PERAN GURU DAN ORANGTUA DALAM MENGOPTIMALKAN KEGIATAN PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 2 MAZINO
Guru Pendidikan Ekonomi SMP Negeri 2 Mazino dan Dosen Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nias
Abstract
The implementation of online learning activities certainly has many obstacles starting from the systematic implementation to the availability of supporting facilities for learning activities. This study aims to determine the role of teachers in optimizing online learning activities in SMP Negeri 2 Mazino, the role of parents in optimizing online learning activities in SMP Negeri 2 Mazino, and factors that support/inhibit the role of teachers and parents in SMP Negeri 2 Mazino. Qualitative research method with Case Study approach. Data collection techniques using observation, interviews and documentation. Data analysis techniques use data reduction stage, data presentation, conclusion or verification and final conclusion. The validity of the data uses techniques of reliability, reliability, dependability, and certainty. The subjects of this study were teachers and parents in SMP Negeri 2 Mazino. The results of this study show that the role of teachers SMP Negeri 2 Mazino is to prepare learning devices, using applications that are easy to operate systems such as WhatsApp and Google Classroom. The role of parents in SMP Negeri 2 Mazino is to provide supervision to children only at the beginning of the implementation of online learning activities and provide facilities needed by children during the implementation of online learning activities. Factors that support and inhibit the role of teachers and parents in SMP Negeri 2 Mazino is the existence of a fairly good school management where the principal of SMP Negeri 2 Mazino requires every teacher to send evidence or report after doing online learning while factors that inhibit the role of teachers and parents in the implementation of online learning activities, one of which is poor internet network and not all students have devices in the form of mobile phones needed in the implementation of online learning activities.
References
Ananda. 2018. Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Adawiah, Rabiatul. 2017. Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak (Studi pada Masyarakat Dayak di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1):34.
Hakim, Al, Fadhil, Muhammad. 2021. Peran Guru dan Orang Tua: Tantangan dan Solusi Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemic COVID-19. Educational Journal of History and Humanities, 1(1):23-32.
Handarini dan Wulandari. 2020. Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3):498.
Danim, S. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Dari Pra Jabatan, Induksi Ke Profesional Madani. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djaelani, Mustofa, Basri. 2010. Etika dan Profesi Guru. Jakarta Barat: Multi Kreasi Satu Delapan.
Fathurrohman dan Sulistyorini. 2012. Belajar dan Pembelajaran Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasional. Yogyakarta: Teras.
Fauzi, Imron. 2018. Etika Profesi Keguruan. Jember: IAIN Jember Press.
Haidir dan Salim. 2014. Strategi Pembelajaran (Suatu Pendekatan Bagaimana Meningkatkan Kegiatan Belajar Siswa Secara Transformatif). Indonesia: Perdana Publishing.
Hasan dan Ali. 2003. Kepit a Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.
Hasanah. 2012. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: CU Pustaka Setia.
Harefa, D., Hulu, F. (2020). Demokrasi Pancasila di era kemajemukan. CV. Embrio Publisher,.
Harefa, D., Telaumbanua, T. (2020). Belajar Berpikir dan Bertindak Secara Praktis Dalam Dunia Pendidikan kajian untuk Akademis. CV. Insan Cendekia Mandiri.
Harefa, D., D. (2020a). Penerapan Model Pembelajaran Cooperatifve Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 13–26.
Harefa, D., D. (2020b). Teori Model Pembelajaran Bahasa Inggris dalam Sains. CV. Insan Cendekia Mandiri.
Harefa, D. (2017). Pengaruh Presepsi Siswa Mengenai Kompetensi Pedagogik Guru Dan Minatbelajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (Survey pada SMK Swasta di Wilayah Jakarta Utara). Horison Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Lingusitik, 7(2), 49–73.
Harefa, D. (2018). Efektifitas Metode Fisika Gasing Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Atensi Siswa (Eksperimen Pada Siswa Kelas Vii Smp Gita Kirtti 2 Jakarta). Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1), 35–48.
Harefa, D. (2020). Peningkatan Strategi Hasil Belajar IPA Fisika Pada Proses Pembelajaran Team Gateway. JURNAL ILMIAH AQUINAS, 3(2), 161–186.
Harefa, D., & Sarumaha, M. (2020). Teori Pengenalan Ilmu Pengetahuan Alam Sejak Dini. PM Publisher.
Kartini, Kartono. 1982. Psikologi Anak. Bandung: Alumni.
Mudlofir, A. 2014. Pendidik Profesional. Konsep, Strategi dan Aplikasinya Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Raja grafindo Persada.
Mulyasa, E. 2007. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyono dan Wekke. 2018. Strategi Pembelajaran di Abad Digital. Yogyakarta: Penerbit Gawe Buku.
Nasution, Thamrin. 1986. Peranan Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak-Anak. Jakarta: Penerbit Yayasan Kanisius.
Nawawi, Hadari. 2012. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nurdiansyah. 2019. Media Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: UMSIDA Press.
Nurdin, S., dan Usman, B. 2002. Guru Profesional Dan Implementasi Kurikulum. Jakarta; Ciputat Pers.
Purwanto. 1995. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Surur, M., D. (2020). Effect Of Education Operational Cost On The Education Quality With The School Productivity As Moderating Variable. Psychology and Education Journal, 57(9), 1196–1205.
Sihotang, Nurkamila. 2010. Peranan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 02 Pekanbaru. Skripsi diterbitkan. Pekanbaru: Universitas Islam Negeri Sultan Syarief Kasim Riau.
Samsu. 2017. Metode Penelitian. Jambi: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).
Sardiman, A.M. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Setyowati, dkk. 2020. Beradaptasi Dengan Perubahan: Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Di Masa Pandemi. Sidoarjo: Delta Pijar Khatulistiwa.
Siswanto. 2013. Etika Profesi Guru Pendidikan Agama Islam. Surabaya: Pena Salsabila.
Sugiyono. 2015. Metode PenelitianPendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: PUSTAKA BARU PRESS.
Suriansyah, dkk. 2014. Strategi Pembelajaran. Depok: Raja Grafindo Persada.
Sunarty. 2015. Pola Asuh Orang Tua dan Kemandirian Anak. Makassar: Edukasi Mitra Grafika.
Susanto. 2020. Profesi Keguruan. Banjarmasin: Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.
Usman, M.U. 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wahyuningsih. 2013. Metode Penelitian Studi Kasus. Madura: UTM PRESS.
Yaumi, Muhammad. 2017. Media Pembelajaran: Pengertian, Fungsi, dan Urgensinya bagi Anak Milenial, Makalah Disajikan Pada Seminar Nasional tentang pemanfaatan Media bagi Anak Milenial Kerjasama antara Pascasarjana universitas Muhammadiah Pare-Pare dengan Pascasarjana UIN Alauddin Makasar: 14-15 Juni 2017.