021-03-25