ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DI UD. LUKI KECAMATAN UMBUNASI KABUPATEN NIAS SELATAN

  • Arwan Karier Harefa
  • Walsyukurniat Zendrato
Keywords: Volume penjualan; strategi; pemasaran

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan oleh UD. Luki dalam meningkatkan volume penjualan. Jenis Penelitian yang digunakan adalah menggunakan penelitian kualitatif pendekatan deskriptif. Jenis dan sumber data adalah data primer dan data sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, strategi yang diterapkan di UD. Luki adalah strategi pemasaran melalui media sosial dian selain itu juga menerapkan 4P Marketing mix (Product, Price, Place, Promotion). Berdasarkan analisis yang dilakukan bahwa UD. LUKI memiliki strategi-strategi dalam meningkatkan volume penjualan yaitu: 1) strategi variasi barang dagangan; 2)strategi penetapan harga barang pada setiap unit barang dalam artian laba yang diambil dalam setiap satuan barang tidak tinggi karena UD. Luki memiliki prinsip dalam memperoleh keuntungan kecil namun siklus peputaran uang cepat; 3) Strategi lokasi atau tempat usaha artinya lokasi berdirinya UD. Luky dapat dijangkau oleh konsumen; 4) Strategi Promosi pada media sosial.

References

Armstrong, 2007, Dasar-dasar Pemasaran Edisi ke 9, Penerbit, PT. Indeks, Jakarta. , 2012, Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Assauri, Sofjan., M.B.A, 2010, Manajemen Pemasaran, Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Bambang, 2011, Media Sosial, Penerbit Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Cranves, W, David. 2005, Pemasaran strategis, Penerbit Erlangga. Yogyakarta.
Ginting, 2011, manajemen pemasaran, Penerbit Cv. Yrama Widya, Bandung.
Hidayat, 2010, Metodologi Penelitian, Penerbit Mandar Maju, Bandung.
Irfan, 2014, Strategi pemasaran Media Sosial, Penerbit Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Kotler, Philip & Armstrong, Gary., 2008, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Penerbit Erlangga.
Melydrum, 2016, Manajemen Pemasaran, Penerbit Erlangga, Jakarta .
Miles & Huberman 2014, Analisis Data Kualitatif Penerbit UI (Universitas Indonesia)Jakarta.
Mulyadi, 2005, Akuntansi Biaya, Penerbit Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.
Neti, 2014, strategi pemasaran media social, Penerbit Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Nugroho, 2014, strategi pemasaran media social, Penerbit Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Rangkuti, Freddy, 2009, Strategi Promosi Yang Kreatif, Penerbit Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
,2019,Analisis SWOT, Penerbit Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Rulam, 2006, Metedologi Penelitian Kualitatif, Penerbit Media group, Jakarta.
Saladin, 2005, Manajemen Pemasaran, Penerbit Linda Karya, Bandung.
Scholes, 2016, Strategi pemasaran, penerbit Erlangga, jakarta
Siagian 2016, Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.
Soehartono, 2008, Metode Penelitian Sosial, Penerbit Remaja Roskadarya, Bandung.
Sudaryono, 2016, Manajemen Pemasaran, Penerbit Alfabeta,Yogyakarta.
Suryana, 2006, kewirausaan, penerbit Salemba Edisi IV, jakarta selatan.
Sukmadinata, 2006, Metode Penelitian, Penerbit Remaja Rosdakarya, Bandung.
Sugiyono, 2005, Statistika Penelitian, Penerbit Alfabeta, Bandung.
Sugiyono, 2016, Statistika Penelitian, Penerbit Alfabeta, Bandung.
Surjaweni, 2014, Metedologi Penelitian, Penerbit Pustaka baru Press, Yogyakarta.
Supriyono, 2005, Teori Akuntansi, Penerbit Ekonisia, Yogyakarta
Thamrin, 2012, manajemen pemasaran, Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta
Usman 2002. Media Pendidikan, Penerbit Ciputat press.
Umar, Husein. 2013, Perilaku Konsumen Jasa, Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta.
Sumber dari Artikel Dalam Jurnal
Swastha Basu dan Irawan, 2008, Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kedua, Cetakan Ke13, (Yogyakarta: Liberty Offset).
Published
2022-08-25
How to Cite
Harefa, A. K., & Zendrato, W. (2022). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DI UD. LUKI KECAMATAN UMBUNASI KABUPATEN NIAS SELATAN. Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 88-99. https://doi.org/10.57094/jpe.v3i2.466