Peran Kepala Sekolah Dalam Melaksanakan Manajemen Sekolah di SMP Swasta Kristen BNKP Telukdalam
Abstract
Untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu maka dibutuhkan kemampuan pemimpin lembaga pendidikan dalam mengelola dan memanajemen kegiatan pendidikan sehingga dapat tercapainya tujuan pendidikan nasional. Dalam dunia pendidikan, kepala sekolah merupakan pemimpin yang dituntut untuk menjadi pemimpin yang ideal agar lembaga yang dipimpinnya bisa maju, menerapkan manajemen berkualitas, menghasilkan ouput yang berkualitas pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam meningkatkan manajemen sekolah dan untuk mengetahui upaya kepala sekolah dalam meningkatkan manajemen sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tahap reduksi data, data display, kesimpulan atau verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi waktu, dan triangulasi teknik. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah SMP Swasta Kristen BNKP Telukdalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran kepala sekolah dalam meningkatkan manajemen sekolah antara lain; membimbing, mendorong dan memotivasi, melakukan pembinaan, mengarahkan guru dan staf, mengevaluasi, dan memotivasi guru. Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan manajemen sekolah seperti; melaksanakan kegiatan penelitian, melibatkan guru-guru, menempatkan guru sesuai dengan bidangnya, memberikan informasi kepada guru-guru,memfasilitasi guru-guru, memberikan punishment and rewards. Upaya lain yang dilakukan kepala sekolah yakni manajemen administrasi sekolah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa peran kepala sekolah dalam melaksanakan manajemen sekolah adalah membimbing guru dalam memahami konsep dan karakteristik perkembangan proses pembelajaran. Adapun saran yang dapat peneliti sampaikan yakni hendaknya kegiatan pelatihan yang mengikut sertakan guru-guru tidak hanya berasal dari dalam daerah saja namun dari luar daerah juga dengan demikian, kompetensi guru dapat lebih berkembang.
References
Burhanuddin, dkk. 2003. Manajemen Pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Elfrianto. 2017. Manajemen Pendidikan Masa Kini. Medan: UMSU Press.
Hadiyanto. 2004. Mencari Sosok Desentralisasi Manajemen Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Mulyasa. 2009. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mustari Mohamad. 2014. Manajemen Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sari, Eliana. 2019. Manajemen Lingkungan Pendidikan. Jakarta: Inspirasi Indonesia.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: PT. Alfabeta
Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta PT. Bumi Aksara.
Supardi. 2013. Sekolah Efektif: Konsep Dasar & Praktiknya. Jakarta: Rajawali Pers.
Syafaruddin,dan Asrul&Mesiono. 2012. Inovasi Pendidikan (Suatu Analisis Terhadap Kebijakan Baru Pendidikan). Medan: Perdana Publishing.
Syaifuddin, Mohammad, dkk. 2008. Manajemen Berbasis Sekolah. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Wahjosumidjo. 2010. Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Winoto. 2020. Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: BILDUNG.
Pustaka dari Internet berupa Artikel dalam Jurnal
Lurah, 2014. Peran Kepala Sekolah Dalam Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah Di SDIT JABAL NUR GAMPING, SLEMAN. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. Vol. 2 No. 2. (https://journal.uny.ac.id) diakses pada 05 Juli 2021
Muflihah dan Haqiqi. 2019. Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan di Madrasah Ibtidayah. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Vol. 7, No. 2. (https://journal.iainkudus.ac.id/inde.php/Quality/article/view/6039 diakses pada 5 Juli 2021).
Rahman, Yulia, dkk, 2019. Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Kebijakan Manajemen Berbasis Sekolah Dan Tantangannya.Vol.7, No.2, Juli 2019, P-ISSN 2302-0296, E-ISSN 2614-3313. (https://journal.unpak.ac.id/index.php/JMP/article/view/1329 diakses pada 12 Mei 2021)
Pustaka dari Skripsi
Maria, Linda, Muktiana. 2018. Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Yogyakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma. Skripsi diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Rizki, Angga, Saputra. 2018. Peran Kepala Sekolah Dalam Implementasi Manajemen Mutu Peserta Didik di SMK Darul Maghfiroh Sinar Rejeki Jati Agung Lampung Selatan. Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Skripsi diterbitkan. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Zahara Ayu, 2017. Peran Kepala Sekolah Dalam Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah di SMA Negeri 5 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2016/2017. Banda Aceh. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. Skripsi diterbitkan. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Pustaka dari Dokumen
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 pasal 1 ayat (4) Tentang Guru dan Dosen. 2005. Jakarta