PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DENGAN TOPIK MATERI MANAJEMEN DI KELAS X IPS A SMA SWASTA KAMPUS TELUKDALAM TAHUN PELAJARAN 2016/2017

  • Imani Giawa
Keywords: Model Pembelajaran; Group Investigation; Hasil Belajar Siswa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation. Subjek penelitian ini siswa kelas X IPS A SMA Swasta Kampus Telukdalam berjumlah 33 orang laki-laki 24 orang, perempuan 9 orang. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah : (1) Rata-rata  hasil belajar siswa pada siklus I hanya 67,18, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 84,61. (2) hasil lembaran pengamatan  siswa yang tidak terlibat aktif  pada siklus I pertemuan ke-1 adalah  51,51%  sementara pada pertemuan ke-2 menurun menjadi 33,33% . Pada siklus II pertemuan ke-1 persentase pengamatan siswa yang tidak aktif  24,24%, sedangkan pada pertemuan ke-2 hanya 12,12%. (3) persentase rata-rata pengamatan  siswa  yang terlibat aktif  pada siklus I pertemuan ke-1 60,04% dan pada pertemuan ke-2  68,94%. Pada siklus II persentase rata-rata pengamatan 83,90% sedangkan pertemuan ke-2  91,86%. (4) hasil pengamatan kegiatan peneliti (responden guru) pada siklus I pertemuan ke-1  59,82% sedangkan pada pertemuan ke-2  67,85%. Pada siklus ke II pertemuan ke-1 87,5% sedangkan pada pertemuan ke-2 di peroleh sebesar 95,53%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa  pada mata pelajaran ekonomi. Peneliti menyarankan : (1) Hendaknya setiap guru mata pelajaran menggunakan model pembelajaran yang tepat saat Kegiatan Belajar Mengajar. (2) Penelitian ini dilakukan dalam rentang waktu yang relatif singkat dan hanya menggunakan satu mata pelajaran, peneliti mengharapkan agar dilakukan penelitian lebih lanjut dengan perencanaan waktu lebih lama agar hasil yang di peroleh lebih maksimal dan efektif.

References

Arikunto,Suharsimi,Supardjo danSupardi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto,Suharsimi, 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara,
Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar dan pembelajaran. Jakarta Rineka Cipta.
Kunandar, 2011. Langkah Mudah Penelitia Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Propesi Guru. Jakarta: RajaGrafido persada.
Majid, Abdul. 2011. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Rusman, 2012. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sagala, Syaiful. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Slameto, 2010. Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar. Jakarta: RinekaCipta
Sudjana, 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sudjana, 2016. Penilaian Hasil Proses
Belajar Mengajar. Bandung:
PT. Remaja Rosdakarya.

Sumber dari Internet
Laia, B., Sarumaha, M., Zalukhu, M. C., Ndruru, M., Telaumbanua, T., Ndraha, L. D. M., & Harefa, D. (2021). PENDEKATAN KONSELING BEHAVIORAL TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL SISWA. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 159-168.
Laia, B. (2019). Social Injustice In Stella Knightley’s Novel Girl Behind The Mask. Jurnal Education and Development, 7(4), 315-315.
Laia, B. (2019). Improving the Students’ Ability in Speaking by Using Debate Technique at the Tenth Grade of SMK Negeri 1 Aramo. Scope: Journal of English Language Teaching, 4(1), 1-9.
Laia, B. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70-70.
Laia, B., Zagoto, S. F. L., Fau, Y. T. V., Duha, A., Telaumbanua, K., Ziraluo, M., ... & Harefa, D. (2022). PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMA NEGERI DI KABUPATEN NIAS SELATAN. Jurnal Ilmiah Aquinas, 162-168.
Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602-602.
Undang-Undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Online), (http://www.hukumonline.com, diakses 16 September 2017).
Published
2020-08-25
How to Cite
Giawa, I. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DENGAN TOPIK MATERI MANAJEMEN DI KELAS X IPS A SMA SWASTA KAMPUS TELUKDALAM TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1), 58-70. https://doi.org/10.57094/jpe.v2i1.474