PENGARUH KEPEDULIAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 ULUSUSUA TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022

  • Noverius Giawa
Keywords: Kepedulian orang tua; motivasi belajar; siswa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kepedulian orang tua terhadap motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kepedulian orang tua terhadap motivasi belajar siswa. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ulususua Tahun Pembelajaran 2020/2021, berjumlah 28 orang siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif (penelitian korelasi) dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian ini yaitu angket. Berdasakan hasil peneliti bahwa besarnya persentase koefisien determinasi antara Kepedulian Orang Tua terhadap motivasi belajar siswa dapat ditunjukkan dari penghitungan koefisien determinasi adalah 25,937%. Selanjutnya dari hasil pengujian hipotesis yang dilakukan guna mengetahui ada tidaknya pengaruh signifikan maka thitung = 2,899 > ttabel = 1,711 artinya Ha diterima dan Ho ditolak yaitu ada pengaruh yang signifikan antara kepedulian orang tua terhadap motivasi belajar siswa. Kesimpulan, ada pengaruh kepedulian orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ulususua Tahun Pelajaran 2021/2022. Karena dengan adanya kepedulian orang tua maka siswa sungguh-sungguh belajar, siswa selalu dikontrol sehingga tidak menyia-nyiakan waktu, dan siswa termotivasi untuk berprestasi. Saran peneliti, disarankan kepada pihak sekolah dan orang tua agar tetap memperhatikan siswa dengan menunjukan kepedulian kepada siswa agar siswa termotivasi belajar. Kepada rekan mahasiswa/i agar tetap melanjutkan tentang Kepedulian Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam cakupan yang lebih luas.

References

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Cetakan XI. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hamzah, Ali. 2013. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Pers.
Khairani, Makmun. 2013. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Istirani dan Pulungan, Intan. 2019. Ensiklopedi Pendidikan Jilid I. Medan: Media Persada.
Sardiman. 2017. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana. 2005. Model Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Yusuf. A. Muri. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Padang: UNP Press.

Sumber dari Internet
Laia, B., Sarumaha, M., Zalukhu, M. C., Ndruru, M., Telaumbanua, T., Ndraha, L. D. M., & Harefa, D. (2021). PENDEKATAN KONSELING BEHAVIORAL TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL SISWA. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 159-168.
Laia, B. (2019). Social Injustice In Stella Knightley’s Novel Girl Behind The Mask. Jurnal Education and Development, 7(4), 315-315.
Laia, B. (2019). Improving the Students’ Ability in Speaking by Using Debate Technique at the Tenth Grade of SMK Negeri 1 Aramo. Scope: Journal of English Language Teaching, 4(1), 1-9.
Laia, B. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70-70.
Laia, B., Zagoto, S. F. L., Fau, Y. T. V., Duha, A., Telaumbanua, K., Ziraluo, M., ... & Harefa, D. (2022). PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMA NEGERI DI KABUPATEN NIAS SELATAN. Jurnal Ilmiah Aquinas, 162-168.
Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602-602.
Mardiani, Desika Putri. 2021. Pengaruh Peran Orang Tua terhadap Motivasi dan Kedisiplinan Belajar Anak sebagai Dampak Wabah Covid-19. Jurnal Paradikma. (Online). Vol. 11. No. 1. (https://www.staimmgt. ac.id/wp-content/uploads/2021/06/ 7.-Pengaruh-Peran-Orang-Tua-Terhadap-Motivasi-Dan-Kedisiplinan-Belajar.pdf, diakses 12-04-2021).
Panuntun, Sugih. 2013. Pengaruh Kepedulian Orangtua terhadap Perilaku Belajar Siswa Kelas XII SMK 17 Agustus Bangsri Jepara Tahun Pembelajaran 2009/2010. Journal Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran Semarang. (Online). Vol. 1. No. 1. (https://jurnal.uns.ac.id/ pdg/article, diakses 12-04-2021).
Setiani, Fatimah., Jayadi., dan Setyaningsih Sandra. 2016. Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa pada SMA Negeri 2 Sampit. Jurnal Pendidikan (Online). Vol.01 No.03 (http://e-jurnal.stkipmsampit.ac.id/ index.php/Pendidikan/article/view/126/0, diakses 12-04-2021).
Gunawan, Hevri dan Subagyo. 2012. Pengaruh Kepedulian Orangtua dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XII Jurusan Otomotif SMK Negeri 2 Sarolangun Tahun Pelajaran 2011-2012. Jurnal Tanaman Vokasi (Online). Vol.02 No.02. (https://jurnal.ustjogja.ac.id/ syarieff,+Journal+manager,+9.+hevri+gunawan+&+Subagyo.pdf, diakses 12-04-2021.

Sumber dari Dokumen
Undang-undang Nomor 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.
Published
2020-08-25
How to Cite
Giawa, N. (2020). PENGARUH KEPEDULIAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 ULUSUSUA TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022. Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1), 33-45. https://doi.org/10.57094/jpe.v2i1.472