PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA UD MAWAR DESA TUINDRAO KECAMATAN AMANDRAYA 2021
Abstract
Kualitas pelayanan memberikan suatu dorongan kepada konsumen untuk menjalin ikatan hubungan yang kuat dengan pengusaha. Pengusaha dapat meningkatkan kepuasan konsumendengan memaksimumkan pengalaman konsumen yang menyenangkan. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada UD Mawar desa Tuindrao Kecamatan Amandraya 2021.Jenis penelitian: kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Instrumen penelitian adalah angket. Sampel penelitian yaitu konsumen UD Mawar desa Tuindrao Kecamatan Amandraya. Teknik analisis data yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji korelasi, uji koefisien determinasi, uji regresi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian peneliti sebagai berikut: thitungdiperoleh sebesar 7,586dengan ttabel2,069. atau Ha diterima yang artinyaada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada UD Mawar desa Tuindrao Kecamatan Amandraya 2021. Kesimpulan penelitian adalah ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada UD Mawar desa Tuindrao Kecamatan Amandraya 2021. Saran peneliti:1) Bagi UD Mawar desa Tuindrao hendaknya mempertahankan kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen salah satunya dengan memilih karyawan yang memiliki kemampuan dalam pelayanan, menambah jenis produk dan lebih memperhatikan kualitas produk yang dijual sehingga bisa meningkatkan kepuasan konsumen. 2) Bagi peneliti selanjutnya, disarankan agar dapat menggunakan data yang lebih banyak lagi, sehingga penelitiannya lebih baik lagi dan diharapkan dapat mengembangkan hasil penelitian ini dan menjadi referensi.
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
, 2009. Dasar-dasar Evaluasi PendidikanEdisi Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Barata, Atep Adya. 2009. Dasar-dasar Pelayanan Prima: Persiapan Membangun Budaya Pelayanan Prima untuk Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Jakarta: Gramedia.
Daryanto dan Setyobudi Ismanto. 2018. Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: PT. Gava Media.
Iskandar. 2009. Psikologi Pendidikan: Sebuah Orientasi Baru. Cipayung : Gaung Persada (GP) Press.
Kotler,Philip dan Keller, Kevin Lane. 20098. Manajemen Pemasaran; Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: PT. Erlangga.
Mardalis. 2014. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Priansa, Donni Juni. 2017. Manajemen Pelayanan Prima: Fokus pada Organisasi Publik dan Peningkatan Kualitas Aparatur. Bandung: PT. Alfabeta.
Rahmayanty, Nina. 2019.Manajemen Pelayanan Prima: Mencegah Pembelotan dan Membangun Customer Loyality. Dilengkapi Contoh-contoh Kuesioner Penilaian Pelayanan, Studi Kasus, Tips serta Kiat Pelayanan bagi Petugas dan Pelaku Bisnis. Yogyakarta: PT. Graha Ilmu
Riduwan. 2015. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: PT. Alfabeta.
Subana, Rahadi Marsetyo dan Sudrajat. 2000. Statistik Pendidikan. Bandung: PT. Pustaka Setia.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supranto, J. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasaan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Tjiptono, Fandy. 2017. Strategi Pemasaran, Edisi ke 4. Yogyakarta: PT. ANDI OFFSET.
Wijaya, Tony. 2018. Manajemen Kualitas Jasa Desain Servqual, QFD, dan Kano. Edisi 2. Jakarta: PT. Indeks.
Yamit, Zulian. 2018. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: PT. Ekonisia.
Pustaka dari Internet
Apriyani, Dwi Aliyyah. 2017. Pengaruh Kualitas PelayananTerhadapKepuasanKonsumen (SurveipadaKonsumenThe Little A Coffee Shop Sidoarjo). Jurnal AdministrasiBisnis(JAB). (online) Vol. 51 No.2 . http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2124. (diakses bulan Agustus 2021).
Laia, B., Sarumaha, M., Zalukhu, M. C., Ndruru, M., Telaumbanua, T., Ndraha, L. D. M., & Harefa, D. (2021). PENDEKATAN KONSELING BEHAVIORAL TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL SISWA. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 159-168.
Laia, B. (2019). Social Injustice In Stella Knightley’s Novel Girl Behind The Mask. Jurnal Education and Development, 7(4), 315-315.
Laia, B. (2019). Improving the Students’ Ability in Speaking by Using Debate Technique at the Tenth Grade of SMK Negeri 1 Aramo. Scope: Journal of English Language Teaching, 4(1), 1-9.
Laia, B. (2018). Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 6(1), 70-70.
Laia, B., Zagoto, S. F. L., Fau, Y. T. V., Duha, A., Telaumbanua, K., Ziraluo, M., ... & Harefa, D. (2022). PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMA NEGERI DI KABUPATEN NIAS SELATAN. Jurnal Ilmiah Aquinas, 162-168.
Laia, B., & Zai, E. P. (2020). Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo). Jurnal Education and Development, 8(4), 602-602.
Nilasari dan Istiatin. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Dealer PT. Ramayana Motor Sukoharjo. Jurnal Paradigma. (online) Vol.13,No.01.https://www.semanticscholar.org/paper/pengaruh-kualitas-pelayanan-terhadap-kepuasan-pada-Istiatin/b797864a7923db1a43cf78a78879ab404b3ce9b7. (diakses bulan September 2021).
Setiawan, dkk. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Sains Manajemen dan Bisnis Indonesia. (online) Vol. 9 No. 2. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/SMBI/article/view/2819. (diakses bulan September 2021).
Setyo, PurnomoEdwin. 2017. Pengaruh Kualitas Produk danHargaTerhadap KepuasanKonsumen“BEST AUTOWORKS”. JurnalManajemendanStart-UpBisnis. (online) Volume1, Nomor6. https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/404.(diakses bulan Oktober 2021).
Widyastuti, Tri. 2017. PengaruhHargadan KualitasProduk Terhadap KepuasanPelangganTempe. JurnalEcodemica.(online) Vol.1No.2. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/2130. (diakses bulan Oktober 2021).