PEDOMAN GURU PPKN SEBAGAI EVALUATOR DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN
Abstract
Penggunaan Pedoman Guru PKn sebagai Evaluator untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran merupakan Aspek Krusial dalam Pendidikan Kewarganegaraan dan Pendidikan Pancasila. Ada beberapa masalah dengan kedisiplinan siswa selama kegiatan pembelajaran, seperti ketika mereka tidur di kelas, membuat keributan saat guru mengajar, ruang kelas yang berantakan, dan masalah lainnya. Oleh karena itu, guru harus mengambil peran sebagai evaluator untuk mengevaluasi dan menganalisis hasil belajar siswa di kelas untuk melihat dan mengukur kemajuan belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami metode yang digunakan guru kewarganegaraan untuk meningkatkan minat siswa dalam pelajaran mereka. Penelitian ini memiliki dasar kualitatif yang kuat berkat observasi literatur. Data primer dan sekunder dikumpulkan sebagai bagian dari metodologi penelitian. Hasil penelitian menyatakan bahwa guru PPKn berperan penting untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar. Guru PPKn sebagai evaluator, mereka membandingkan kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan dan berperan dalam kerja sama kelompok. Selain itu, guru PPKn juga berperan dalam mengembangkan keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil, mengatur pelajaran, dan menjaga tata tertib sekolah.
Kata Kunci: Guru PPKn; Evaluator; Keaktifan Belajar.
Abstract
Using the Civics Teacher's Guide as an Evaluator to Increase Student Engagement in Learning is a Crucial Aspect in Civic Education and Pancasila Education. There are some problems with students' discipline during learning activities, such as when they sleep in class, make noise when the teacher is teaching, messy classroom, and other problems. Therefore, teachers should take the role as evaluators to evaluate and analyze students' learning outcomes in class to see and measure students' learning progress. The purpose of this study is to understand the methods civics teachers use to increase students' interest in their lessons. This research has a strong qualitative basis thanks to literature observation. Primary and secondary data were collected as part of the research methodology. The results stated that Civics teachers play an important role to increase students' activeness in learning. Civics teachers as evaluators, they compare students' abilities in answering questions and play a role in group cooperation. In addition, Civics teachers also play a role in developing skills in guiding small group discussions, organizing lessons, and maintaining school discipline.
Keywords: Civics Teacher; Evaluator; Learning Activeness.
References
Amelia, N. D., Hilyana, F. S., & Santoso. (2022). Peran Guru dalam Menumbuhkan Minat Belajar PPKn Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 953–959. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2957
Da Rince, M., Nuwa, G., Kpalet, P., & Maumere, I. M. (2021). PERAN GURU PKN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK. Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKN, 08(01), 49–56.
Harja, H. (n.d.). PERAN GURU SEBAGAI EVALUATOR.
Hestu Utami dan Suyato, P. (2018). PERANAN GURU PPKn SEBAGAI FASILITATOR PENDIDIKAN POLITIK DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA THE ROLE OF TEACHER PPKn AS A FACILITATOR OF POLITICAL EDUCATION IN SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. In Jurnal Pndidikan Kewaraganegaraan dan Hukum (Vol. 48, Issue 1).
LEMBAR PERSETUJUAN. (n.d.).
Namira, B. S., Sumardi, L., Kurniawansyah, E., Alqadri, B., Fkip, P., & Mataram, U. (n.d.). UPAYA GURU PPKn DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING (STUDI KASUS DI SMAN 2 PRAYA).
Novianti, E., Firmansyah, Y., Susanto, E., Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, abc, & Buana Perjuangan Karawang, U. (2020). Peran guru PPKn sebagai evaluator dalam meningkatkan disiplin belajar siswa. CIVICS: Jurnal Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan, 5(2), 127–131.
Pancasila, P., Kewarganegaraan, D., Negeri, M. A., & Agung, N. Y. (2022). PERANAN GURU SEBAGAI EVALUATOR TERHADAP HASIL BELAJAR KOTA SEMARANG. In Jurnal Spirit Edukasia (Vol. 02, Issue 02).
PERANAN GURU PKn DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA. (n.d.).
Taher, N. M., Karim, K. H., & Wulandari, S. (n.d.). ANALISIS KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKN MELALUI PENERAPAN METODE KERJA KELOMPOK DI KELAS IV SD NEGERI 50 KOTA TERNATE. 20(1), 2022.