METODE PEMBELAJARAN REWARD (HADIAH) DAN PUNISHMENT (HUKUMAN)
Abstract
Kenyataan yang terjadi di lapangan menunjukkan bahwa penguasaan sebagian besar siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan masih tergolong rendah. Hal ini dikarenakan masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi Pendidikan Kewarganegaraan. Tujuan peneitian ini adalah mendeskripsikan metode pembelajaran Reward dan Punishment. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam penelitian ini melibatkan empat tahap kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Adapun hasildan kesimpulan penelitian adalah Hasil penelitian diperoleh presentse ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 66,67% dan pada siklus II adalah 76,67%. Sehingga ada peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I sampai ke Siklus II sebesar 10% sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Pembelajaran Reward dan Punishment dapat meningkatkan hasil belajar siswa karena siswa dituntut untuk aktif dalam proses pembelajaran serta menjawab pertanyaan yang diberikan guru sehingga siswa mampu memahami materi yang diajarkan.
References
Dimyati & Mudjono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Helmiati. 2012. Model Pembelajaran. Pekanbaru. Aswaja Pressindo.
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran .Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muliawan. 2016. 45 Model Pembelajaran Spektakuler: Buku Pegangan Teknis Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Ar-RuzzMedia.
Ngalimun. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo.
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Pelajar.
Sabri, H. Ahmad. 2010. Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching. Padang: PT. Ciputat Press.
Saefudin, A. Aziz. 2012. Meningkatkan Profesionalisme guru dengan PTK. Yogyakarta: PT. Citra Aji Parama.
Sagala, H. Syaiful. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran: untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta, CV.
Sanjaya, Wina. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktek Pengembangan. Bandung: Kencana. Prenada Media Group.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas Implementasi dan Pengembangannya/HM: Jakarta: Bumi Aksara.
Sumiati & Asra. 2012. Metode Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.
Suprijono. Agus. 2009. Cooperatif Learning: Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Taniredja, H. Tukiran, Efi Miftah Faridli, dan Sri Harmianto 2014. Model-Model Pembelajaran inovatif dan Efektif Buku (Pustaka) Terbaik Penghargaan dari Perpustakaan Nasional RI. Bandung: Alfabeta.
Sumber dari Dokumen:
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Sumber dari Internet Berupa Artikel dari Jurnal
Laia, B. (2019). Social Injustice In Stella Knightley’s Novel Girl Behind The Mask. Jurnal Education and Development, 7(4), 315-315.
Laia, B. (2019). Improving the Students’ Ability in Speaking by Using Debate Technique at the Tenth Grade of SMK Negeri 1 Aramo. Scope: Journal of English Language Teaching, 4(1), 1-9.
Laia, B. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70-70.
Laia, B., Zagoto, S. F. L., Fau, Y. T. V., Duha, A., Telaumbanua, K., Ziraluo, M., ... & Harefa, D. (2022). PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMA NEGERI DI KABUPATEN NIAS SELATAN. Jurnal Ilmiah Aquinas, 162-168.
Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602-602.
Paloloang, Arif. 2015. Penerapan Metode Pembelajaran Reward (Hadiah) dan Punishment (Hukuman) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 20 Toli-Toli pada mata pelajaran PKn. Jurnal Kreatif Tadulako, (Online), Vol. 4, No. 9, (https://memdia.neliti.com/ publicatio.pdf di akses Mei 2019) Hal. 199-211
Qonita, Rizka. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Matab Pelajaran PKn dengan pemberian Reward and Punishment Siswa Kelas III SD muhammadiyah Ngaban. Jurnal Kreatif Tadaluko, (Online), Vol.4,.No.9, (https://memdia.neliti.com/ publicatio.pdf diakses 05 februari 2020) Hal.199-211
Sari & Eurika 2016 yang berjudul “Penerapan Metode Pembelajaran Reward (Hadiah) dan Punishment (Hukuman) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Gantang, (Online), Vol. 2, No. 1 (http://ojs.umrah.ac.id/index. php/gantang/index.Pdf, diakses Mei 2019) Hal 41-50
Zai, E. P., Duha, M. M., Gee, E., & Laia, B. (2022). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 ULUGAWO. Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 13-23.
Ziraluo, M., Fau, H. S., Simanullang, N. R., Laia, B., & Gaurifa, D. (2022). FILOSOFI DAN MAKNA OMO SEBUA (RUMAH ADAT BESAR) DI DESA BAWOMATALUO KECAMATAN FANAYAMA KABUPATEN NIAS SELATAN. Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 72-87